Ngaku Tak Pernah Berhubungan Intim Sebelumnya, Pria ini Pun Donorkan Darahnya, Setelah Darahnya di Cek Ternyata Sang Pria Terjangkit Penyakit Mengerikan ini!

Selasa, 25 Februari 2020 | 09:15
foto: tribunnews.com

ilustrasi donor darah

Suar.ID -Saat akan melakukan donor darah, seseorang biasanya akan ditanyai berbagi hal yang berkaitan dengan kesehatan orang tersebut.

Bahkan juga akan ditanyai mengenai riwayat seksual orang tersebut.

Namun jika orang ini melakukan penipuan riwayat seksual saat melakukan donor darah adalah sebuah kejahatan yang sangat serius.

Seperti yang dilakukan orang ini.

Baca Juga: Viral di Bali, Dosa Kepsek Ini Terungkap setelah Ketahuan Mencabuli Anak Didiknya yang Masih SD! Ini yang terjadi 4 Tahun Kemudian

Seorang pria berusia 35 tahun telah mendonorkan darahnya yang diduga terinfeksi virus HIV.

Pria asal Singapura tersebut membuat pernyataan palsu ketika ia mengisi formulir sebelum menyumbangkan darah.

Dalam formulir pernyataan kesehatan yang harus diisi sebelum melakukan donor, pria tersebut menjawab 'tidak' untuk dua pertanyaan berikut.

Baca Juga: Tak Sanggup Lihat Peti Jenazah Putri Semata Wayangnya yang Jadi Korban Susur Sungai SMPN 1 Turi Diturunkan ke Liang Lahat, Sang Ayah Beberkan Pertanda Tak Biasa Ini saat Terakhir Kali Berjumpa dengan Anaknya

Donatur pria: Pernahkah anda melakukan aktivitas seksual dengan pria lain?

Sudahkah anda melakukan aktivitas seksual dengan seseorang yang anda kenal kurang dari enam bulan dalam setahun terakhir?

Dia kemudian menyatakan bahwa jawabannya adalah sesuai dengan keadaannya.

Baca Juga: Sambil Menahan Air Matanya, Pedangdut Ini Ceritakan Masa Lalu Kelamnya saat Goyangan Hebohnya Membuat Kembennya Melorot hingga Dada ketika Manggung dan Dibeginikan oleh Para Penontonnya!

Setelah menyelesaikan kuesioner, seorang petugas medis bertanya kepadanya dan mengatakan kepada pria itu bahwa ia dapat dituntut jika melanggar dengan memberikan jawaban yang salah atau tidak sesuai.

Setelah ia melakukan donor darah sebanyak lima kali, ditemukan darahnya terinfeksi HIV.

Melansir dari CNA, pria itu telah melakukan donor darah sebanyak lima kali sebelum kejadian.

Saat melakukan tes darah, ia dinyatakan negatif HIV.

Baca Juga: Pendiri Partai Demokrat Meninggal Dunia, Ternyata Menantunya Bukan Orang Sembarangan, Begini Pesan Dukanya untuk Sang Mantan Mertua...

Namun, pada donor keenamnya di Aula Yayasan Tzu Chi Jing Si pada 30 September 2017, darahnya dinyatakan terinfeksi HIV.

Asisten direktur hukum di Kementrian Kesehatan (MOJ) Jason Lee mengatakan, "selama wawancara, pria itu mengklain bahwa dia belum pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya dan bersikeras bahwa dia tidak berpartisipasi dalam kegiatan beresiko,".

Namun, akhirnya pria itu mengaku pada petugas kesehatan masyarakat bahwa dia melakukan hubungan seks dengan seorang pekerja asing laki-laki yang ia temui di tempat umum pada Juni 2017.

Dia juga memiliki banyak hubungan seksual dengan beebrapa orang asing di Filipina dan hubungan seksual dengan seorang pria di biliki toilet di Causeway Point, salah satu pusat perbelanjaan di Singapura.

Baca Juga: Punya Ide Tapi Malah Pergi Begitu Saja, Pembina Pramuka Sempat Lontarkan Kalimat Tak Enak Ini Pada Warga SebelumRatusan Peserta Susur Sungai Hanyut Satu Persatu

Karena informasi palsu yang diberikan sehubungan dengan donor darah yang dapat mengakibatkan bahaya serius bagi kesehatan dan keselamatan masyarakat, jaksa menuntut hukuman empat bulan penjara dan denda 10 ribu dolar Singapura atau sekitar Rp 100 juta.

"Secara khusus, jika darah yang disumbangkan terinfeksi HIV, ada resiko penyakit ini dapat ditularkan melalui transfusi darah ke penerima yang tidak bersalah," katanya.

Di sisi lain, kuasa hukumnya mengatakan bahwa klien tidak akan mampu membayar denda dan meminta hukuman yang ringan.

Baca Juga: Pakai Seragam Batik, Kesebelasan Gen Halilintar Ramai-ramai Datangi Kantor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Atta Halilintar: Berdiri untuk Ibuku dan Adik-adikku

Otoritas Ilmu Kesehatan mengatakan bahwa darah yang didonorkan itu akan segera diisolasi dan dihancurkan.

"Tidak ada darah dari pendonor yang ditransfusikan kepada pasien,"

Baca Juga: Dikenal Sebagai Pribadi yang Menyenangkan, Beginilah Kebiasaan Unik Ashraf Sinclair saat di Lokasi Syuting

(Rahma Imanina Hasfi)

Artikel ini telah tayang di Suar.ID dengan judul"Berbohong Tak Pernah Berhubungan Intim Sebelumnya, Setelah Donorkan Darahnya Ternyata Pria Ini Ketahuan Positif HIV".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya