Terkenal Suka Nyinyir ke Pemerintah, Ini Alasan Fahri Hamzah dan Fadli Zon Bakal Dapat Penghargaan Bintang Tanda Jasa dari Presiden Jokowi

Selasa, 11 Agustus 2020 | 18:30
Twitter @dianakimaulana

Fahri Hamzah dan Fadli Zon akan mendapatkan bintang tanda jasa dari Presiden Jokowi.

Suar.ID -Walau terkenal bermulut pedas, nyatanya ada beberapa hal yang membuat Fahri Hamzah dan Fadli Zon memenuhi syarat untuk menerima Bintang Tanda Jasa dari Presiden Jokowi.

Belakangan ini publik dihebohkan dengan pengumuman pemerintah yang akan memberi dua tokoh tersebut penghargaan.

Selama inikeduanya dikenal sebagai orang yang kerap mengkritik Jokowi dengan keras saat menjadi Wakil Ketua DPR periode 2014-2019.

Baca Juga: Sudah Mau Cair! Gaji ke -13 ASN Tinggal Tunggu Tanda Tangan Presiden Jokowi

Menko Polhukam Mahfud MD yang mengumumkan bahwa Presiden Jokowi akan memberikan bintang tanda jasa kepada Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

Melalui akun Twitter @mohmahfudmd, Senin (10/8), Mahfud MD mengatakan, keduanya mendapatkan Bintang Mahaputra Nararya.

Pemberian bintang tanda jasa tersebut diberikan dalam rangka peringatan HUT ke-75 RI.

"Dalam rangka HUT Proklamasi RI ke 75, 2020, Presiden RI akan memberikan bintang tanda jasa kepada beberapa tokoh dalam berbagai bidang," tulis Mahfud.

"Fahri Hamzah @Fahrihamzah dan Fadli Zon @fadlizon akan mendapat Bintang Mahaputra Nararya. Teruslah berjuang untuk kebaikan rakyat, bangsa, dan negara."

Baca Juga: Sekarang Saja Sudah Parah Banget, Jokowi Meminta Masyarakat Indonesia Waspada Terhadap Gelombang Kedua dari Virus Corona

Penghargaan tersebut diberikan kepada Fahri dan Fadli karena telah menuntaskan jabatan sebagai Wakil Ketua DPR periode 2014-2019.

Fadli merupakan Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Gerindra.

Sementara Fahri merupakan Wakil Ketua DPR dari Fraksi PKS.

"Rakyat 'dianggap' mendapat manfaat atas perjuangan dan jasa mereka," lanjut Mahfud.

"Setiap menteri dan pimpinan lembaga negara yang purnatugas satu periode mendapat bintang tersebut."

Saat dihubungi, Fahri mengaku sudah mendapatkan informasi perihal penghargaan tersebut dari DPR sejak beberapa waktu lalu.

Dia menyebutkan, penghargaan itu diberikan kepada dirinya karena telah memimpin DPR selama lima tahun.

"Dalam perspektif pemberitahuan yang diberikan DPR kepada kami adalah itu pengusulannya karena memimpin lembaga negara, yaitu DPR," kata Fahri.

Baca Juga: Covid-19 di Indonesia Meledak dan Mencatat Rekor Baru Lebih dari 2000 Kasus per Hari, Presiden Jokowi Berikan Peringatan Keras bagi Seluruh Rakyat Mengenai Gelombang Kedua Virus Corona: Kita Harus tetap Waspada akan Ketidakpastian Ekonomi Global

Fahri menjelaskan, dirinya menjadi anggota DPR selama 15 tahun atau sejak 2004-2019.

Dia menjabat sebagai pimpinan DPR pada 2014-2019.

"Saya sendiri memang 15 tahun menjadi anggota DPR dan beberapa tahun menjadi anggota MPR dalam transisi Presiden Habibie ke Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur)," ujar dia.

Respons Istana

Secara terpisah, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan, pemberian bintang tanda jasa kepada anggota DPR Fadli Zon dan mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah sudah melalui prosedur.

Dia memastikan pemberian bintang tanda jasa juga telah melalui proses seleksi dari tim pemberian tanda jasa.

Baca Juga: Tok! Presiden Jokowi Resmi Bubarkan 18 Lembaga Negara, Ini Daftarnya

Dalam proses seleksi tersebut, Heru mengatakan, ada sejumlah tahapan seperti verifikasi berbagai capaian dan kontribusi kepada negara yang telah dilakukan oleh calon penerima bintang tanda jasa.

"Yang pasti ada seleksi kan, dan tim pemberian tanda jasa. Sekretarisnya Pak Sesmil (Sekretaris Militer Presiden). Tentunya ada berbagai persyaratan," kata Heru saat dihubungi, Senin (10/08).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulSaat Dua Pengkritik Jokowi Dapat Bintang Tanda Jasa...

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya