Masih Sayang Nyawa, Hentikan Segera Kebiasaan Makan Nasi dan Kentang Balado Bersamaan, Bisa Sebabkan Efek Bahaya ini Pada Tubuh!

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 17:30
kolase: Pixabay dan Sajian Sedap

Masih Sayang Nyawa, Hentikan Segera Kebiasaan Makan Nasi dan Kentang Balado Bersamaan, Bisa Sebabkan Efek Bahaya ini Pada Tubuh!

Suar.ID -Nasi merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia.

Makanan pokok ini sering jadi pilihan karena mengandung karbohidrat yang bisa membuat kenyang perut.

Karbohidrat ini tak cuma terkandung dalam nasi, namun juga dalam kentang.

Mengutip laman Kompas.com, nasi juga sering disebut makanan pokok yang tidak sehat.

Baca Juga: Masih Sayang Nyawa, Segera Stop Minum Teh Panas Mulai Sekarang, Ternyata Kebiasaan ini Bisa Sebabkan Penyakit Mengerikan ini!

Hal ini karena nasi putih terbuat dari beras yang mengalami proses penggilingan sehingga lapisan pelindung, dedak, dan inti yang kaya nutrisi di dalamnya hilang.

Itu sebabnya, nasi putih selalu diklaim sebagai bahan makanan yang mengandung kalori kosong serta rendah nutrisi.

Nasi putih juga kaya akan kandungan gula sehingga berpotensi meningkatkan risiko diabetes.

Baca Juga: Awalnya Coba Iseng Minum Madu Setelah Divonis Dokter Kanker Paru Stadium Akhir, Pria ini Akhirnya Terkejut Setelah Rasakan Hal Menakjubkan ini Pada Tubuhnya, Sungguh Ajaib!

Bahaya Makan Nasi dan Kentang Balado Bersamaan

Adapun untuk kentang, menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung karbohidrat, serat, serta berbagai jenis vitamin dan mineral.

Meski tak semua orang suka kentang, banyak olahan kentang yang sering disajikan.

Kentang memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition mengungkapkan bahwa satu buah kentang dapat memberikan 8 persen dari nilai harian serat setiap harinya.

Baca Juga: Bak Petir Di Siang Bolong, Ahmad Dhani Tiba-tiba Minta Nama Channel YouTube Milik Maia Estianty Diganti Padahal Sudah Bukan Apa-apanya Lagi, Ternyata Begini Cerita Di Baliknya

Salah satu olahan kentang yang jadi favorit masyarakat Indonesia adalah kentang balado.

Meskipun sama-sama karbohidrat, faktanya banyak orang yang menyantap sepiring nasi dengan kentang balado sebagai lauknya.

Tribunnews.com
Tribunnews.com

Jangan lagi makan nasi bersamaan dengan kentang balado

Makan karbohidrat bersama karbohidrat, bagaimana jadinya?

Dilansir Grid.ID dari laman Grid Health, perlu diketahui, selain tinggi akan kadar karbohidrat, nasi dan kentang juga punya indeks glikemik yang tinggi.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Lesty Kejira Tiba-tiba Temui Rizki DA di Bali, Rizky Billar Mengaku Tak Tahu: Memang Mereka di Bali?

Diwartakan Mayo Clinic, indeks glikemik (IG/GI) adalah satuan untuk menunjukkan kemampuan dari satu makanan untuk meningkatkan gula darah setelah dikonsumsi.

Semakin tinggi suatu GI, tentu saja ini memiliki dampak terhadap kenaikan kadar gula darah.

Sumber karbohidrat dengan angka indeks glikemik yang rendah, yaitu di bawah 55 disebut sebagai sumber karbohidrat yang baik.

Freepik.com

Nasi Putih

Lantas, berapa nilai indeks glikemik yang dimiliki oleh nasi dan kentang?

Baca Juga: Pantas Saja Bikin Nikita Willy Klepek-klepek, Pria yang Berhasil Kawini Sang Pesinetron Ini Ternyata Bukan Orang Sembarangan, Sumber Uangnya Tercecer Di Mana-mana

Ternyata kedua makanan ini punya nilai indeks glikemik yang sangat tinggi, yaitu 73 untuk nasi putih dan 78 untuk kentang.

Karena nilai indeks glikemik keduanya yang tinggi, maka sebaiknya tidak mengonsumsi kentang dan nasi secara bersamaan.

Pasalnya jika dilakukan bersamaan, apalagi sering, akan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Hal ini karena gula darah yang naik dengan cepat.

Baca Juga: Bak Roda Berputar, 7 Artis Ini Kini Hidup Bergelimang Harta, Padahal Ternyata Hidupnya Sengsara dan Penuh Lika-liku

Ketika gula darah naik, pankreas akan memproduksi hormon insulin untuk menurunkan gula darah.

Jika hal ini terjadi, tubuh bisa kehilangan respons terhadap insulin, yang menyebabkan meningkatnya risiko diabetes tipe 2 tersebut.

Mengonsumsi kentang dan nasi dalam satu piring juga bisa menyebabkan munculnya risiko obesitas, karena gula pada keduanya mengandung banyak kalori.

Kalori yang berlebih ini akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak, terlebih kalau kita kurang bergerak, maka lemak tidak akan terbakar.

Baca Juga: Merek 'I am Geprek Bensu' Ditutup oleh Dirjen KI Kemenkumham, Benny Sujono Layangkan Gugatan

Perlu diingat bahwa mengonsumsi nasi dan kentang secara bersamaan memang sebaiknya dihindari, agar tubuh tidak kelebihan kalori.

Akan tetapi, jika kita ingin makan nasi dan kentang bersamaan sekali-kali harus mengikuti beberapa aturannya.

Misalnya, menyesuaikan porsi asupan karbohidrat yang kita konsumsi setiap hari.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui berapa kebutuhan karbohidrat kita masing-masing.

Jangan sampai terlalu banyak atau terlalu rendah.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Tak Tepati Janji, BCL Pun Langsung Ngambek kepada Ariel NOAH, Sampai Bilang Begini | Waduh, Adik Bungsu Raffi Ahmad Tak Tenang Karena Terima Teror Berkali-kali Di Rumah Barunya

(Devi Agustina)

Artikel Telah Ditayangkan di grid.id dengan Judul, "Stop Makan Nasi dan Kentang Balado Secara Bersamaan Kalau Nggak Mau Tubuh Kena Bahaya Ini".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya