Bukan Hanya KDRT, Dokter Forensik Ungkap Kemungkinan Lain Munculnya Lebam di Tubuh Jenazah seperti yang Terjadi kepada Mantan Istri Sule Lina

Sabtu, 11 Januari 2020 | 15:00
Kolaase/Tribunnews

Kematian Lina, mantan istri Sule

Suar.ID - Kematian Lina Jubaedah masih menimbulkan tanya bagi keluarga, termasuk sang anak Rizky Febian, tentang apa penyebabnya.

Kecurigaan muncul di benak Rizky Febian dan keluarga.

Disebut-sebut adanya lebam di jenazah mantan istri Sule itu yang jadi pemicunya.

Kecurigaan itu pun berbuntut pada laporan yang dibuat Rizky Febian ke polisi.

Baca Juga: Genap Seminggu Lina Berpulang, Rizky Febian Baru Menyadari Tanggal Kematian Ibunya Bertepatan dengan Postingan Bersejarah di Instagramnya!

Kemudian dilakukanlah pembongkaran makam dan tindak autopsi.

Kecurigaan yang berbuntut laporan ke polisi itu sontak membuat Teddy sebagai orang terakhir yang tinggal bersama Lina menjadi sorotan.

Sempat muncul dugaan lebam di tubuh Lina diakibatkan karena Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau KDRT.

Terkait hal itu, melansir tayanganApa Kabar Indonesia Malamunggahan YouTube Talk Show tvOne, Jumat (10/1/2020), seorang Dokter Spesial Forensik Rumah Sakit Universitas Indonesia, Mira Wiryaningsing, mengungkpkan kemungkinan penyebab lainnya.

Baca Juga: Paranormal Ini Diduga Berhasil Bongkar Sosok Pendamping Teddy, Salah Satunya Sosok Ratu yang Bertugas Menundukkan Lina: Tujuan Utama Untuk Lina, Dari Awal Menginginkan Hartanya!

Dokter Mira menjelaskan jika lebam tidak selalu identik dengan reaksi tubuh akibat tindak kekerasan.

Menurutnya, adanya lebam di tubuh seseorang yang sudah meninggal dunia memang wajar.

Tangkapan layar Youtube
Tangkapan layar Youtube

Dokter MIra menjelaskan tentang 'lebam mayat'

Istilah untuk lebam tersebut yaitu 'lebam mayat'.

Lebam mayat ini terjadi disebabkan berkumpulnya sel darah merah di suatu area tubuh sehingga area tersebut akhirnya tampak gelap.

Baca Juga: Tidak hanya Menimbulkan Perang Dunia III saja, Inilah yang akan terjadi kepada Indonesia apabila Konflik antara Iran dan AS Pecah!

Justru menurutnya timbulnya lebam mayat menjadi salah satu tanda kepastian.

"Nah sebenarnya pada proses kematian, jadi salah satu tanda kepastian, itu adalah timbulnya namanya lebam mayat," terang Dokter Mira.

Terkait alasan darah berkumpul di suatu tempat di tubuh saat seseorang meninggal, Dokter Mira menjelaskan sebagai akibat gaya gravitasi.

"Nah lebam ini sebenernya akibat gaya gravitasi yang menarik sel-sel darah merah ke bagian terendah," katanya.

Baca Juga: Wanita Ini Tidak Menyangka Hidupnya Bakal Dirundung Nestapa setelah Menikah dengan Pesulap Terkenal: Saya Sudah Tidak Kuat

Lebam mayat ini bisa berwarna kemerahan maupun kebiruan.

Sedangkan tepatnya di mana muncul lebam tersebut bisa beragam tergantung posisi tubuh seseorang ketika meninggal dunia.

"Memang tergantung pada lokasi jenazah atau tubuh," ujarnya.

"Kalau misalnya meninggal telentang, berarti pada punggung. Kalau misalnya meninggalnya telungkap, kemungkinan pada bagian depan tubuh," beber Dokter Mira.

Baca Juga: Larang Driver Ojek Online Masuk dengan Peringatan 'Kasar', Nasib Restoran Ini Kini Berakhir Tragis

instagram @rizkyfbian/Tribunjabar/Mega Nugraha
instagram @rizkyfbian/Tribunjabar/Mega Nugraha

Lina Jubaedah - Proses pembongkaran makam Lina

Namun, Dokter Mira tak lebih jauh berkomentar tentang wajar atau tidaknya lebam di tubuh mantan istri Sule, Lina.

Menurutnya, untuk menentukan harus melihat langsung.

"Nah, untuk masalah wajar dan tidak wajar sebenarnya kita harus melihat langsung, bagaimana pola lukanya," jawab Dokter Mira.

Lebih lanjut Dokter Mira mengatakan jika nantinya hasil dari proses autopsi bisa mengungkap lebih dalam apakah lebam yang dialami lina hanya lebam mayat atau dari KDRT.

"Nah ini kan kondisinya kalau tidak salah almarhumah sudah dilakukan penggalian jenazah, terus sudah dilakukan autopsi," kata Dokter Mira.

Baca Juga: Mbak You Sebut Ada Kejanggalan pada Kematian Lina Jubaedah: Ada Sesuatu yang Ditutupi di Belakangnya, Jelas Itu

"Nah, dari autopsi itu, kita bisa menentukan dengan pengambilan sampel yang tepat, kita bisa menentukan apakah betul ini hanya lebam mayat yang tadi saya katakan akibat suatu perubahan kematian,"

"Atau memang lebam yang akibat memar, jadi akibat suatu kekerasan." sambungnya.

Sementara itu, menurut kabar lokasi lebam di tubuh lina berada di bagian sekitar bibir.

Kemudian dari keterangan para saksi, Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga membeberkan kesimpulan sementara detik-detik meninggalnya LIna pada Sabtu (4/1/2020) lalu.

Baca Juga: Uang Ratusan Juta Hasil Jerih Payahnya Sejak Usia 5 Tahun Raib Digondol Ayahnya Sendiri, Artis Cilik Itu Kini Lakukan Ini untuk Menyambung Hidup

instagram
instagram

Rizky Febian, Sule, Lina, dan Putri Delina

Lina disebut jatuh setelah beribadah salat subuh dan melepas mukena.

Ibunda Rizky Febian ini langsung dalam kondisi tidak sadarkan diri dan tengkurap.

"Dari keterangan di TKP, bahwa Ibu Lina habis selesai salat subuh ditemukan sudah dalam kondisi jatuh tengkurap, dalam kondisi tidak sadar," jelas Saptono.

"Dari informasi yang ketahui di dalam suatu pengolahan TKP, dari informasinya selesai salat subuh, selesai melepas mukena, jadi buk, jatuh tengkurap dalam kondisi tidak sadar," paparnya.

Baca Juga: Dianggap Gagal Pimpin Jakarta, Sosok Ini Sebut Banjir Jakarta Tahun 2020 Tak Separah di Era Jokowi dan Ahok, Benarkah?

Editor : Khaerunisa

Baca Lainnya