Heboh Obat Cacing Invermectin Bisa Mengobati Covid-19, Terungkap Fakta Mengejutkan ini, Bisa Sebabkan Hal Mengerikan ini Jika Asal Dikonsumsi!

Minggu, 04 Juli 2021 | 11:25
Kompas TV

Ivermectin sebagai obat Covid-19.

Suar.ID - Kementrian BUMN belum lama ini menyatakantelah memproduksi ivermectin sebagai obat terapi Covid-19.

Hal ini dilakukan demi upaya mendongkrak tingkat kesembuhan pasien Covid-19.

Dilansir Kompas.TV, Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan kalau ivermectin ini diproduksi PT Indofarma dan telah mendapat izin edar dari BPOM.

Namun dalam rilis tertulisnya, BPOM menegaskan kalau ivermectin kaplet 12 miligram ini terdaffar di Indonesia sebagai obat cacing.

Baca Juga: Indonesia Sedang Tak Baik-baik Saja, Setidaknya Ada 265 Pasien Covid-19 Yang Meninggal Dunia Saat Isolasi Mandiri Sebulan Terakhir Ini

Tak cuma itu, data uji klinik yang cukup untuk membuktikan khasiatt invermectin dalam mencegah dan mengobati Covid-19 hingga saat ini belum juga tersedia.

Sebelumnya, juru bicara satgas penanganan Covid-19 yang bernama Wiku Adisasmito mengungkapkan kalau balitbang Kemenkes akan melakukan studi lanjutan terkait penggunaan ivermectin bagi pasien Covid-19.

Wiku Adisasmito menegaskan kalau perlu hati-hati dalam penggunaan obat ini dan harus atas rekomendasi dokter.

Sedangkan, dikutip dari situs resminya, WHO pun menyatakan kalau ivermectin adalah salah satu obat yang direkomendasikan.

Baca Juga: Baru Juga Hari Partama PPKM Darurat, Lurah di Depok ini Malah Berani-beraninya Gelar Pesta Hajatan Hingga Undang Kerumunan, Begini Nasib Sang Oknum Kini!

Kendati demikian, obat ini digunakan hanya untuk mengobati Covid-19 dalam uji klinis.

Ketua Umum Perhimpuu Dokter Paru Indonesia, dr. Agus Dwi Susanto menyebutkan hingga saat ini masih belum ada obat yang bisa menyembuhkan Covid-19.

Pixabay.com
Pixabay.com

COVID-19

BPOM juga sudah memberikan peringatan dalam penggunaan ivermectin uuk obat terapi Covid-19 tetap harus berdasarkan resep dokter dan diawasi pemakaiannya.

Pasalnya, tanpa adanya resep dokter, ivermectin ini akan menyebabkan mual, gatal hingga gekala neurologis.

Baca Juga: Cuma Bermodalkan Wortel, Wajah Dijamin Bakal Langsung Glowing dalam Waktu 30 Menit, Begini Caranya, Mudah Banget Loh!

Seperti kejang-kejang dan dapat menyebabkan kematian.

Lalu benarkah secara medis obat ivermectin bisa dipakai sebagai terapi penanganan pasien Covid-19?

Dilansir Kompas.com, pada awal 2020 sebuah makalah berjudul“The FDA-approved drug ivermectin inhibits the replication of SARS-CoV-2 in vitro” dipublikasikan.

Makalah ini pun menunjukkan kalau ivermectin ini dapat menekan virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 dalam penelitian laboratorium.

Baca Juga: Ogah Dimarahi Ayah usai Kepergok Foto Berpelukan Mesra dengan Pacarnya, Gadis SMA Ini tak Tahan Malu hingga Nekat Terjun dari Jembatan 15 Meter

Penelitian ini sendiri merupakan salah satu dari banyak penelitian selama 50 tahun terakhir yang menunjukkan kalau obat antiparasit juga dapat memiliki kegunaan antivirus.

Ada 2 cara ivermectin ini dapat mencegah replika virus corona.

Pertama, mencegah virus dengan menekan respons antivirus alami sel manusia.

Kedua, ada kemungkinan obat ini mencegah 'lonjakan' protein pada permukaan virus untuk mengikat reseptor yang memungkinkannya memasuki sel manusia.

Baca Juga: Terbongkar Ke Pulbik, Presenter Seksi Maria Vania Nggak Hanya Ditawari Jadi Istri Kedua Pejabat, Tapi Juga Mengaku Pernah Dipelet: Kok Lama-lama Aku Mau Ya...

Hal ini dikarenakan sifat anti-inflamasi yang terlihat dari respon ivermectin terhadap rosacea, ini mungkin menunjukkan efek yang berguna pada penyakit virus yang menyebabkan peradangan signifikan.

Temuan awal ini digunakan sebagai dasar dari banyak rekomendasi untuk penggunaan ivermectin untuk mengobati Covid-19.

freepik

Obat ivermectin dilarang diresepkan ke pasien Covid-19.

Terutama di Amerika latin yang kemudian ditarik kembali.

Sejak saat itu, ada banyak penelitian tentang ivermectin sebagai pengobatan potensial untuk Covid-19.

Baca Juga: Ternyata Nggak Beda Jauh Dengan Nasib Mulan Jameela Sekarang, Maia Estianty Buka-bukaan Mengaku Pernikahannya Dengan Ahmad Dhani Awalnya Dilakukan Secara Agama, Tahun Segini Baru Sah Secara Negara

Di akhir tahun 2020, sebuah kelompok penelitian di India mampu merangkum hasil dari 4 penelitian kecil mengenai ivermectin berjudul“Therapeutic potential of ivermectin as add-on treatment in COVID 19: A systematic review and meta-analysis”.

Dalam studi ini, ivermectiun ini digunakan sebagai pengobatan tambahan pada pasien Covid-19.

Ulasan ini pun menunjukkan peningkatan yang signifikan secara statistik dalam kelangsungan hidyp di antara pasien yang menerima ivermectin di samping pengobatan lain.

Baca Juga: Bukan Pengusaha Juga Bukan Anak Konglomerat, Akhirnya Terungkap Harta Kekayaan KSAD Andika Perkasa Yang Bikin Geleng-geleng Kepala, Menantu Hendropiyono Ternyata Punya Aset Melimpah Di Amerika Dan Australia

Namun, penulis juga menyatakan dengan jelas kalau kualitas buktinya rendah dan bahwa temuannya harus diperlakukan dengan hati-hati.

Seperti yang sering terjadi pada tinjauan beberapa penelitian kecil makalah ini menyarankan bahkan percobaan lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ivermectin ini memang efektif secara klinis.

Baca Juga: Mendadak Rasakan Kedutan di Bagian Perut, Wanita Ini Tiba-tiba Mendapat Rezeki yang tak Diduga-duga, Ternyata Ini 5 Arti Kedutan Perut Menurut Primbon Jawa

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : Kompas.com, Kompas TV

Baca Lainnya