Follow Us

Penyelam Temukan 'Blue Hole' Pertama Dekat Pulau yang Sempat Jadi Sengketa Indonesia - Malaysia

Masrurroh Ummu Kulsum - Selasa, 12 Maret 2019 | 11:49
Lubang biru pertama ditemukan di dekat pulau Sipadan, Malaysia.
Bernama

Lubang biru pertama ditemukan di dekat pulau Sipadan, Malaysia.

Suar.ID – Bulan Februari lalu, penyelam dan peneliti dari Taman Sabah (TTS) menemukan blue hole atau lubang biru di teluk Darvel Bay, dekat pulau Sipadan, Sabah Timur, Malaysia.

Melansir Bernama (10/3/2019), lubang biru di Darvel Bay ini berbeda dari lubang-lubang lain karena memiliki dua struktur dengan masing-masing lubang berukuran 15 meter di dasar laut.

Biasanya, lubang biru adalah lubang bawah air yang terlihat dari permukaan laut dan terkadang terhubung akses dengan gua bawah air.

Peneliti senior TTS Nasrulhakim Maidin mencatat, lubang biru dekat pulau Sipadan yang pernah disengketakan Indonesia dan Malaysia ini sebagai satu-satunya di Sabah bahkan di seluruh Malaysia.

Baca Juga : 10 Potret Kece Angga Yunanda, Pemain 'Mermaid in Love' yang Kini Main Film Horor

Baca Juga : Heboh, Istri dan Ketiga Anaknya Datangi Pernikahan Suami dan Sempat Diusir

Nasrulhakim Maidin menambahkan, lubang biru tersebut adalah portensi wisata yang dapat menarik banyak wisatawan seperi di beberapa blue hole di negara lain.

“Jika struktur koral yang cekung ini (seperti gua di dalam air) dipromosikan sebagai tempat menyelam, itu bisa menjadi objek wisata utama seperti The Great Blue Hole of Belize (Amerika Tengah), Dean Blue Hole (Bahama), selain dari Dragon Blue Hole (Cina), ”katanya.

Peneliti TTS menemukan lubang biru itu ketika peta menangkap objek itu sebagai daerah karang.

Peneliti TTS juga mengatakan, mereka bisa menjelajahi sisi lubang biru tersebut dan hanya membutuhkan satu tangki gas oksigen.

Baca Juga : Bukan tentang Restu Orangtua, Tagar #Restu pada Foto Pernikahan Syahrini - Reino Barack Punya Makna Romantis Lain

Baca Juga : Sambil Menangis Buruh Bangunan Ini Bocorkan 'Kebusukan' Salah Satu Kota Megah di China

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Baca Lainnya

Latest