Bikin Bangga Indonesia, Dulu pernah Menjabat Sebagai Menteri SBY selama 2 Periode, Kini Wanita Ini Ditunjuk Menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia! Begini Jejak Kariernya yang Mentereng

Senin, 13 Januari 2020 | 12:30
Dok. Universitas Prasetiya Mulya

Suar.ID -SosokMari Elka Pangestu menjadi trending topik Google, Jumat (10/1/2020).

Pasalnya, ia resmi menjadi Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

Hal tersebutdiumumkan oleh Presiden World Bank (Bank Dunia), David Malpass pada Kamis (9/1/2020).

Melansir dariwebsiteresmi The World Bank,wanita yang pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan tahun 2004-2011 serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia tahun 2011-2014 ini, dinilai memiliki keahlian manajemen yang luar biasa.

Baca Juga: Ari Ashkara Dipecat, Inilah Sosok yang Akan Gantikan Posisinya sebagai Dirut Garuda Indonesia, Pernah Bekerja di Bank

"Dengan senang hati, kami menyambut Mari di Bank Dunia, dalam peran barunya yangkrusial bagi institusi kami," kata David Malpass, Presiden Bank Dunia.

Lebih lanjut, David pun menyampaikan pengalaman yang dimiliki Mari akan sangat bermanfaat untuk membantu kinerja Bank Dunia.

Menurutnya, keterlibatan Mari dalam berbagai forum internasional membuatnya dinilai mumpuni untuk berkontribusi di institusi internasional tersebut.

"Pengalamannya sebagai menteri senior, diakui secara global sebagai seorang ekonom dan peneliti, hingga pengalaman kepemimpinannya yang luas dan keterlibatannya dalam forum-forum utama di kancah internasional mengenai masalah-masalah pembangunan yang penting, akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan kami di Grup Bank Dunia yang mendesak, yaitu dalam mendukung broad-based growth dan pengentasan kemiskinan," ungkap David.

Baca Juga: Pengemis Tajir di depan Bank Ditangkap, Tas Ranselnya Berisi Jumlah Uang yang Mengagetkan! Sekuriti Ungkap Fakta yang Menghebohkan

Ditunjuk untuk menjabat sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia, Mari menyebutnya sebagai suatu kehormatan besar.

“Merupakan suatu kehormatan besar dapat bergabung dengan Bank Dunia dalam misi pembangunan vitalnya," tutur Maridalam websiteresmi The World Bank.

"Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini pada tantangan mendesak yang dihadapi anggota Bank Dunia,” sambungnya.

Twitter David Malpass
Twitter David Malpass

Baca Juga: Dapat Uang Kaget karena Pegawai Bank Salah Transfer Rp 3,6 Miliar, Nasabah Malah Divonis Bersalah dan Didenda Rp 4 Miliar

Dalam menjalankan peran barunya ini, Mari akan memimpin dan mengawasi program kerja World Bank’s Global Practice Groups.

Selain itu, Mari juga akan mengawasi riset dan data Bank Dunia (DEC) serta fungsi hubungan eksternal dan korporat.

Pengangkatannya ini akan mulai berlaku pada 1 Maret 2020.

Baca Juga: Ngeri! Powerbank Wanita Ini Meledak Padahal Sedang Tidak Diisi Dayanya

Profil Mari Elka Pangestu

Mengutipdari Wikipedia, Mari Elka Pangestu merupakan wanita Tionghoa-Indonesia pertama yang memegang jabatan sebagai Menteri di Indonesia.

Seperti yang diketahui, perempuan kelahiran Jakarta, 23 Oktober 1956 ini pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan tahun 2004-2011, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia 2011-2014, dan Menteri Negara Koperasi dan UKM Indonesia tahun 2008-2009.

Mari merupakan anak dari ekonom terkenal Indonesia, J. Panglaykim.

Dok. Tribun Timur
Dok. Tribun Timur

Baca Juga: Ditolak Kencan, Pria Ini Pamer Beli Jam Rp 484 Juta dengan Uang Dolar Singapura dan Punya Tabungan Rp 3,6 Miliar di Bank

Istri Adi Harsono ini, memperoleh gelar Bachelor dan Master of Economics dari the Australian National University.

Sementara itu, ia memperoleh gelar Ph.D. dalam bidang Perdagangan Internasional, Keuangan, dan Ekonomi Moneter dari Universitas California, Davis pada 1986.

Sebelum menjabat sebagai Menteri Perdagangan, diketahui, Mari telah lama aktif dalam berbagai forum perdagangan seperti PECC.

Selain itu, Mari juga terpandang sebagai seorang peneliti ekonomi di Indonesia.

Baca Juga: Kisah Fatima: Pengemis Tua yang Meninggal di Jalan dan Punya Simpanan Uang Rp 15 Miliar di Bank

Melansir dari websiteresmi The World Bank, saat ini Mari merupakan Senior Fellow di Columbia School of International and Public Affairs.

Mari juga aktif mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, sebagai Profesor Ekonomi Internasional.

Selain itu, Mari juga menjadi asisten profesor di Lee Kuan Yew School of Public Policy and Crawford School of Public Policy di Australian National University.

Kompas.com
Kompas.com

Baca Juga: Kaya Mendadak hingga Hobi Hadiahi Mobil ke Temannya yang Ulang Tahun, Ternyata Sosialita Ambon Ini Gelapkan Dana Nasabah Bank hingga Ratusan Miliar!

Ibu dua anak ini juga merupakan seorang ekonom dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Jakarta.

Mari saat ini menjabat Ketua Dewan Pengawas Lembaga di International Food Policy Research Institute (IFPRI) di Washington D.C.

Ia juga aktif sebagai penasihat Global Commission on the Geopolitics of Energy Transformation of International Renewable Energy Agency (IRENA) di Abu Dhabi.

Baca Juga: Sakit Hati Tak Terima Diputus Cinta, Foto Tanpa Busana Pegawai Bank Disebar Mantan Kekasih di 11 Akun Instagram Palsu

Data Diri:

Nama: Mari Elka Pangestu

Instagram: @maripangestu

Lahir: 23 Oktober 1956

Tempat Lahir: Jakarta, Indonesia

Kebangsaan: Indonesia

Pasangan: Adi Harsono

Anak: Raymond dan Arya

Alma mater: Australian National University

Universitas California, Davis

Karier:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia ke-13 (19 Oktober 2011 – 20 Oktober 2014)

Menteri Perdagangan Indonesia ke-30 (21 Oktober 2004 – 19 Oktober 2011)

Menteri Negara Koperasi dan UKM Indonesia (1 Oktober 2008 – 20 Oktober 2009)

- Rekam jejak Mari terkait layanan dewan dan gugus tugas meliputi:

1. Dewan Pimpinan UN Sustainable Development Solutions Network (SDSN)

2. Co-Chair kelompok ahli untuk High Level Panel for a Sustainable Ocean Economy

3. Panel dari inisiatif kesehatan WHO

4. Komisaris Inisiatif Pembangunan Rendah Karbon atau Low Carbon Development Initiatives (PRK/LCDI)

5. Anggota Dewan Eksekutif International Chamber of Commerce (ICC)

(Desi Triana Aswan/Tribun Timur)

Artikel ini telah tayang di Tribun Timur dengan judulSosok Mari Elka Pangestu Jadi Direktur Bank Dunia, Sempat Duduki Posisi Menteri

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Tribun Timur, worldbank.org, Wikipedia, Tribunnews

Baca Lainnya