Follow Us

Membatik Tak Hanya di Atas Kain, Kini Telur Juga Bisa Digambar Motif Batik

Nieko Octavi Septiana - Selasa, 19 Februari 2019 | 11:38
Telur asin batik
nationalgeographic.grid.id

Telur asin batik

Suar.ID - Masyarakat Indonesia sangat akrab dengan batik. Teknik melukis di atas kain ini bahkan sudah terkenal hingga mancanegara.

Jika batik di atas kain sudah mendunia, kali ini ada inovasi baru. Telur Batik.

Teknik membatik di media telur asin ini diperkenalkan di Karawang, Jawa Barat.

Karawang memang dikenal dengan produksi telur asinnya yang semakin populer. Salah satu penghasil telur asin di Karawang adalah Kelompok Telur Asin Bakar (Batik Karawang) yang terletak di Desa Duwuan Barat, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kelompok Telur Asin Bakar (Batik Karawang) didukung sepenuhnya oleh PT Pertamina (Persero) Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Cikampek.

Kelompok ini merupakan salah satu mitra binaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Pertamina (Persero) TBBM Cikampek tersebut sejak 2018.

Baca Juga : Santer Isu Ma'ruf Amin Akan Digantikan Ahok, Ma'ruf: 'Yang Menulis Berita Itu Sambil Melamun'

Menurut Dewi Sri Utami, Unit Manager Communication & CSR MOR III, PT Pertamina (Persero) mendampingi para anggota Kelompok Telur Asin Bakar (Batik Karawang) melalui kegiatan-kegiatan yang mampu mendukung perkembangan kelompok.

Mulai dari pembentukan kelembagaan ternak bebek, pembangunan rumah produksi dan saung kumpul, pelatihan marketing dan pengemasan produk, sampai pengembangan market channel.

Baca Juga : Sering Disebut 'Wanita Penghibur', Geisha di Jepang Sebenarnya Pekerjaan Khusus bagi Laki-laki

Meskipun baru berdiri pada 2017, kelompok ini menjadi salah satu kelompok industri rumahan lokal yang berkembang. Kini, mereka telah mampu menjual telur asin sebanyak 3.000-5.000 butir per bulan.

Sesuai namanya, telur asin produksi Kelompok Telur Asin Bakar (Batik Karawang) ini memang terbilang unik. Pada kulit luarnya, telur asin ini memiliki motif seperti batik.

Source : nationalgeographic.grid.id

Editor : Aulia Dian Permata

Baca Lainnya

Latest