Situasi Makin Panas, Iran Luncurkan Belasan Rudal ke Pangkalan Amerika Serikat di Irak, Berikut Daftar Rudal Balistik yang Dimiliki Iran dan AS, Mana yang Lebih Unggul?

Kamis, 09 Januari 2020 | 09:00
CNN

Iran telah meluncurkan serangan balasan ke pangkalan militer AS

Suar.ID - Sudah puluhan tahun ketegangan terjadi antara Iran dan Amerika Serikat.

Kini, hubungan keduanya semakin menegang setelah serangan atas perintah Donald Trump berhasil membunuh Jenderal Qasem.

Jenderal Qasem atau Mayor Jenderal Qasem Soleimani adalah seorang perwira tinggi Angkatan Bersenjata Iran.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Normalisasi Sungai kepada Anies Baswedan, Begini Jawaban Gubernur DKI Jakarta Itu: Itu Programnya Pak Menteri

Tak perlu menunggu lama, dilaporkan dari South China Morning Post, Iran telah meluncurkan serangan balasan ke pangkalan militer AS di Ain Al Asad, Provinsi Anbar Irak, menggunakan rudal jelajah atau rudal balistik.

Lebih dari 2 lusin rudal balistik diluncurkan dari teritori Iran ke dua pangkalan Amerika Serikat di Irak pada Rabu dini hari.

Pasukan Penjaga Revolusioner Iran mengonfirmasi jika pangkalan Al Asad telah diserang dengan 10 rudal pada pukul 1:30 waktu setempat dan akan masih ada lagi jika ada serangan lanjutan dari Amerika.

Tak hanya itu, mereka juga mengancam para sekutu Amerika Serikat, salah satunya Israel.

Baca Juga: Muncul Dugaan 'Predator Setan' Reynhard Sinaga Bekerja Menjadi PSK, Kepala Sekolah SMAN 1 Depok Beberkan Fakta Mengejutkan!

"Kami memperingatkan semua sekutu Amerika, yang telah memberikan pangkalan militer mereka kepada negara tersebut, negara manapun yang meluncurkan serangan kepada Iran terkait hal ini akan kami serang," ujar pihak Pasukan Penjaga.

Saat ini masih ditelusuri kerusakan apa saja yang terjadi di pangkalan militer Amerika di Irak tersebut.

Serangan ini rupanya menjadi sinyal awal Iran secara langsung menyerang Amerika dan secara terbuka mengumumkan apa yang mereka lakukan.

Pihak Amerika telah sering menuduh Iran menjadi dalang di balik serangan pasukan Amerika di Irak, tetapi serangan itu secara umum melibatkan pasukan militan Iran, bukan pasukan militer.

Baca Juga: Setelah Menikah dengan Teddy, Adik Lina Beberkan Perubahan Besar dari Sikap sang Kakak Dibandingkan kala masih Menjadi Istri Sule

Menurut pernyataan Juru Bicara Gedung Putih Stephanie Grisham, Presiden Donald Trump menyatakan ia sedang mengawasi situasi tersebut.

Dilansir dari situs Misslie Threat, Center for Strategic & International Studies, berikut jumlah raudal balistik yang dimiliki Iran serta Amerika Serikat.

Iran

1. Shahab-1

Jenis : Rudal Balistik Jarak Dekat

Jangkauan : 285-330 KM

Status : Operasional

2. Zolfaghar

Jenis : Rudal Balistik Jarak Dekat

Jangkauan : 700 KM

Status : Operasional

Baca Juga: Berdasarkan dari Kualitas Rudal Balistik yang Dimiliki, Apabila terjadi Perang Dunia III antara Iran Vs Amerika Serikat, Siapakah yang akan Menjadi Pemenangnya?

3. Qiam-1

Jenis : Rudal Balistik Jarak Dekat

Jangkauan : 700-800 KM

Status : Operasional

4. Shahab-3

Jenis : Rudal Balistik Jarak Menengah

Jangkauan : 1.300 KM

Status : Operasional

5. Sejjil

Jenis : Rudal Balistik Jarak Menengah

Jangkauan : 2.000 KM

Status Operasional

Baca Juga: Inilah Tank Karrar Milik Iran yang Siap Jadikan Medan Pertempuran Darat Laiknya Meraka Bagi Amerika, Disebut Lebih Sakti Dibanding Milik Rusia

Amerika Serikat (AS)

1. ATACMS

Status : Rudal Balistik Jarak Dekat

Jangkauan : 165-300 KM

Status : Operasional

2. Minuteman III

Status : Rudal Balistik Antar-Benua

Jangkauan : 13.000 KM

Status : Operasional

3. Trident D-5

Status : Rudal Balistik Antar Benua dari Kapal Selam (SLBM)

Jangkauan : 12.000 KM

Status : Operasional

(Afif Khoirul M)

Baca Juga: Sangar, Emak-mak Berjilbab Ini Hasilkan Rp60 Juta dari Bermain PUBG, Begini Pesannya kepada Anak Muda yang Ingin Ikuti Jejak Ibunya

Artikel ini telah tayang di Intisari-Online.com dengan judul Menengok Daftar Rudal Balistik yang Dimiliki Oleh Amerika dan Iran, Mana yang Lebih Unggul?

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya