Follow Us

Segala Upaya Pencegahan Dilakukan, Kim Jong Un Ancam Jika Sampai Virus Corona Infeksi Korea Utara, Akan Ada 'Konsekuensi Serius'

Rina Wahyuhidayati - Minggu, 01 Maret 2020 | 14:00
North Korea's leader Kim Jong Un arrives by train at the border town with China in Dong Dang, Vietnam, February 26, 2019. REUTERS/Stringer NO RESALES. NO ARCHIVES.
X80002

North Korea's leader Kim Jong Un arrives by train at the border town with China in Dong Dang, Vietnam, February 26, 2019. REUTERS/Stringer NO RESALES. NO ARCHIVES.

Suar.ID - Kim Jong Un, pemimpin dikataktor Korea Utara beri peringatan tak main-main pada para pejabat tingginya.

Jika sampai virus corona menginfeksi ke Korea Utara, Kim Jong Un mengancam akan 'konsekuensi serius'.

Pernyataan itu Kim sampaikan dalam pertemuan Partai Buruh Korea, demikian laporan yang disampaikan kantor berita Korut (KCNA).

Dalam pertemuan itu, Kim Jong Un menekankan, pencegahan virus corona adalah "masalah krusial dalam negeri" yang membutuhkan kedisiplinan tinggi.

Baca Juga: Model Cantik Rela Hidup Terisolasi Demi Temani Pacar di Wuhan, Beberkan Rasanya Hidup Terkurung dan Kekurangan Makanan

"Jika sampai virus itu masuk dan menjangkiti Korea Utara secara tidak tekendali, bakal ada konsekuensi serius," jelas Kim, dikutip dari AFP, Sabtu (29/2/2020).

Dua petinggi senior, wakil ketua partai Ri Man Gun dan Pak Thae Dok, dipecat dan unit partainya dibubarkan karena terindikasi korupsi.

Dalam laporan yang beredar, mereka terindikasi terlibat penyuapan yang berkaitan dengan upaya untuk memerangi epidemik tersebut.

Baca Juga: NASA Merilis Foto-Foto Satelit Daratan China Sejak Dilanda Wabah Virus Corona, Fakta Mengejutkan Terungkap

Kim menyatakan, dirinya tidak ingin sampai ada laporan warganya terinfeksi virus, dan memerintahkan jajarannya menutup segala peluang bagi penyakit itu masuk.

Pyongyang hingga saat ini masih belum melaporkan satu pun kasus virus yang sudah membunuh lebih dari 2.800 orang dan menginfeksi 84.000 lainnya.

Segala kebijakan diterapkan untuk menangkal Covid-19, nama resmi penyakitnya, di antaranya melarang turis asing hingga meliburkan tahun ajaran baru sekolah.

Source : Kompas.com

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest