Sempat Dipecat dari Perusahaan Jepang, Inilah Masa Lalu Abu Janda yang Dipolisikan usai Menyebut Islam Agama Arogan dan Rasisme pada Natalius Pigai

Minggu, 31 Januari 2021 | 06:00
KOMPAS.com/NURSITA SARI

Beginilah masa lalu Permadi Arya alias Abu Janda.

Suar.ID -Masa lalu Abu Janda yang memiliki nama asli Permadi Arya akhirnya terungkap, ternyata sempat dipecat dari perusahaan Jepang!

Seperti diketahui, saat ini nama Abu Janda menjadi sorotan luas setelah pernyataan yang menganggap Islam sebagai agama arogan.

Bahkan, ada desakan agar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo segera menangkapnya.

Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas menyebut bahwa kasus dugaan ujaran kebencian oleh Abu Janda ini sebagai ujian pertama Kapolri.

Baca Juga: Inilah Sosok Abu Janda Alias Permadi Arya, Pendukung Jokowi Yang Dipolisikan Karena Kasus Rasis Kepada Natalius Pigai

"Kasus Abu Janda ini akan menjadi alat ukur bagi masyarakat luas dalam menilai kerja dan kinerja Kapolri yang baru."

"Untuk itu, kita tunggu dan lihat saja sikap dan tindakan dari Kapolri," kata Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas dalam siaran pers yang diterima Tribunnews, Jumat (29/1/2021).

Terpisah, anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi mengecam keras Permadi Arya atau Abu Janda yang menuliskan di akun Twitternya bahwa "Islam Agama Arogan".

Dirinya meminta Abu Janda untuk segera melakukan klarifikasi kepada umat muslim dan mendorong aparat penegakan hukum dapat segera menangkap serta memprosesnya.

Baca Juga: Asal Nyerocos Sebut Islam Agama Pendatang yang Arogan, Abu Janda Dilaporkan Tengku Zulkarnain ke Wapres: Dia Jatuh Murtad!

"Ini bisa terkena Undang-Undang ITE dan ujaran kebencian."

"Hal ini dapat berdampak dan menyebabkan terjadinya gerakan serta perpecahan di tengah masyarakat, khususnya umat muslim di Indonesia" Kata Andi Rio dalam keterangannya, Jumat (29/1/2021).

Diketahui, Permadi Arya atau Abu Janda menuliskan di akun Twitter-nya bahwa agama Islam adalah agama arogan karena menginjak-injak kearifan lokal.

Tribunnews
Tribunnews

Abu Janda

Baca Juga: Minta Anies Baswedan Diproses Hukum usai Hadir jadi Tamu Habib Rizieq, Abu Janda Berikan Pembelaan untuk Ahok dan Raffi Ahmad: Dia Datang ke Petamburan

"Islam memang agama pendatang dari Arab,

Agama Asli Indonesia itu Sunda Wiwitan, Kaharingan dll, dan memang arogan, mengharamkan tradisi asli, ritual orang dibubarkan pake kebaya murtad, wayang kulit diharamkan.

Kalau tidak mau disebut arogan, jangan injak-injak kearifan lokal @awemany," kicaunya lewat akun @permadiaktivis1.

Diketahui, twit tersebut kini telah dihapus.

Baca Juga: Geram saat Ditanya Kebijakan Covid-19, Donald Trump Melontarkan Kata-kata Bernada Rasis kepada Reporter Berdarah China, Langsung Dibanjiri Kecaman Dunia Internasional!

Selain soal Agama Islam Arogan, Abu Janda juga dipersoalkan terkait twitnya yang diduga berbau rasisme kepada eka Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

"Kapasitas Jenderal Hendropriyono: Mantan Kepala BIN, Mantan Direktur Bais, Mantan Menteri Transmigrasi, Profesor Filsafat Ilmu Intelijen, Berjasa di Berbagai Operasi militer.

Kau @NataliusPigai2 apa kapasitas kau? Sudah selesai evolusi belum kau?," cuit Permadi dalam tangkapan layar akun @permadiaktivis1, Sabtu (2/1/2021).

Akibat twit itu, Abu Janda dilaporkan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke Bareskrim Polri, Kamis (28/1/2021).

Baca Juga: Dianggap Rasis Gara-gara Ucapkan Hal Ini, Anak Iis Dahlia Kena Semprot Salah Seorang Selebgram: Seenak Udel Bilang Gak Enak Dilihat!

Masa Lalu Abu Janda

Masa lalu Abu Janda terungkap saat menjadi bintang tamu di E-talkshow Tv One 2017 silam.

Pada kesempatan itu, Abu Janda akhirnya mengungkap apa pekerjaannya sebelum dia terkenal seperti sekarang.

"Dulu saya bekerja di sebuah perusahaan Jepang," katanya.

Baca Juga: Miris, Seorang Siswa Menjadi Korban Bully Diancam dan Dipaksa Cium Kaki Temannya, Orangtua Korban Malah Dibuat Geram saat Lapor ke Sekolah

Saat masih bekerja di perusahaan itu pada 2014, Permadi Arya membuat tokoh fiksi di media sosial berakun Abu Janda al-boliwud.

Apes, saat akun ini semakin populer bos Abu Janda di perusahaan Jepang itu tahu.

"Saya dipanggil dan disuruh memilih, pilih pekerjaan atau jadi Abu janda, dan saya memilih Abu Janda," katanya.

Youtube TV One
Youtube TV One

Abu Janda

Baca Juga: Viral Running Text SPBU di Medan Berisi Hinaan Bernada Rasis kepada Jokowi dan Megawati, Pelaku Menggantinya Pakai HP

Lantas setelah dipecat apa pekerjaan dia sekarang?

Abu Janda mengatakan dirinya kini lebih banyak jadi motivator dan diundang berbagai kelompok diskusi.

Walau demikian, Abu Janda membantah jika dirinya mencari uang dengan profesi sebagai penggiat media sosial.

"Saya tidak cari uang di medsos, saya menolak segala macam endorse," katanya.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Twitter, Youtube, Tribunnews, Tribun Timur

Baca Lainnya