Follow Us

Seperti di Negara Maju! Ibu Kota Baru akan Terapkan Konsep Smart City

Ervananto Ekadilla - Minggu, 25 Agustus 2019 | 13:30
Desain Ibu Kota Baru RI versi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia yang akan diterapkan di Pulau Kalimantan nanti.
Kolase PUPR

Desain Ibu Kota Baru RI versi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia yang akan diterapkan di Pulau Kalimantan nanti.

Suar.ID - Honeywell Building Technologies memperkenalkan solusi dan teknologi yang telah terbukti mampu membantu banyak kota-kota di dunia dalam menyelesaikan permasalahan kota seperti manajemen energi, ketaatan hukum, ketertiban dan keamanan, serta pengelolaan air, limbah, lalu lintas, dan juga masyarakat.

Perangkat lunak dan keras, serta analitik data yang dihadirkan oleh Honeywell terbukti mampu membentuk pengembangan kota cerdas.

Solusi termutakhir dari Honeywell Building Technologies ini diperkenalkan di acara diskusi terbuka yang bertajuk "Perencanaan dan Pembangunan Ibu Kota baru berbasis Smart City" di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Kamis (22/8/2019).

Presiden Direktur Honeywell Indonesia Roy Kosasih mengatakan, perusahaannya memiliki pengalaman luas membantu sejumlah pemerintah di negara-negara lain dalam menghadirkan kota pintar dengan pertumbuhan teknologi internet of things (IoT) yang pesat.

Baca Juga: Sudah Diputuskan! Ibu Kota Baru Indonesia akan Berada di Kalimantan Timur

Dia menjelaskan, IoT bermanfaat untuk mengatasi beragam tantangan kota besar, antara lain manajemen lalu lintas, manajemen keamanan kota, serta pemantauan di area keramaian sampai aspek keselamatan para pejalan kaki.

Sejumlah kota yang telah memanfaatkan teknologi IoT dari Honeywell adalah ibu kota administratif baru New Cairo di Mesir, kota dan negara bagian India seperti Bhubaneshwar, Aurangadbad, Madhya Pradesh, Ujjain, Rajkot, Faridabad, dan Ranchi, serta kemitraan dengan Smartworld untuk mendukung pemerintah Uni Emirat Arab dalam pengembangan smart city.

Roy menjelaskan, teknologi terhubung yang lebih cerdas terbukti membantu meningkatkan kualitas hidup warga kota.

Dia menyebutkan, teknologi perangkat lunak canggih seperti analitik dan manajemen video, sistem identifikasi plat nomor, pelacakan dan pemantauan aset dengan GPS, sensor suhu, dan sistem pengenalan wajah adalah beberapa cara untuk membuat kota menjadi lebih pintar, lebih aman, dan nyaman.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro (keempat dari kiri) bersama sejumlah pembicara di acara diskusi terbuka bertajuk
Tribun Techno

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro (keempat dari kiri) bersama sejumlah pembicara di acara diskusi terbuka bertajuk

Baca Juga: Jarang Terekspos, Inilah Sosok Dicky Suprapto, Suami Pertama Suzzanna yang Juga Pernah Jadi Mantu Soekarno

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest