Kalah Telak dari GM Irene hingga Dituding Pembohong, Dewa Kipas Dinilai tak Kuasai Filosofi Catur hingga Pertontonkan Ketidakjujuran, GothamChess: Kabar Buruknya Dadang Menang Rp 100 Juta

Kamis, 25 Maret 2021 | 06:00
YouTube/Deddy Corbuzier

Usai kalah telak 3-0 dari Irene Sukandar, Dewa Kipas dinilai tak kuasai filosofi catur dan dituding tak jujur.

Suar.ID -Pengamat catur hingga GothamChess akhirnya mengungkapkan fakta dibalik kemampuan bermain Dewa Kipas yang akhirnya dikalahkan GM Irene Kharisma.

Dadang Subur, pemilik nama asli Dewa Kipas sempat populer di dunia medsos karena sempat merepotkan GothamChess.

Akurasi langkahnya sempat jadi perbincangan di media sosial.

Namun, begitu bertemu WGM Irene Sukandar, Dadang ternyata tak berkutik.

Baca Juga: Di Balik Peristiwa Dewa Kipas Vs Irene Sukandar: Segini Pendapatan Deddy Corbuzier dari Laga Dewa Kipas Melawan GM Irene Sukandar, Jauh Lebih Besar Dibandingkan Hadiah yang Dikeluarkan Loh!

Pertandingan eksibisi Woman Grandmaster (WGM) Irene Kharisma Sukandar dan Dadang Subur, pemilik akun Dewa Kipas, mendapat perhatian khusus dari publik Indonesia dan juga internasional.

Dari dalam negeri, Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) melalui Ketua Bidang Pembinaan Prestasi, Kristianus Liem, angkat bicara.

Menurutnya, Dadang tak memiliki hal-hal yang diperlukan untuk menjadi seorang pecatur top.

Pertandingan WGM Irene Sukandar dengan Dewa Kipas tersebut difasilitasi kanal YouTube Deddy Corbuzier pada Senin (22/3/2021) sore hari WIB.

Baca Juga: Beneran Ketiban Durian Runtuh, Dikira Buntung Deddy Corbuzier Bakal jadi Miliarder Dadakan Usai Live GM Irene Vs Dewa Kipas

Hasilnya, WGM Irene Sukandar menyapu bersih kemenangan dengan skor 3-0, dua kali dengan menggunakan bidak putih dan sekali dengan bidak hitam.

Tercatat, jumlah penonton siaran langsung duel Irene Sukandar kontra Dadang Subur mencapai 1,25 juta pada titik tertinggi (peak viewers).

Jumlah itu terbilang fantastis sehingga disorot oleh Federasi Catur Dunia (FIDE) langsung.

Bagaimana tidak, jumlah ini jauh melebihi angka peak viewership untuk seorang penyiar catur di layanan video Twitch yang berada di angka 139.185 (berdasarkan TwitchMetrics).

INSTAGRAM.COM/IRENE_SUKANDAR

Dewa Kipas alias Dadang Subur, Deddy Corbuzier, dan pecatur profesional, Woman Grand Master Irene Sukandar

Baca Juga: Jadi Komentator Pertandingan Dewa Kipas VS Irene Sukandar, Rupanya Sosok Chelsie Monica Sudah Dapat Gelar Master di Usia 25 Tahun, Begini Potret Kecantikannya...

GothamChess yang berperan di balik viralnya Dewa Kipas hanya mencapai 28.659 penonton pada jumlah tertinggi.

Rata-rata, pria bernama asli Levy Rozman itu mengumpulkan 12.636 penonton setiap melakukan siaran via Twitch.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem, pun membahas pertandingan tersebut kepada Kompas.id.

Baca Juga: Bak Tak Takut Dicecar Netizen Indonesia Lagi, Akun GothamChess Ikut Komentari Pertandaingan Dewa Kipas dan Irene Sukandar, Sebut Soal Akurasi Cuma 40 Persen: Dia Menang Rp 100 Juta, Dipanggil Pemberani, dan Tak Akui Kebenaran

”Secara keseluruhan, Dadang memang bisa bermain catur, tetapi sama sekali tidak menguasai teori, filosofi, taktik, dan strategi catur," tuturnya.

"Saat Dilumat GM Irene Kharisma, Dadang tidak bisa keluar sejak pembukaan dengan bebas dan kalah sebelum middle game berlanjut."

Ia juga menyinggung soal akurasi Dadang yang buruk sepanjang laga.

Heri Darmanto, ahli teknologi informasi di PB Percasi mengutarakan di laman Info Catur bahwa akurasi langkah Dadang Subur pada ketiga laga tersebut adalah 33,8 persen; 27,7 persen, dan terakhir 95,3 persen.

Baca Juga: Cantik Banget, Inilah Sosok Chelsie Monica, Host Duel Maut Dewa Kipas Melawan Grand Master Irene Sukandar, Bukan Orang Sembarangan

Angka itu tentu jauh dari persentase akurasi langkah Dewa Kipas di Chess.com terutama pada periode 22 Februari sampai 2 Maret 2021 yang konsisten mencapai 90 hingga 99 persen.

Bandingkan dengan akurasi WGM Irene yang 92,5 persen; 93,3 persen; dan 97,4 persen.

”Akurasinya buruk dan dengan permainan seperti itu rasanya sulit mencapai rata-rata akurasi di atas 90 persen, seperti yang dicapainya di Chess.com pada 22 Februari sampai 2 Maret," ujarnya lagi.

"Alasannya tidak biasa main catur cepat 10 menit juga terasa janggal karena dia selalu bermain catur cepat 10 menit di Chess.com."

Baca Juga: Kalah 0-3 dengan WGM Irene Sukandar, Dewa Kipas Tetap Bawa Pulang Uang Tunai Rp 100 Juta

Menurut data PB Percasi, Dewa Kipas tercatat bermain 369 gim di Chess.com dalam kurun waktu 11 Februari sampai 2 Maret 2021.

Dari 369 gim, Dewa Kipas memainkan total 333 pertandingan dengan format waktu berpikir 10 menit atau rapid chess.

Di kancah internasional, hasil laga ini ramai dibahas di forum Reddit dan juga dikomentari oleh GothamChess sendiri.

Levy Rozman tetap menitik beratkan fakta kalau Dadang tidak jujur mengakui kalau ia adalah seorang cheater.

Grid Hot

Dewa Kipas alias Dadang Subur digadang-gadang jago bermain catur hingga sanggup kalahkan International Master Levy Rozman alias Gothamchess.

Baca Juga: GM Irene Kharisma Sukandar Tak Sudi Disebut Mata Duitan Meski sempat Minta Deddy Corbuzier untuk Sponsori Pertandingannya Melawan Dewa Kipas

"Jadi, Irene Sukandar telah mengalahkan Dewa Kipas 3-0.

Akurasi dia (Dewa Kipas) kurang dari 40 persen dalam pertandingan ini,

Lebih dari satu juta orang menyaksikan duel ini.

Kabar baiknya: Catur bisa lebih populer, orang yang bermain curang juga akan ketahuan.

Kabar buruknya: dia (Dewa Kipas) memenangi 7.000 dollar (Rp 100 juta), dipanggil pemberani dan tidak akan mengakui kebenaran," tulis Levy Rozman melalui akun Twitter @GothamChess.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : kompas.id, Twitter, Reddit, Tribun Jakarta, Twitch, YouTube Deddy Corbuzier, chess.com

Baca Lainnya