Bak Petir di Siang Bolong, BMKG Tiba-tiba Umumkan Potensi Gempa Dahsyat dan Tsunami di Wilayah ini, Segini Kira-kira Tinggi Ombaknya

Minggu, 01 Maret 2020 | 18:30
Tangkap layar Instagram/infobmkg

Bak Petir di Siang Bolong, BMKG Tiba-tiba Umumkan Potensi Gempa Dahsyat dan Tsunami di Wilayah ini, Segini Kira-kira Tinggi Ombaknya

Suar.ID -Seperti yang diketahui, Indonesia adalah negara yang sering kali dilanda gempa bumi.

Ini dikarenakan Indonesia terletak tepat diwilayah cincin api pasifik.

Beberapa waktu lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahkan mengungkapkan potensi adanya gempa bumi dahsyat hingga bisa memicu Tsunami di Sukabumi.

Dalam akun Instagram resmi BMKG, @infobmkg, diperlihatkan ilustrasi adanya tsunami yang menyeramkan.

Baca Juga: 2 Hal ini Disebut-sebut Ahli Corona Indonesia yang Buat Warga Indonesia Tak Terinfeksi, Apa Sajakah itu?

Dalam caption, pihak BMKG menjelaskan soal potensi zona megathrust yang dapat memicu gempa dan tsunami di Sukabumi.

Menurutnya, pesisir Sukabumi secara tektonik berhadapan dengan zona megathrust Samudra Hindia.

Zona tersebut merupakan zona subduksi lempeng aktif dengan aktivitas kegempaan yang tinggi.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa, wilayah di Jawa Barat dan Banten beberapa kali mengalami gempa dengan kekuatan yang besar seperti gempa pada 22 Januari 1780 (M=8.5), 27 Februari 1903 (M=8.1), dan 17 Juli 2006 (M=7.8).

Baca Juga: Segala Upaya Pencegahan Dilakukan, Kim Jong Un Ancam Jika Sampai Virus Corona Infeksi Korea Utara, Akan Ada 'Konsekuensi Serius'

Tak disangka, menurut hasil kajian dari BMKG tahun 2011, zona megathrust selatan Sukabumi bisa memicu gempa hingga magnitudo 8,7, Moms.

Lebih lanjut, pihaknya mengaku tak bermaksud untuk menakut-nakuti warga namun hal itu menjadi peringatan bagi pemerintah agar segera menyiapkan upaya mitigasi bencana.

"Bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan agar pemerintah daerah segera menyiapkan upaya mitigasinya secara tepat, baik mitigasi struktural (teknis) maupun kultural (non teknis)," jelasnya.

Baca Juga: Pergoki Ibunya Menangis Semalam Suntuh karena Baru Saja Keguguran, Putra Sulung Raffi Ahmad Ini Langsung Lakukan Ini kepada Nagita Slavina, Mengharukan

BMKG juga menjeskan bahwa gempa yang bisa terjadi dengan kekuatan magnitudo 8,7 bisa menghancurkan berbagai bangunan.

Jika dimasukkan skenario model tsunami, maka wilayah Pantai Sukabumi diperkirakan berpotensi mengalami status ancaman “AWAS” dengan tinggi gelombang di atas 3 meter.

BMKG menegaskan, bahwa kekuatan gempa mencapai magnitudo 8,7 yang telah dijelaskan sebelumnya adalah hasil dari kajian bukan prediksi.

"Namun demikian, satu hal penting yang harus dipahami oleh masyarakat bahwa besarnya magnitudo M=8,7 tersebut diatas *adalah potensi hasil kajian dan bukan prediksi*," terangnya.

Baca Juga: Baru Saja Ditinggalkan Ashraf Sinclair, Begini Kekaguman Sang Adik Ipar pada Bunga Citra Lestari: Hatimu Akan Sembuh

"*Hingga saat ini teknologi belum mampu memprediksi dengan tepat dan akurat kapan* gempa akan terjadi.Untuk itu, di tengah ketidakpastian kapan akan terjadi gempa yang berpotensi memicu tsunami, maka yang perlu dilakukan adalah upaya mitigasi dengan menyiapkan langkah-langkah kongkrit untuk meminimalkan risiko kerugian sosial, ekonomi, dan korban jiwa seandainya gempa benar terjadi," tegas BMKG.

Melihat unggahan tersebut, banyak warganet yang memanjatkan doa.

"Semoga ini tidak akan terjadi untuk saudar² kita yg ada disana aminnn," tulis @bangbenz10.

Baca Juga: Masih Ingatkah Anda dengan Pria yang Lakukan Pemukulan Kepada Supir Ambulan? Rumornya Anggota DPR, Begini Faktanya...

"Bismillah semoga Allah selalu melindungi bangsa Ini terutama saya dan masyarakat sukabumi jabar..," komentar @hafida_yossi.

"Semoga kita semua di lindungi oleh tuhan yg maha kuasa...," tulis @donyiki0229.

Baca Juga: Dikeroyok 10 Orang, Perampok Angkot di Bandung Ini Masih Sehat Walafiat Tak Terluka Sedikit pun, Ternyata Dia Menyimpan Benda Keramat dan Menyeramkan Ini

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul "BMKG Tiba-tiba Umumkan Potensi Gempa Bumi Dahsyat dan Tsunami di Wilayah Ini, Pemda Diminta Waspada!".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya