Follow Us

Lakukan Telewicara dengan Shinzo Abe, Presiden Jokowi Berterima Kasih karena telah Diberikan Bantuan yang Sangat Dibutuhkan Indonesia saat Ini oleh PM Jepang

Ervananto Ekadilla - Sabtu, 25 April 2020 | 12:15
Presiden Jokowi ucapkan terima kasih kepada PM Jepang Shinzo Abe karena telah diberikan hal ini.
Kompas.com

Presiden Jokowi ucapkan terima kasih kepada PM Jepang Shinzo Abe karena telah diberikan hal ini.

Suar.ID - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe melakukan telewicara dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo, Kamis (23/4/2020).

Keduanya berbincang sekitar 20 menit pada Kamis siang, seperti dikutip dari keterangan Kedutaan Besar Jepang, Jumat (24/4/2020).

Banyak hal dibicarakan dua pimpinan negara tersebut, satu diantaranya adalah bantuan untuk Indonesia dalam penanganan pandemi virus corona atau Covid-19.

Diketahui negara berjuluk matahari terbit itu menyalurkan bantuan melalui WHO senilai 1,5 miliar yen atau sekitar Rp 224 miliar, kepada negara berkembang yang terdampak Covid-19 termasuk Indonesia.

Kyodo

Baca Juga: Dikenal sebagai Boneka Pembawa Keberuntungan dari Jepang, Inilah Asal-usul Daruma yang Terinspirasi dari Sosok yang Hidup 1.500 Tahun yang lalu

Berikut isi pembicaraan keduanya :

1. Pada awal pembicaraan, Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Jepang atas bantuan selama ini termasuk kerjasama dalam proses evakuasi awak Indonesia di kapal pesiar Diamond Princess dan penanganan wabah Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Perdana Menteri Abe menyampaikan rasa bela sungkawa atas wafatnya almarhumah Ibunda Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Perdana Menteri Abe juga menyampaikan rasa hormat kepada Presiden Joko Widodo karena rakyat Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, sedang bersatu memerangi wabah Covid-19.

2. Selanjutnya Perdana Menteri Abe menjelaskan upaya-upaya yang diambil Pemerintah Jepang untuk mengatasi wabah Covid-19 serta mengatakan bahwa Pemerintah Jepang telah memberi bantuan teknis kepada tenaga medis Indonesia serta bantuan material terhadap sarana medis di Indonesia melalui organisasi internasional termasuk WHO dan UNICEF.

Source : Tribunnews

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest