Viral Kuda Nil di Taman Safari Diberi Makan Sampah oleh Pengunjung, Della Perez: Ya Allah, kok Ada Manusia Kaya Gini

Selasa, 09 Maret 2021 | 13:30
Instagram

Kuda nil yang makan sampah pengunjung safari.

Suar.ID - Video yang memperlihatkan seekor kuda nil diberi makan sampah di Taman Safari Indonesia (TSI), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini viral.

Dalam video yang diunggah oleh Instagram @fakta.indo, terlihat seekor kuda nil hendak menelan botol minuman bekas yang diduga dijatuhkan oleh pengunjung TSI di kawasan Puncak Bogor.

Akun Instagram tersebut menulis:

Baca Juga: Terang-terangan Mengaku Sempat Dimaki-maki saat Putuskan Hubungan dengan Felicia Tissue, Kaesang Pangarep: Enggak Etis!"Seorang pengunjung taman safari yang ada di dalam mobil ini, melempar sampah plastik ke dalam mulut kuda nil."Dalam video ada suara dua wanita yang tampak mengomentari tindakan pelempar sampah, "Ih jahat banget parah."

Dalam video juga terlihat pengendara mobil yang diduga telah membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Sempat Koma, Komedian Ini Telah Meninggal Dunia, Pernah Ngemis di Jalanan hingga Jadi Debt Collector untuk Hidup

Banyak netizen hingga selebgram pun tampak menyesalkan perbuatan orang yang tega buang sampah ke Kuda Nil tersebut."Jangan ngatain, jangan ngatain," tulis akun @real.ayuanjani."Ya Allah, kok ada manusia kaya gini," tulis akun @dellaperez."Ditunggu klarifikasinya," tulis akun @arfnilham_.

Pihak pengelola Taman Safari Indonesia membenarkan kasus pelempar sampah ke mulut kuda nil tersebut.

Dia mengatakan, saat itu petugas TSI langsung mengecek dan membersihkan sampah yang ada di mulut kuda nil tersebut.

"Iya betul, kejadiannya kemarin (Minggu) siang atau sore gitu. Ketika itu ada pengunjung melihat, jadi dia upload laporkan ke official sosmed kami, iktikadnya baik sekali," ucap Kepala Humas TSI, Yulius H Suprihardo, seperti yang dikuti dari Kompas.com, Senin.

Baca Juga: Mendadak Bahas Pengen Ketemu Mantan, Nia Ramadhani Gelagapan Lihat Respon Ardi Bakrie: Kok jadi Panjang?

Yulius menyebut bahwa petugas tidak hanya menemukan botol bekas, tetapi juga sejumlah tisu bekas di dalam mulut kuda nil itu."(Laporan akun) itu dia nunjukin ada botol air mineral di situ, tapi saat ini satwanya sih aman karena kuda nilnya memuntahkan kembali sampah tersebut. Padahal, kalau sampai tertelan bisa menyebabkan kematian bagi satwa kami, kan botol plastik mineral itu kan terurai ratusan tahun," ungkapnya.

"Temuan kami ada satu botol mineral dan juga tisu, tapi semuanya sudah terbuang, tidak sampai tertelan," imbuhnya.

Menurut Yulius, dalam satnite safari journey tertulis aturan di brosur TSI terkait imbauan tidak boleh membuang sampah, tidak boleh memberi makan.Yulius memastikan bahwa pihaknya sudah melakukan tindakan dengan cara mencari pelaku yang dilaporkan akun tersebut.

Namun, kata dia, saat itu sejumlah petugas tidak berhasil melacak pelaku karena sudah kabur atau keluar area TSI.

Pengelola kebun binatang juga sudah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap kuda nil (Hippopotamus amphibius) asal Afrika tersebut.

Kuda nil itu, lanjut dia, sejauh ini aman dan belum ditemukan adanya kelainan kesehatan dalam tubuh hewan mamalia itu.

"Kuda nilnya sudah aman, kami juga sudah melakukan tindakan, tetapi pelaku sudah keburu keluar area, tidak terlacak," jelas dia.

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Instagram, kompas

Baca Lainnya