Warga Banyumas Dibuat Heboh dengan Temuan telur Asin yang Diduga Palsu, Warnanya Coklat dan Rasanya Getir, Begini Kata Warga: Apa ini Telur Bikinan Atau Asli Tapi Dilempar Mantul-mantul!

Sabtu, 08 Februari 2020 | 11:15
KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN

Pembuat telur asin Komaroh menunjukkan telur asin yang masih tersisa di rumahnya Desa Karangklesem, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020).

Suar.ID -Sebuah telur asin tak biasa buatan warga Banyumas ini sempat membuat warga heboh.

Telur asin ini adalah buatan Komaroh (42) seorang warga Desa Karangklesem, Kecamatan Pakuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Telur asin ini bisa memantul saat dilempar.

Bahkan di bagian putih telurnya ini berwarna coklat.

Baca Juga: Tak Terima Ditilang Polisi Karena Lakukan Hal ini, Pria ini Nekat Ajak Duel dan Cekik Polisi, Begini Kronologinya...

Polisi pun terpaksa turun tangan untuk memastikan apakah telur milik Komaroh asli atau tidak.

Setelah ditelusuri, Komaroh sendiri mengaku kaget telur buatannya membuat heboh masyarakat.

Dirinya pun meminta kembali telur yang terlanjur dibeli warga. "Saya dapat pesanan 40 butir telur asin untuk hajatan tanggal 2 Februari 2020.

Baca Juga: Bikin Shock! Seorang Istri Rela Antar Suaminya Menikah Untuk Kedua Kalinya, Wajah Sang Istri yang Tak Nampak Sedih Jadi Sorotan, Begini Kata Kerabat Sang Suami: Ini Adalah Perjuangan yang Dilakukan Istrinya...

"Pembeli komplain kok warnanya begini. Ya, sudah dibawa ke sini saja, ditarik semuanya," kata Komaroh, Jumat (7/2/2020).

Komaroh lalu menjelaskan, pada tanggal 23 Januari 2020 dirinya membeli 120 butir telur mentah seharga per butirnya Rp 2.000.

Setelah itu, 40 butir dia olah untuk menjadi telur asin, karena dirinya mendapat pesanan untuk hajatan.

"Kemudian diolah tanggal 2 Februari, saya kukus selama lima jam karena ada pesanan untuk orang hajatan 40 butir," katanya.

Baca Juga: Negara Tetangga Sudah Banyak yang Terkena Dampak Virus Corona, Tapi Kenapa Indonesia Tidak, Ternyata Begini Kata Ahli...

Kata warga tentang telur asin buatan Komaroh

Sementara itu, menurut Kepala Desa Karangklesem, Subagyo, telur buatan Komaroh memang berbeda dari telur-telur asin pada umumnya.

"Setelah dimasak, ada yang berwarna cokelat muda, ada yang cokelat tua.

"Setelah dibuka seperti jel, kenyal. Apakah itu telur bikinan atau asli, tapi kalau dilempar kaya bola cenil, mantul-mantul," katanya.

Baca Juga: Ahli Tarot Meramal Kehidupan Ahok, Puput Nastiti Devi dan Veronica Tan: Mereka Bertiga Bisa Membangun Suatu Hubungan yang Selaras

Lalu, Subagyo melanjutkan, telur tersebut juga tidak memiliki rongga udara pada bagian dalamnya.

Sedangkan telur pada umumnya memiliki rongga pada bagian dalam.

Selain itu, rasa telur tersebut getir

Baca Juga: Wanita Mantan Simpatisan ISIS Ini Mengatakan bahwa Dirinya Merasa Dibohongi dan Dijadikan Obyek Pemuas Nafsu saat Tiba di Suriah

"Atas laporan dari warga, kami laporkan temuan tersebut kepada pihak terkait.

"Sampel sudah diambil petugas dari puskesmas untuk dicek di laboratorium," ujar Subagyo.

Sementara itu, Kapolsek Pekuncen AKP Susanto, membenarkan kejadian tersebut.

Pihaknya juga masih menunggu hasil uji laboratorium terkait keaslian telur buatan Komaroh.

Baca Juga: PSK yang Digerebek Andre Rosiade Mengaku 'Dipakai' Terlebih Dahulu, Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat Bantah: Saya Masuk Belakangan

"Ya betul, kami masih menunggu hasil laboratorium.

"Kami belum dapat memastikan apakah itu telur palsu atau bukan," kata Susanto.

Hasil uji laboratorium

Informasi terbaru diterima Kompas.com pada hari Jumat (7/2/2020), hasil uji laboratorium menunjukkan, telur asin milik Komaroh tidak mengandung bahan berbahaya.

Baca Juga: Dipaksa Tutup Mulut tentang Bahaya Virus Corona hingga Diancam, Dokter yang Pertama Kali Peringatkan Wabah Mematikan Itu Meninggal Dunia, Begini Kisahnya

"Hasilnya negatif boraks dan formalin.

"Kami juga tindaklanjuti ke lab yang terakreditasi, tadi kami dapat info katanya negatif boraks dan formalin, secara resmi besok suratnya baru jadi," kata Imam Subagyo, Kasi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Jumat.

Baca Juga: Dulunya Sempat Mengaku Atheis, Peristiwa Luar Biasa Ini Membuat Dul Jaelani Berubah, sambil Pegang Tangan Maia Estianty: Ya Allah, Kamu Benar ada

(Fadlan Mukhtar Zain)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Telur Asin Bisa Mantul Bikin Heboh Warga di Banyumas, Ini Fakta Lengkapnya".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya