Follow Us

Restoran Halal Haji Yunus di Taipe, Pernah Dikunjungi Ma'ruf Amin Hingga Mahfud MD

Masrurroh Ummu Kulsum - Sabtu, 09 Maret 2019 | 19:55
Foto pejabat yang pernah makan di Thai Yunus Halal Restaurant
(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

Foto pejabat yang pernah makan di Thai Yunus Halal Restaurant

Suar.ID – Pemerintah Taiwan tengah gencar mengembangkan pariwisata halal. Bersama awak media lainnya yang ikut dalam Taiwan Familiarization Tour pada Selasa (5/3/2019), KompasTravel berkesempatan mengunjungi Thai Yunus Halal Restaurant, restoran halal generasi pertama di Ibu Kota Taiwan.

Pemiliknya, Haji Yunus (36), merantau bersama keluarganya dari Chiang Mai, Thailand 20 tahun lalu. Saat itu, nyaris tak ada tempat yang menjual makanan halal.

"Dua puluh tahun lalu banyak warga muslim datang ke sini tapi tidak ada makanan halal. Dari situ idenya kenapa tidak buka restoran halal saja karena banyak tamu asing ke sini," kata Yunus, Selasa malam.

Yunus mengatakan saat itu makanan yang dipasarkan halal hanya "mie muslim" di warung-warung kecil. Yunus pun mempelopori restoran halal pertama di Taipei.

Baca Juga : Pekerja Supermarket Dilarikan ke RS, di Tangannya Masih Tersangkut Mesin Penggiling Daging

Baca Juga : Pemakaman Serda Bayu Aji di TMP Purwodadi Diiringi Tembakan Salvo

Dikunjungi pejabat

Hidangan di Thai Yunus Halal Restaurant
(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

Hidangan di Thai Yunus Halal Restaurant

Dinding restoran Yunus dipenuhi foto-foto dirinya bersama pejabat-pejabat Asia. Ada Deputi Perdana Menteri Malaysia, Mahfud MD, Ma'ruf Amin, Alwi Shihab, hingga Muhaimin Iskandar.

"Pak Ma'ruf Amin baru tahun lalu datang," kata Yunus.

Makanan yang jadi favorit para pejabat itu di antaranya tim ikan, sup ikan, kangkung belacan, tom yum, telur dadar, dan ayam goreng pedas. Menu yang sama disuguhkan kepada rombongan Taiwan Familiarization Tour. Rasanya, kaya seperti masakan Thailand pada umumnya.

Sehari-hari, Yunus bisa melayani hingga 100 pelanggan. Separuhnya warga muslim asing, dan separuh lagi warga lokal yang ingin mencoba olahan halal.

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Baca Lainnya

Latest