Follow Us

Donald Trump Melarang Pesawat Boeing 737 MAX untuk Terbang di Amerika Serikat

Adrie P. Saputra - Kamis, 14 Maret 2019 | 10:05
Donalt Trump melarang 737 MAX terbang di AS.
BBC | Interesting Engineering

Donalt Trump melarang 737 MAX terbang di AS.

Suar.ID - Presiden AS Donald Trump pada Rabu (13/3/2019), akhirnya bergabung dengan Kanada dan negara lain untuk menghentikan penerbangan pesawat tipe Boeing 737 MAX.

Diwartakan CNBC, Trump mengaku keputusan tersebut dia ambil setelah berbicara dengan CEO Boeing Dennis Mueilenberg, FAA dan Kementerian Transportasi.

"Kami akan mengeluarkan perintah darurat untuk menghentikan semua penerbangan 737 MAX 8 dan 737 MAX 9," katanya kepada wartawan di Gedung Putih, seperti dikutip dari CBS News.

"Semua pesawat yang mengudara akan mencapai tujuannya dan setelah itu dikandangkan sampai pemberitahuan lebih lanjut," ujarnya.

Baca Juga : Alih-alih Naik Pesawat, Kim Jong-un Memilih Naik Kereta Selama 60 Jam dari Pyongyang ke Hanoi untuk Bertemu Trump

Pria berusia 72 tahun itu juga menilai keputusannya sebagai tindakan demi keselamatan rakyat AS dan semua orang.

"Ini hal yang sangat mengerikan," ucapnya terkait dengan kecelakaan pesawat milik maskapai Ethiopian Airlines.

"Boeing adalah perusahaan yang luar biasa mereka bekerja sangat keras sekarang, dan mudah-mudahan mereka akan segera memberikan jawabannya," tutur Trump.

Sementara itu, Kepala Administrator FAA Daniel Elwell mengatakan, keputusan untuk menghentikan penerbangan dengan pesawat Boeing 737 MAX bukanlah karena adanya tekanan.

Baca Juga : Kim Jong Un Tiba di Vietnam untuk KTT ke-2 dengan Donald Trump

FAA memiliki tim yang menyelidiki bencana di lokasi kecelakaan Ethiopian Airlines yang bekerja dengan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional.

Source : BBC, Twitter, Kompas

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest