Warga Bogor-Jakarta Dikejutkan Suara Dentuman Misterius, Rupanya Bukan dari Gunung Anak Krakatau!

Sabtu, 11 April 2020 | 09:30
Dok. Twitter Dr. Devy Kamil Syahbana @volcanohawk

Gunung Anak Krakatau meletus Jumat 10 April 2020 malam. Gunung Anak Krakatau Meletus, Abu Tebal Menyembur hingga Pulau Sebesi.

Suar.ID -Pada Jumat (10/4) malam, Anak Gunung Krakatau di Selat Sunda meletus hingga 2 kali.

Bahkan letusan ini sampai mengeluarkan lava dan abu vulkanik ke sebagian Lampung.

Namun pada Sabtu (11/4) dini hari atau 2 jam berikutnya, warga di wilayah Bogor dan juga sebagian Jakarta mendengar suara dentuman misterius.

Tapi saat dikonfirmasikan, baik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) maupun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementrian ESDM, belum bisa memastikan asal dentuman misterius tersebut.

Baca Juga: Pernah Remehkan Corona, Warga Wuhan Sepelekan Covid-19 hingga Akhirnya Renggut Ribuan Nyawa: 'Paling Setengah Bulan Sembuh'

Dilansir Tribunnews.com, Kementrian ESDM melalui laman resmi msgms.vsi.esdm.go.id melaporkan kalau letusan Anak Gunung Krakatau terjadi pada pukul 21.58 WIB.

Estimasi kolom abu dari letusan ini sendiri mencapai 357 meter di atas permukaan laut.

Sedangkan letusan kedua terjadi pada pukul 22.35 WIB, dengan estimasi kolom abu mencapai ketinggian 657 meter di atas permukaan laut.

Bahkan suara letusan dan abu tebal sampai terasa di wilayah Kalianda, Lampung selatan.

Baca Juga: Sering Dibuang Karena Dianggap Tidak Sehat, Air Rebusan Mie Instan Rupanya Punya Manfaat Luar Biasa yang Perlu Anda Tahu Lo!

Tak cuma itu, hal ini pun sempat membuat warga ke luar rumah untuk mengamati situasi.

Sedangkan sebagian lainnya lebih memilih untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Namun yang aneh setelah letusan Anak Krakatu ini di sekitar pukul 10.40 WIB hingga lebih pukul 03.00 WIB kembali terdengar terdengar suara dentuman misterius.

Dentuman misterius ini sendiri terdengar di wilayah Bogor, Jawa Barat hingga sebagian Jakarta.

Baca Juga: Persis Seperti Meninggalnya, Pernikahan Glenn Fredly dengan Mutia Ayu Juga Diam-Diam, Tiba-Tiba Kasih Kabar Bahagia, Begini Awal Mulanya

Banyak warganet sampai melaporkan mendengar dentuman tersebut di akun Twitter BNPB yang diduga berkaitan dengan meletusnya Gunung Anak Krakatau.

Dari pantauan awak Tribun di kawasan Citayam, Kabupaten Bogor, suara dentuman misterius in terdengar berkali-kali dengan interval 15 detik hingga 20 detik.

Dentuman ini bahkan sampai membuat pintu dan jedela rumah warga bergetar.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan kalau belum mengetahui pasti sumber suara dentuman misterius ini.

Baca Juga: Perut Buaya Dibedah, Bocah 7 Tahun Tewas Dimakan, Keluarga Histeris, Korban Awalnya Sempat Hilang

Meski begitu, dari pengamatan Kepala Stasiun Geofisika BMKG di Bandung, dilaporkan kalau tidak ada kejadian gempa yang signifikan pada kisaran waktu terdengarnya dentuman tersebut.

twitter/@BNPB_Indonesia
twitter/@BNPB_Indonesia

Rekaman CCTV letusan Gunung Anak Krakatau pada Jumat (10/4/2020) malam. Gunung Anak Krakatau Meletus, Abu Tebal Menyembur hingga Sejauh 19 Kilometer.

"Dari monitoring gempa bumi yang dilakukan oleh Stasiun GeofisikaBMKGdi Bandung, dilaporkan tidak ada kejadian gempa signifikan," kata Dwikorita melalui pesan singkat.

Ia pun sempat menyarankan untuk mengkonfirmasi hal ini ke pihak PVMBG Kementrian ESDM.

Namun saat dikonfirmasikan ke pihak PVMBG juga belum bisa memastikan asal sumber dentuman misterius ini.

Baca Juga: Ungkit Kembali Kasus Prostitusi Online, Vanessa Angel Akui Konsumsi Pil Xanax untuk Obati Stres

Menurut Kepala Bidang Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan mengatakan kalau suara dentuman misterius ini diduga kuat bukan berasal atau bahkan berkaitan dengan erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

Ini dikarenakan erupsi Gunung Anak Krakatau yang terjadi kali ini relatif kecil.

"Saya kira bukan (karena Gunung Anak Krakatau). Itu terlalu jauh," kata Hendra dalam wawancaranya di Radio Elshinta.

Selain itu Hendra juga menyebutkan kalau tipikal erupsi Gunung Anak Krakatau saat ini dengan kondisi gas yang relatif sedikit dan lebih bersifat aliran.

Baca Juga: VIRAL, Wanita Ini Geram Lihat Suaminya Mandi bareng Sosok Berambut Panjang, Setelah Didekati Ternyata Ini yang Terjadi, Sang Suami Cengar-Cengir Saja

Karenanya, menurut Hendra, agak tidak mungkin kalau suara dentuman yang terdengar oleh warga Jabodetabek ini berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Sementara itu petugas di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau sendiri yang berada di dekat Pantai Carita justru tak mendengar suara dentuman misterius ini.

"Secara instrumental tekanannya tidak terlalu besar, sehingga wajar jika tidak terjadi dentuman di pos pengamatan di Pantai Carita. Jadi aneh juga kalau terdengar sampai Depok dan Bogor karena yang dekat saja enggak kedengaran," katanya.

Baca Juga: Lagi, Peramal Mbak You Beri Peringatan Keras Soal Tahun 2020, Buru-Buru Dia Meminta Kita Insaf: Zinanya dan Narkoba Dibuang Jauh Ya ...

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya