Kerap Dijual Pedagang Nakal, Mulai Sekarang Jangan Pernah Beli Tempe dengan Ciri-ciri Berikut ini Kalau Anda Tak ingin Kecewa!

Minggu, 18 Oktober 2020 | 20:30
freepik

Kerap Dijual Pedagang Nakal, Mulai Sekarang Jangan Pernah Beli Tempe dengan Ciri-ciri Berikut ini Kalau Anda Tak ingin Kecewa!

Suar.ID -Makanan yang satu ini memanglah kerap menjadi lauk ketika makan.

Apalagi kalau bukan tempe.

Seperti yang diketahui, makan tempe ini sangatlah baik bagi kesehatan tubuh.

Tempe pun bisa diolah menjadi beragam masakan yang enak.

Baca Juga: Padahal Sudah Divonis Dokter Menderita Kanker Stadium 4, Wanita ini Akhirnya Malah Sembuh Usai Makan Nanas Secara Rutin, Kok Bisa?

Ketika membeli tempe biasanya ada yang dibungkus dengan daun pisang dan plastik.

Keduanya tidak ada yang salah, hanya saja ada hal-hal yang perlu kita perhatikan sebelum membawa pulang tempe dari pasar.

Mengutip dari kompas.com, seorang koki dari Hotel Santika Cirebon Aguk Prasetiyo membagikan tips memilih tempe yang tepat.

Dengan begitu kalau Moms menemukan tempe dengan 3 tanda ini sebaiknya jangan dipilih.

Baca Juga: Masih Sayang Nyawa, Hentikan Segera Kebiasaan Makan Nasi dan Kentang Balado Bersamaan, Bisa Sebabkan Efek Bahaya ini Pada Tubuh!

1. Warna tempe kecoklatan

Hype.grid.id
Hype.grid.id

Ilustrasi tempe

Perhatikan warna tempe dan jamurnya.

Moms pasti akrab dengan tempe yang memiliki warna kuning dan jamurnya berwarna putih.

Nah, pastikan Moms memilih tempe dengan paduan warna demikian.

Pasalnya Chef Aguk menyebutkan bahwa tempe yang sudah berubah warna menjadi kecolatan artinya sudah mulai mengalami pembusukan.

Baca Juga: Berani Dekati Janda Beranak Satu Hingga Digadang-gadang Akan Segera Nikah Usai Geser Didi Riyadi, Inilah Fakta Perceraian Adit Jayusman dan Sang Mantan Istri yang Mulai Terbongkar ke Publik

2. Mudah hancur

Ciri lain yang perlu Moms hindari yaitu mudah hancur.

Pilihlah tempe yang memiliki tekstur padat serta jamur yang layaknya kapas.

Coba tekan tempe secara perlahan, dan pastikan keras dan tidak mudah hancur.

Hindari tempe yang butirannya sudah mulai terlepas karena kualitasnnya sudah menurun.

Baca Juga: Kerap Bikin Pria Panas-Dingin, Ternyata Anya Geraldine Terang-terangan Pernah Jadi Pelakor: Awalnya Enggak Sengaja Tapi Akhirnya Nyaman

Hindari juga tempe yang agak basah dan mudah patah karena akan cepat busuk.

3. Aroma jamur menyengat

Tempe sendiri memang terbentuk dari proses fermentasi sehingga timbulah jamur putih di sela-selanya.Tetapi tempe yang bagus akan mengeluarkan aroma yang tidak menyegat atau sangit.

Ketika memilih tempe cobalah hirup aromanya, kalau sudah mulai menimbulkan aroma menyengat maka hindari karena artinya sudah mulai mengalami pembusukan.

Baca Juga: Merasa Bundanya Pilih Kasih, Azriel Cemburu Ashanty sampai Menangis Haru karena Aurel: Kalau Aku Bunda Nggak Pernah Nangis

Setelah dibeli pun, pastikan tidak terus menerus disimpan di kulkas.

Perlu diketahui tempe hanya bertahan selama 3-5 hari.

Baca Juga: Tetiba Koar-koar Bongkar Masa Lalu Nella Kharisma, Rupanya Sosok Pedangdut Senior ini Bukan Kaleng-kaleng Loh, Punya Label Rekaman Sendiri!

(Gabriela Stefani)

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul "Ternyata Membeli Tempe Tidak Bisa Sembarangan, Inilah 3 Ciri Tempe Bakal Busuk yang Harus Dihindari".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya