Ternyata Inilah Penyebab KRI Nanggala-402 Alami Keretakan dan Tenggelam ke Dasar Laut

Senin, 26 April 2021 | 19:07
ANTARA

Nanggala-402

Suar.ID - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memberikan penjelasan terkait penyebab keretakan pada KRI Nanggala-402.

Menurutnya, tenggelamnya kapal tersebut karena kapal selam telah melebihi jangkauan kedalaman maksimal.

Diketahui, sesuai pabrikannya, KRI Nanggala-402 dapat menyelam pada kedalaman 250 hingga 500 meter di bawah permukaan laut.

Namun diduga kapal tersebut tenggelam hingga kedalaman 850 meter di bawah permukaan laut.

Baca Juga: Pecah Jadi 3, Beginilah Kondisi Kapal Selam KRI Nanggala-402 Usai Tenggelam Di Perairan Laut Bali: Seluruh Awaknya Telah Gugur

"Dengan ditemukannya peralatan yang sudah keluar ini, terjadi keretakan."

"Karena memang terjadi tekanan kedalaman yang sekian dalamnya sampai 700-800 meter ini tentunya terjadi keretakan terhadap kapal selam tersebut," kata Yudo yang dikutip dari kompas.com.Keretakan tersebut membuat barang-barang yang berada di dalam kapal selam kemudian terangkat keluar.

Baca Juga: Jadi Most Wanted Person 1 Indonesia, Nissa Sabyan Langsung Diserbu Netizen Saat Muncul Di Instagram Untuk Pertama Kalinya, Ya Senangan Yang Ngendorse Lah Ya

Barang-barang itulah yang kemudian ditemukan oleh tim pencari dari TNI AL selama beberapa hari.

"Barang-barang ini sebenarnya ada di dalam, apalagi penahan untuk pelurus torpedo ini sampai bisa keluar, berarti terjadi keretakan yang besar," ucapnya.

Adapun KRI Nanggala-402 telah dinyatakan tenggelam.

Mirror

Foto KRI Nanggala di dasar laut.

Sebelumnya KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan Utara Pulau Bali pada Rabu (21/4/2021) sekitar pukul 04.25 WIB.

Kapal ini sedianya dijadwalkan ikut dalam latihan penembakan rudal di laut Bali, Kamis (22/4/2021).Latihan ini rencananya dihadiri langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca Juga: Artis Cantik Ini Blak-blakan Mengaku Nggak Punya Agama Tapi Deket Sama Tuhan, Begini Reaksi Angela Gilsha Saat Ditawari Masuk Islam

Akan tetapi, akibat peristiwa ini memaksa latihan tersebut dibatalkan.

Pecah Jadi 3, Beginilah Kondisi Kapal Selam KRI Nanggala-402 Usai Tenggelam Di Perairan Laut Bali: Seluruh Awaknya Telah Gugur

TNI telah mengerahkan semua sumber daya untuk menyelematkan KRI Nanggala dan juga melibatkan bantuan dari sejumlah negara lain seperti Singapura, Amerika Serikat, dan India.

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya