Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Petai Alias Pete Bisa Jadi Obat Alami Bagi Tubuh, Satu Diantaranya Kontrol Gula Darah dan Jantung!

Sabtu, 25 April 2020 | 20:15
Freepik

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Petai Alias Pete Bisa Jadi Obat Alami Bagi Tubuh, Satu Diantaranya Kontrol Gula Darah dan Jantung!

Suar.ID -Petai merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia.

Meski menyebabkan bau yang sangat menyengat, ternyata petai bisa menjadi obat alami.

Salah satunya adalah untuk menurunkan kadar gula darah.

Banyak orang di Indonesia juga sangat suka petai karena tak lengkap jika makan sambal tak ada petai.

Baca Juga: Pernah Termakan Mulut Manis Vicky Prasetyo Bahkan Sempat Hampir Nikah, Pedangdut Cantik ini DIam-diam Menikah dengan Duda Tajir Mantan Suami Bintang Sinetron

Selain itu, petai juga sering dicampurkan dengan berbagai menu masakan seperti kentang balado, cumi, tumis ikan asin dan sebagainya.

Bukan hanya untuk lauk makan, petai juga ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.

Nah, deretan manfaat petai ini bisa dijadikan obat alami beberapa penyakit, seperti berikut.

Tidak hanya di Indonesia, petai juga umum ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Baca Juga: Pernah Jadi Mantan Baim Wong, Sosok Cantik Ini Ternyata Punya Suami Bule yang Bukan Orang Sembarangan, Sudah Langganannya Film Hollywood

Di beberapa negara tersebut, sayuran dengan nama latin Parkia speciosa ini juga digunakan sebagai obat herbal tradisional karena diyakini bisa mengatasi berbagai penyakit.

Dilansir Tribuncirebon.com dari alodokter.com, inilah manfaat-manfaat petai bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi dalam Petai

Telegraph via grid.id

ilustrasi petai

Meski memiliki bau yang khas dan menyengat, petai mengandung 90-150 kalori. Selain itu, petai juga diketahui mengandung beberapa nutrisi, seperti:

Baca Juga: Nekat Mundur dari Posisi Stafsus Presiden Jokowi, ternyata Sebegini Jumlah Kekayaan Andi Taufan yang Dijamin Bikin Kita Melongo!

-Protein.

-Karbohidrat

-Serat.

-Lemak.

-Mineral, seperti kalsium, mangan, kalium, zat besi, fosfor, zinc, magnesium, dan tembaga.

-Beberapa jenis vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B1, dan vitamin E.

Baca Juga: Pernah Hamil Di Luar Nikah dengan Putra Seorang Jendral Polisi, Ayu Ting Ting Diterawang Sosok ini Akan Dapatkan Duda Tajir: Serem Banget Lu, Roy!

Selain nutrisi tersebut, petai juga kaya akan antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, tanin, dan superoxide dismutase (SOD).

Ragam Manfaat Petai untuk Kesehatan

Melihat banyaknya nutrisi yang terkandung pada petai, maka tidak heran bila petai memberikan ragam manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat petai yang bisa Anda peroleh:

1. Mengontrol gula darah

Kadar gula darah tinggi merupakan salah satu tanda penyakit diabetes.

Jika dibiarkan berkepanjangan, kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang berbahaya.

Baca Juga: Ternyata Wanita Cantik Inilah yang Membuat Zuraida Hanum Nekat Menghabisi Nyawa Suaminya Sendiri, Istri Hakim Medan Jamaluddin: Kau Inilah Alasanku Sakit Hati dan Membunuh Korban!

Oleh karena itu, penting untuk mengontrol kadar gula darah guna mencegah penyakit diabetes dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi diabetes.

Gula darah bisa dikontrol dengan rutin olahraga serta mengonsumsi makanan sehat dan membatasi asupan gula.

Salah satu makanan yang dipercaya baik untuk mengontrol gula darah adalah petai.

Ini berkat kandungan antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol pada petai yang dapat menjaga agar gula darah tidak melonjak.

Baca Juga: Terlalu Baik malah Berujung Apes, 2 Warga Aceh Ini Nekat Menolong Ambulans yang Terperosok, tanpa Disadari ada Hal yang tak Terduga di Dalamnya! Begini Endingnya

2. Melawan radikal bebas

Petai merupakan salah satu makanan dengan kadar antioksidan tinggi yang bisa menangkal dampak radikal bebas pada sel-sel tubuh.

Kerusakan sel akibat radikal bebas ini bisa menimbulkan beragam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, katarak, penuaan dini, dan diabetes.

3. Menyehatkan saluran pencernaan

Petai merupakan sumber serat yang baik. Dengan memenuhi asupan serat yang cukup, Anda akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit.

Selain itu, serat juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk makan berlebihan dan ngemil bisa berkurang.

Hal ini menjadikan petai sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Baca Juga: Tak Cuma Tega Merudapaksa Putri Kandungnya Sendiri, Pria ini Juga Lakukan Hal Bejat ini Ke-3 Anak Saudaranya, Aksi Pelaku Terungkap Setelah Sang Tante Lihat Chat WA Korban

4. Menjaga kesehatan jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh guna menunjang kelangsungan hidup. Karena perannya begitu penting, kesehatan jantung harus senantiasa dijaga.

Salah satu makanan yang dianggap baik untuk jantung adalah petai.

Ini berkat kandungan serat, antioksidan, serta kalium di dalam petai. Kalium merupakan elektrolit dan mineral yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Sedangkan serat dan antioksidan pada petai dapat membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung.

Baca Juga: Sebelumnya Sempat Viral Warga yang Dipukuli RT Hingga Bonyok Cuma Gara-gara Tanya Soal Bansos, Begini Klarifikasi Camat:...

5. Mengatasi infeksi

Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak petai terlihat dapat membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi.

Temuan ini memberi petunjuk bahwa petai berpotensi sebagai antibakteri dan antijamur.

Akan tetapi, data tersebut belum dapat menyimpulkan bahwa manfaat petai terbukti efektif dan aman digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi.

Ada banyak manfaat petai bagi kesehatan yang tidak kita sadari. Sayangnya, beberapa manfaat petai tersebut baru diketahui melalui beberapa penelitian berskala kecil.

Oleh sebab itu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat petai secara medis sebagai pengobatan.

Baca Juga: Lakukan Telewicara dengan Shinzo Abe, Presiden Jokowi Berterima Kasih karena telah Diberikan Bantuan yang Sangat Dibutuhkan Indonesia saat Ini oleh PM Jepang

(Mutiara Suci Erlanti)

Artikel ini telah tayang di Tribuncirebon.com dengan judul "Jarang Diketahui, Inilah Sejumlah Manfaat Petai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengontrol Gula Darah".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya