Heboh Parasit Mirip Kecebong! Ilmuan Mengatakan Bahwa Henneguya salminicola Bisa Hidup Tanpa Oksigen

Kamis, 02 Desember 2021 | 17:17
Oddity Central

Henneguya salminicola, parasit yang bentuknya mirip kecebong.

Suar.ID - Henneguya salminicola, parasit seperti kecebong yang menginfeksi salmon ini memiliki kekuatan super yang agak unik.

Parasit ini disebut dapat bertahan hidup tanpa oksigen.Saat memeriksa Henneguya salminicola, para peneliti melihat sesuatu yang sangat aneh.

Baca Juga: Peserta Reuni 212 yang Menuntut Bela Ulama dan MUI Tertahan di Keboh Sirih, Polda Metro Jaya Memberi Ancaman Pidana!

Mengutip dari Oddity Central, parasit mikroskopis ini tampaknya tidak memiliki genom mitokondria.

Mitokondria umumnya dikenal sebagai "pembangkit tenaga sel", adalah organel yang mengandalkan oksigen untuk menghasilkan energi.

Pada awalnya, para ilmuwan di Universitas Tel Aviv mengira itu adalah kesalahan, jadi mereka menjalankan analisis lagi, dan memastikan bahwa parasit itu tidak memiliki genom mitokondria sama sekali.

Baca Juga: Viral Wanita Cantik Tak Bisa Keluar dari Got, Diduga Nyemplung karena Asyik Main TikTok, Netizen: Dalem Banget

Oleh karenanya, itu berarti parasit itu tidak menghasilkan energi seperti yang dilakukan semua hewan lain yang diketahui."Secara umum dianggap bahwa selama evolusi, organisme menjadi semakin kompleks, dan organisme bersel tunggal atau bersel sedikit itu adalah nenek moyang organisme kompleks," kata Prof. Dorothee Huchon, salah satu penulis studi tentang Henneguya yang dikutip dari Oddity Central.

"Tapi di sini, tepat di depan kita, adalah hewan yang proses evolusinya berlawanan."

"Hidup di lingkungan bebas oksigen, ia telah melepaskan gen yang tidak perlu yang bertanggung jawab untuk respirasi aerobik dan menjadi organisme yang lebih sederhana."Berhubungan jauh dengan ubur-ubur, parasit seperti kecebong hidup di otot salmon dan trout, di mana ia menyebabkan bintil putih kecil yang dikenal sebagai "tapioca disease" atau "penyakit tapioka".

Diyakini bahwa lingkungan ini adalah salah satu kemungkinan penyebab hilangnya mitokondria.

Baca Juga: Viral Sosok Misterius Kirimi Dua Peti Mati kepada Seorang Wanita yang Masih Hidup hingga Buat Geger Satu Desa, Diduga Ini Latar Belakangnya

Otot ikan dikenal sebagai lingkungan rendah oksigen, jadi Henneguya salminicola mungkin hanya beradaptasi untuk menghasilkan energinya dengan cara lain.Apa sebenarnya yang menggerakkan parasit mikroskopis alih-alih oksigen tetap menjadi misteri yang belum dipecahkan oleh para ilmuwan.

Meskipun citra mikroskopis mengungkapkan organel terkait mitokondria yang mempertahankan beberapa karakteristik fisik organ asli, mereka tidak memiliki semua informasi genetik yang biasanya terkait, yang menunjukkan bahwa parasit tidak lagi mampu melakukan respirasi aerobik standar.Beberapa peneliti percaya bahwa Henneguya salminicola entah bagaimana bisa menarik energi dari sel-sel salmon di sekitarnya, yang lain mengatakan bahwa itu mungkin mampu bernapas tanpa oksigen.

Ada juga beberapa komunitas ilmiah yang membantah fakta bahwa organisme ini dapat menghabiskan seluruh hidupnya tanpa oksigen.

Baca Juga: Ogah Pakai Bahasa Indonesia, Timor Leste Mantap Gunakan Dialek Ini Sebagai Bahasa Nasional, Sejarahnya jadi Sorotan

Terlepas dari kontroversi seputar kemampuan parasit untuk bertahan hidup tanpa oksigen, tidak dapat disangkal bahwa penemuannya telah mengubah cara kita memandang evolusi.

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Oddity Central