Kedengarannya Memang Aneh, Tapi Nyatanya Menanak Nasi dengan Air Teh Bisa jadi Cara Mengatasi Penyakit Berbahaya Ini

Rabu, 25 Agustus 2021 | 16:38
Kolase Pixabay

Menanak nasi dengan air teh ternyata bisa jadi cara mengatasi penyakit berbahaya ini

Suar.ID - Untuk memenuhi karbohidrat dalam tubuh orang-orang Indonesia makan nasi.

Nasi juga jadi salah satu makanan pokok orang Indonesia. Maka, nasi bukanlah hal asing di Indonesia.

Oh ya, sebelum dimasak, nasi adalah beras. Jadi asalnya nasi adalah beras.

Baca Juga: Kabar Bahagia untuk Para Pecinta Tanaman! Ternyata Bawang Ampuh Banget Lho untuk Mengatasi Kutu Putih pada Tanaman, Begini Cara Menggunakannya

Ada berbagai jenis beras yang bisakita makan dengan keluarga, tapi ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk masak nasi, salah satunya dengan menambahkan air teh ke dalam beras.

Mungkin orang-orang belum banyak yang tahu tapi ada sederet manfaat masak nasi dengan air teh, lo.

Mengutip dari Nutrition, peneliti asal Filipina sudah membuktikan manfaat masak nasi dengan air teh.

Ini karena air teh dapat menurunkan nilai indeks glikemik.

Penelitian ini bermula dari penelitian sebelumnya bahwa kafein dalam air teh dapat membantu dalam mengurangi risiko terkena diabetes.

Maka, teh yang mengandung kafein ini kemudian diteliti untuk digunakan dalam menanak nasi.

Penelitian kemudian membuktikan, kadar jenis polifenol yang terkandung dalam teh lebih bermanfaat, setelah polifenol meresap ke dalam tubuh dan mempercepat pengeluaran cairan pencernaan dalam tubuh kita.

Polifenol juga terbukti bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah karena polifenol dalam teh cenderung menghambat penyerapan gula dalam darah.

Pixabay
Pixabay

Ilustrasi Teh.

Baca Juga: Dijamin Praktis dan Ogah Balik Lagi, Rupanya Begini Cara Mengatasi Tikus di Rumah Cuma Pakai Daun Salam, Yuk Coba Sekarang!

Studi tersebut juga menyatakan, teh dapat secara signifikan mampu mengurangi glukosa darah pada orang dewasa, sehingga mencegah datangnya diabetes.

Temuan ini dilansir di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.

Disebutkan, polifenol secara signifikan mengurangi jumlah glukosa pada orang dewasa, yang diberi minuman sarat sukrosa sebelumnya.

Yang bikin satu Indonesia terkejut adalah kebiasaan masak nasi dengan air teh sudah dipraktikkan dalam kehidupan sehari hari masyarakat Cina sejak ribuan tahun lalu.

Sejak masa Dinasti Tang, dalam buku ilmu kedokteran sudah terdapat catatan tentang cara masak nasi dengan air teh.

Karena sudah banyaknya bukti tentang manfaat masak nasi dengan air teh, yuk kita intip apa saja sih manfaat masak nasi dengan air teh untuk kesehatan tubuh kita:

1. Mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskular

Polifenol merupakan senyawa utama yang terkandung di dalam teh, suatu zat antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menyingkirkan radikal bebas.

Bukti ilmiah menyebutkan, bahwa polifenol dapat meningkatkan ketahanan dan mencegah dinding mikrovaskuler pecah atau berdarah.

Selain itu, polifenol juga dapat menurunkan kolesterol darah, menghalau aterosklerosis, melembutkan pembuluh darah, menurunkan lemak darah, dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Dijamin Gak Bikin Kantong Jebol, Ternyata Begini Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Cuma Modal Bumbu Dapur ini, Murah Meriah dan Ampuh Banget Loh!

2. Mencegah tumor saluran cerna

Polifenol adalah salah satu antioksidan alami yang paling kuat.

Polifenol dapat menonaktifkan karsinogen, menghambat dan memutuskan nitrosamin (karsinogenik) dalam tubuh, sehingga dapat mencegah tumor saluran cerna.

3. Mencegah stroke

Salah satu faktor terjadinya stroke, adalah terbentuknya lipid peroksida yang membuat dinding pembuluh darah kehilangan elastisitasnya.

Sementara itu, asam tanin merupakan suatu senyawa polifenol, yang berfungsi menghambat pembentukan lipid peroksida dan sebagai antioksidan, mendorong penguraian enzim lemak.

Dengan demikian, masak nasi dengan air teh bisa secara efektif mencegah stroke.

4. Membantu sistem pencernaan

Catatan tentang masak nasi dengan air teh sudah ada dalam buku medis Tiongkok kuno "Compendium of Materia Medica".

Selain itu, cara ini juga dapat memperlancar sistem pencernaan, yang secara efektif dapat mengurai lemak dalam tubuh, memperlancar buang air besar, dan membuat kita memiliki tubuh yang langsing.

5. Mencegah karies gigi

Pixabay
Pixabay

Ilustrasi gigi

Fluoride dalam teh merupakan zat dentin yang sangat diperlukan tubuh.

Fluoride dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan gigi melawan asam, sehingga dapat mencegah karies gigi (penyakit infeksi yang merusak struktur gigi) yang menyebabkan bau mulut.

Lantas, bagaimana cara masak nasi dengan air teh?

Seperti masak nasi dengan air biasa, cuci beras lebih dulu dengan air biasa di wadah rice cooker atau panci arona.

Setelah dicuci bersih, kemudian masukkan air teh (tanpa daunnya) ke dalam beras. Takaran air teh seperti pada penggunaan air biasanya.

Teh yang umum digunakan untuk masak nasi dengan ai teh adalah teh hitam (black tea) dan teh hijau (green tea).

Baca Juga: Nggak Perlu Beli Obat! Ternyata Begini Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami: Cukup Siapkan Daun Jambu Biji di Dapur

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : Nakita.ID, nutrition.org

Baca Lainnya