Presiden Jokowi Tuai Pujian! Inilah Momen Tak Terduga saat Rombongan Presiden Menepi ke Pinggir untuk Ambulans di Grobogan, Begini Penjelasan Istana

Kamis, 06 Januari 2022 | 11:00
Dok Kementrian Luar Negeri

Presiden Jokowi

Suar.ID - Sebuah video yang memperlihatkan momen saat iring-iringan rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak memberikan kesempatan kepada mobil ambulans melintas viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 29 detik itu, memperlihatkan ambulans tampak melaju dari arah yang berlawanan dengan rombongan Presiden Jokowi.

Di sisi yang berbeda, tampak rombongan presiden yang lengkap dengan pengawalan paspampres, mobil patwal serta voorijder menepi dan memperlambat laju jalannya kendaraan yang digunakan.

Sehingga ambulans pun dapat melaju dengan lancar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, lokasi rombongan Jokowi memberikan jalan untuk ambulans yaitu di Jalan Raya Purwodadi-Blora, di Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, Jawa Tengah.

Sesuai rekaman video, berada tepat di seberang warung Bakso dan Mie Ayam "Sultan".

Saat itu rombongan Jokowi bertolak dari arah (barat) Purwodadi menuju SDN 3 Nglinduk, Kecamatan Gabus, Grobogan untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Rabu (5/1/2022).

Kolase Instagram

Viral rombongan presiden menepi saat ambulans lewat

Baca Juga: Geger, Dulu Nekat Ribut dengan Menantu Presiden Jokowi, Gubernur Sumatera Utara Kini Nekat Jewer Pelatih Biliar Gegara tak Ikut Tepuk Tangan: Pulang Sana, Tak usah Dipakai Lagi!

Video itu sengaja direkam oleh salah satu penumpang ambulans yang kebetulan di tengah perjalanan berpapasan dengan kendaraan rombongan Jokowi.

Ambulans itu melaju dari arah (Timur) RSUD Ki Ageng Selo Wirosari menuju RS Panti Rahayu "Yakkum" Purwodadi.

Hal itu berdasarkan keterangan Septian, pengemudi ambulans tersebut.

Perekam video itu adalah rekannya.

"Saya tidak menyangka. Awalnya saya berpikir mengalah dulu, namun pikiran saya ke pasien yang dalam kondisi gawat darurat," terang Septian.

Dapat Apresiasi

Rekaman video berdurasi 29 detik yang juga tersebar luas melalui pesan berantai WhatsApp tersebut menuai respons positif dari masyarakat.

Bupati Grobogan Sri Sumarni pun juga tak ingin ketinggalan mengapresiasi momentum itu di akun Instagram resmi miliknya @sumarnigrobogan.

"Terimakasih saya sampaikan kepada Bapak Joko Widodo Presiden Republik Indonesia yang telah berkenan datang ke Kabupaten Grobogan," tulis Sri Sumarni.

Baca Juga: Katanya Mau Perampingan Faktanya Kabinet Jokowi Makin Gemuk, Tambah Lagi Posisi Wakil Menteri

Penjelasan Istana

Di sisi lain, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan kejadian itu.

Menurut dia, peristiwa itu terjadi saat rombongan Presiden Jokowi sedang menempuh perjalanan dari Solo menuju Kabupaten Grobogan pada, Rabu (5/1/2022).

"(Kejadiannya) Hari ini dari Solo menuju Grobogan," katanya saat dikonfirmasi Kompas.com.

Menurut Heru, keberadaan ambulans memang harus diutamakan.

"Saat itu ada ambulans dari lawan arah. Dan tentunya ambulans harus diutamakan," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi Jawa Tengah (Jateng), dalam rangka kunjungan kerja pada Rabu.

Dalam kunjungan kali ini, Presiden menyapa warga Sragen, Grobogan, Blora dan Kota Semarang antara lain untuk meninjau vaksinasi Covid-19 dan membagikan bantuan tunai bagi pedagang kaki lima.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Jawa Tengah adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Baca Juga: Semakin Halu Semenjak Dipenjara Lagi? Jerinx Sebut Ada Bos Besar yang Kekuatannya di Atas Presiden Jokowi yang Ingin Jebloskan Dirinya ke Jeruji Besi

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : Kompas.com, Instagram

Baca Lainnya