Lakukan Video Call dengan Seorang Guru SMP, Begini Pesan yang Disampaikan Presiden Jokowi

Sabtu, 12 September 2020 | 19:30
Tangkap layar Youtube Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi melakukan video call bersama seorang Guru SMP di Padang dan berikan pesan ini.

Suar.ID -Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada para guru agar memotivasi anak untuk tetap semangat belajar di tengah pandemi.

Jokowi menyebut hal itu merupakan yang penting untuk terus dilakukan saat ini.

“Yang paling penting memang bagaimana memotivasi anak agar semangat belajar dalam masa pandemi ini tetap pada posisi yang baik,” kata Jokowi saat berbincang dengan seorang guru asal Padang, Rika Susi Waty, melalui panggilan video yang diunggah di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (11/9/2020).

Rika Susi Waty diketahui merupakan pengajar di SMP Negeri 7 Padang.

Baca Juga: Ayo Segera Dilakukan, kalau Ingin Mendapatkan Kuota Internet Gratis dari Pemerintah, Kepala Sekolah harus Menyetor Nomor Ponsel Siswanya, Ini Batas Tanggal Terakhirnya

Jokowi menanyakan mengenai bagaimana aktivitas belajar-mengajar selama pandemi ini dilakukan.

“Kita sudah enam bulan kegiatan belajar anak-anak ini lewat cara belajar online sampai sekarang, bagaimana menurut Ibu?” tanya Jokowi.

Rika diketahui juga menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Ia menjelaskan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan.

Baca Juga: Netizen Ikutan Baper, Perlakuan Manis Nicholas Saputra ke Pacar saat SMA Viral, Dibongkar Sosok yang Mengaku Teman Sekolah Sang Aktor

Namun menurutnya, pembelajaran daring yang dilakukan membuatnya sedikit kesulitan untuk memantau perkembangan belajar anak didiknya secara langsung.

“Kita enggak bisa memantau anak itu mampu atau tidak ya, karena kita enggak bisa (bertemu) langsung begitu, Pak,” jawab Rika.

Jokowi kemudian bertanya apakah seluruh siswa atau orangtuanya memiliki gawai yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran secara daring.

Rika menjawab memang beberapa anak didiknya mulanya tidak dapat mengikuti pembelajaran daring oleh karena ketiadaan gawai yang dapat mereka gunakan.

Antara Foto
Antara Foto

Sekolah di masa new normal.

Baca Juga: Viral Siswi SMA Frustasi dan Curhat Tugas Sekolah Menumpuk selama Belajar dari Rumah: The Tugas is Numpuk, Very Otak Ngebul, Mendingan Tidur

Namun, Rika menyampaikan pihak sekolah mencarikan solusi dan memfasilitasi para siswa tersebut untuk dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki sekolah.

“Kebetulan kita data betul anaknya, terus kita cek anaknya ke rumah, memang tidak mampu, jadi kita fasilitasi ke sekolah Pak, pakai komputer sekolah, ada beberapa orang, enggak banyak,” tuturnya.

Untuk memotivasi anak didiknya, Rika terbiasa menghubungi para murid melalui panggilan video atau pesan suara.

Dari perbincangannya dengan para muridnya itu, Rika menyampaikan kebanyakan siswa ingin segera kembali beraktivitas di sekolah.

Baca Juga: Pendaftaran Diperpanjang, Begini Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Pemerintah bagi Siswa dan Mahasiswa untuk Belajar Online

“Kalau saya pribadi ya Pak, kadang saya video call atau saya kirim pakai voice note, cuma anak-anak ngomongnya gini, 'jadi kangen sekolah, semuanya',” ujar Rika.

“Ya, yang saya dengar semuanya seperti itu,” jawab Jokowi.

Jokowi kemudian menyampaikan untuk saat ini pembelajaran secara tatap muka masih belum dapat dilakukan.

Pemerintah tetap mengutamakan keselamatan anak dan masyarakat dari penyebaran Covid-19.

Serambi News
Serambi News

Kebijakan pembelajaran jarak jauh yang diterapkan pemerintah dinilai kurang efektif karena banyak anak sekolah di kampung yang tidak memiliki hp.

Baca Juga: Udah Enggak Ada Akhlak, Ibu Guru Kirim Foto Panas dan Rayu Muridnya, Bahkan sampai Berhubungan Intim di Lapangan Sekolah

Jokowi pun menitipkan pesan kepada Rika agar tetap semangat menyampaikan pelajaran kepada para peserta didiknya.

“Memang alangkah baiknya kalau tatap muka, tapi masa pandemi seperti ini memang risikonya kalau nanti anak terpapar Covid ya semuanya menjadi salah."

"Bu Rika tetap semangat, tetap semangat, salam semua untuk anak-anak,” ungkap Jokowi.

(Tribunnews)

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Tribunnews, Youtube Sekretariat Presiden

Baca Lainnya