Kisah Masa Lalu Prabowo Dibongkar oleh Teman Seperjuangannya di Akmil, Ternyata Sang Menteri Pertahanan Terkenal dengan Kebiasaan Ini hingga Pernah Lakukan Hal Tak Biasa di Kelas!

Rabu, 01 Januari 2020 | 08:00
Kompas.com

Prabowo Subianto

Suar.ID - Kisah tentang masa lalu orang-orang 'besar' selalu menarik untuk diketahui.

Tak jarang, kisah mereka begitu menginspirasi hingga memunculkan decak kagum.

Kita bisa melihat bagaimana perjalanan hidup orang-orang seperti itu hingga bisa mencapai posisinya yang seperti sekarang ini.

Tentu hal itu tak terkecuali untuk sosok yang satu ini.

Baca Juga: Sebelumnya Lawan Kini Jadi Kawan, Kini Prabowo Unggah Foto Bersama Jokowi di Penghujung Tahun: Jangan Sampai Ada Perpecahan di Antara Kita

Siapa yang tak kenal Prabowo Subianto?

Laki-laki yang sekarang menjabat sebagai Menteri Pertahan (Menhan) tersebut rupanya memiliki kebiasaan unik di masa lalu.

Hal tersebut diungkapkan oleh rekannya sendiri, Mayor Jenderal Purnawirawan Abikusno (68), pada 25 Februari 2019 silam.

Kala itu, Abikusno tengah menunggu Prabowo yang masih mencalonkan diri jadi Presiden RI, di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Banyuputih, Kecamatan Situbondo, Jawa Timur.

Baca Juga: Kini Terancam Hukuman Minimal 15 Tahun Penjara, Inilah Fakta-fakta Kasus Santriwati Lahirkan Bayi di Kamar Mandi Pesantren hingga Biarkan Meninggal di dalam Baskom, Polisi Alami Kesulitan Ini

"Saya menunggu sejak pagi di sini sebagai bentuk dukungan kepada Pak Prabowo. Tidak harus bertemu," kata Abikusno kepada Kompas.com, 25 Februari 2019.

"Melihat dari sini sudah senang tanpa harus bertemu. Beliau itu teman satu angkatan saat masih di Akmil dulu. Empat tahun kami selalu bersama," sambungnya.

Menurut pria kelahiran Situbondo, 13 September 1951, tersebut, saat masih di Akmil, Prabowo dikenal sebagai "kutu buku".

Dirinya sering mendapati putra Soemitro Djojohadikusumo tersebut membaca buku di waktu senggang.

Baca Juga: Selama Ini Begitu Setia dan Tegar Nafkahi Anak-anaknya Sendirian, Paranormal Ini Terawang Nasib Pernikahan Retno Paradinah Usai Zul Zivilia Divonis 18 Tahun Penjara, Sampai Hotman Paris Tanya Berulang!

Ya, Hobi membaca membuat Prabowo memiliki cara pandangan yang luas dan dikenal dengan kecerdasannya.

Abikusno lantas menceritakan satu pengalaman berkesan saat menempuh mendidikan militer.

Prabowo yang saat itu masih menjadi Letnan berani memprotes materi yang disampaikan oleh seorang dosen karena dianggap tidak sesuai dengan buku yang pernah dia baca.

"Kami saat itu menerima pelajaran darma pusaka, dan beliau angkat tangan dan mohon izin karena materi yang disampaikan tidak sesuai dengan yang dia baca. Bukan keminter, tapi dia memang pintar," kata Abikusno sambil tersenyum.

Baca Juga: Terlalu Lama di Kamar Mandi, Ruben Onsu Geleng-geleng Kepala saat Pergoki Betrand Peto Lakukan Hal Ini di Depan Kaca

"Refrensi bacaannya saat itu banyak sekali dan sebagian besar buku-bukunya berbahasa Inggris, sehingga teman-teman seperti saya saat itu susah membacanya," tambahnya.

Lelaki yang menggunakan seragam Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya tersebut mengaku sangat bangga bisa melihat rekannya satu kelas saat di Akmil bisa maju menjadi calon presiden.

Sebab sejak masih muda, kata Abikusno, Prabowo sering sekali berbicara tentang kesejahteraan rakyat dan tentang potensi besar yang dimiliki Indonesia.

Baca Juga: Anak Bupati Majalengka yang Tembak Seorang Kontraktor Divonis Lebih Ringan dari Tuntutan dan Kini Langsung Bebas, Ini Alasan yang Meringankan Hukumannya

Prabowo sendiri, menurut Abikusno, juga sering mengundang rekan-rekannya satu angkatan untuk berbincang-bincang di rumahnya.

"Sejak pensiun saya tinggal di Stubondo dan mumpung Pak Prabowo ke sini, maka saya datang untuk melihat dari jauh.

"Tidak perlu bertemu langsung, biar masyarakat lainnya saja yang langsung bertemu. Sebagai seorang teman, melihat dari sini saja sudah cukup bangga," katanya.

Baca Juga: Tim Medis Tak Kuasa Menahan Tangis ketika Melihat Ibu yang Koma 'Dibangunkan' oleh Bayinya yang Baru Lahir

Artikel ini telah tayang di Gridhot.id dengan judul Timba Ilmu di Lembah Tidar, Prabowo Subianto Pernah Bikin Satu Kelas Geger Karena Buku yang Dibacanya, Mantan Tentara Ini Bongkar Sifat Asli Sang Menhan

Editor : Khaerunisa

Baca Lainnya