Follow Us

Desa di Perancis Menawarkan Hadiah Rp32 Juta Bagi Siapa pun yang Bisa Membaca Batu Prasasti Berusia 230 Tahun Ini

Adrie P. Saputra - Jumat, 07 Juni 2019 | 14:00
Plougastel menawarkan hadiah 2.000 euro bagi yang bisa membaca tulisan pada batu prasasti.
Facebook CGTN

Plougastel menawarkan hadiah 2.000 euro bagi yang bisa membaca tulisan pada batu prasasti.

Suar.ID - Plougastel, sebuah desa kecil di kawasan Brittany, Perancis, menawarkan hadiah sebesar 2.000 euro (Rp 32 juta) kepada siapa pun yang dapat membaca batu prasasti berusia 230 tahun.

Ditemukan hanya beberapa tahun yang lalu, batu misterius ini terletak di teluk yang hanya dapat diakses saat air surut.

Batu ini memiliki 20 baris tulisan dalam "bahasa" yang sejauh ini tidak ada yang bisa membacanya - batu dengan dua tahun - 1786 dan 1787 - memiliki gambar ukiran kapal dengan layar dan kemudi, dan ada juga gambar hati suci.

Akademisi lokal telah berjuang untuk menguraikan gambar dan tulisan yang berusia berabad-abad ini untuk beberapa waktu sekarang, tetapi sejauh ini mereka hanya bisa menghasilkan teori.

Baca Juga : Ramalan Zodiak Hari Ini: Kamis 16 Mei 2019, Leo Akan Dapat Hadiah Tak Terduga

Beberapa percaya bahwa tulisannya mungkin dalam bahasa Breton kuno atau Basque, sementara yang lain berpikir bahwa siapa pun yang mengukirnya ke dalam lempengan batu mungkin setengah buta huruf.

"Kami telah meminta sejarawan dan arkeolog dari sekitar sini, tetapi tidak ada yang bisa menyelesaikan cerita di balik batu prasasti," Dominique Cap, Walikota Plougastel, mengatakan kepada AFP.

"Jadi kami pikir mungkin di luar sana, di dunia yang luas ini, ada orang-orang yang memiliki jenis pengetahuan ahli yang kami butuhkan."

"Daripada tetap dalam ketidaktahuan, kami kini telah meluncurkan kompetisi."

Baca Juga : Tajir Melintir, Inul Daratista Beri Karyawannya Tas Mewah sebagai Hadiah Lebaran, Malu Katanya Kalau Kasih Nastar

Source : Oddity Central

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest