Viral Setya Novanto Kembali bikin Ulah dan Kabur dari Lapas Sukamiskin untuk Kesekian Kalinya, Kemenkumham Beri Tanggapan Mengejutkan!

Rabu, 25 Desember 2019 | 18:00
Kolase Tribun Jabar dan Kompas.com

Suar.ID -Mantan Ketua DPR Setya Novanto kembali bikin ulah dankini ia menjadi viral di media sosial.

Adalah mantan Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho yang memberi kabar bahwa Setya Novanto kembali bikin ulah.

Melalui akun twitter @emerson_yuntho, Emerson menyebut Setya Novanto kembali bikin ulah dengan menghilang dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Masih Ingat Sel Super Mewah Setya Novanto di Lapas Sukamiskin? Ternyata Dulunya Pernah Dipakai Ini, Bertolak Belakang Banget

Di akun twitternya, Emerson menulis Setya Novanto kembali bikin ulah sebagai berikut:

"Netizen. Butuh bantuannya telah hilang Bapak @sn_setyanovanto, Hingga kemarin belum kembali ke tempat tinggalnya di Sukamiskin Bandung. Kulit putih.Usia 62 tahun. Ada hadiah bagi siapapun yang memberikan informasi. Cc @Kemenkumham_RI, @OmbudsmanRI137".

Twitter Buya Eson
Twitter Buya Eson

Unggahan Emerson ini pun langsung ramai.

Sejumlah netizen mempertanyakan kebenaran kabar itu.

"Serius ini son @emerson_yuntho?," tulis akun @NormanJCWN.

Baca Juga: Geger Setya Novanto Dikabarkan Hilang dari Lapas Saat Sidak, Terungkap Ini Faktanya

Emerson menjawab: "Lah. Selnya aja digembok om. Orangnya ga ada."

Twitter Buya Eson
Twitter Buya Eson

Saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Emerson membenarkan bahwa dirinyalah yang mengunggah narasi tersebut di akun Twitter miliknya.

Ia mengunggah tweet tersebut lantaran saat disidak oleh Ombudsman pada Jumat (20/12/2019), Setya Novanto tidak ada di ruangannya.

"Pas disidak sama ombudsman kan orangnya ga ada. Ruangannya digembok," ujarnya singkat saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/12/2019).

Baca Juga: Setya Novanto Punya Sel yang Lebih Mewah dari Tahanan Lainnya, Pimpinan Proyek Renovasi Sukamiskin Mengaku Ditekan oleh Sosok yang pernah Menggegerkan Dunia Perpolitikan Indonesia Ini!

Jalan-jalan ke Toko Bangunan

Kompas.com
Kompas.com

Setya Novanto dengan penampilan barunya.

Setya Novanto, terpidana kasus korupsi E-KTP dan mantan Ketua DPR memang kerap berulah.

Sebelumnya, Setya Novanto kedapatan berada di sebuah toko bahan bangunan di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, setelah dua hari menjalani rawat inap di Rumah Santosa, Bandung.

Mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar itu diketahui berada di luar LP Sukamiskin dan rumah Sakit Santosa setelah beredar foto yang menggambarkan dia bersama sang istri di sebuah toko bangunan di Padalarang.

Baca Juga: Terlihat Lebih Macho, Ada yang Tak Biasa dengan Penampilan Setya Novanto saat Jadi Saksi Sidang Korupsi Mantan Dirut PLN

Dalam foto itu Setya Novanto mengenakan baju lengan pendek, topi dan masker.

Menurut Liberti, Setya Novanto mengelabui petugas LP Sukamiskin yang mengawalnya.

Diungkapkan, Novanto dirawat di Rumah Sakit Santosa, Bandung, sejak 12 Juni 2019.

Novanto dijadwalkan kembali ke LP Sukamiskin pada Jumat (14/6/2019).

Tribun Jabar
Tribun Jabar

Petugas membuka gembok pintu kamar tahanan narapidana koruptor mantan Ketua DPR, Setya Novanto menggunakan palu saat Anggota Ombudsman RI Adrianus Eliasta Meliala akan meninjaunya di Lapas Kelas 1 Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Jumat (20/12/2019).

Baca Juga: Inilah Sosok Istri Pertama Setya Novanto, Berkat Ayahnyalah Setnov Punya Akses ke Dunia Bisnis

"Pada Jumat itu petugas pengawal telepon ke kantor, minta dijemput," ucap Liberti.

Setya Novanto kemudian meminta izin kepada petugas pengawal untuk membayar biaya perawatan di lantai dasar.

Kamar perawatan Setya Novanto berada di lantai delapan.

Saat itu Setya Novanto diantar ke lantai dasar oleh istrinya menggunakan kursi roda.

Baca Juga: Bukan Istri Pertama hingga Pemegang Saham, Inilah 5 Fakta Mengejutkan Istri Setya Novanto yang Diduga Temani Suaminya Plesiran

Sedangkan pengawal tidak ikut ke lantai dasar.

Namun setelah ditunggu selama dua jam, Setya Novanto dan istrinya tidak kembali ke lantai delapan.

"Baru muncul lagi pukul 17.45 WIB," kata Liberti.

Saat kembali ke LP Sukamiskin, Setya Novanto dan petugas pengawalnya langsung diperiksa karena sudah beredar foto keberadaan Novanto di Padalarang.

Tribun Jabar
Tribun Jabar

Petugas membuka paksa kamar terpidana korupsi yang juga mantan Ketua DPR Setya Novanto di Lapas Sukamiskin saat kunjungan Ombudsman Republik Indonesia, Bandung, Jumat (20/12/2019).

Baca Juga: Tertangkap Pelesiran dan Dipindahkan ke Lapas Teroris, Ternyata Setya Novanto Pernah Menjadi Pria Tertampan di Surabaya dan Punya Kemampuan Lobi di Atas Rata-rata

"Saya minta maaf kepada publik. Anak buah saya belum menjalankan SOP (standard operation procedure) secara baik," katanya.

Liberti Sitinjak mengeluhkan mentalitas para narapidana sehingga terus terjadi kasus penyalahgunaan izin berada di luar penjara.

Menurut Liberti, sejauh ini pihak lembaga pemasyarakatan telah optimal dalam menjalankan prosedur pembinaan terhadap para narapidana.

"Ini kan sebenarnya lembaga pemasyarakatan secara umum sudah bagus, tapi kan mentalitas dari warga binaan (narapidana) yang menyeleweng. SOP sudah kami jalankan."

"Namun kami terus disalah-salahkan, lama-lama nggak nyaman," ujar Liberti.

Baca Juga: Saat Masih Miskin, Setya Novanto Pernah Berjualan Beras yang Diambil dari Lamongan

Sebelumnya, Setya Novanto juga bikin ulah ketika kedapatan sedang berada di sebuah rumah makan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Liberti, terkait kejadian di RSPAD Gatot Soebroto itu Setya Novanto tidak melakukan pelanggaran karena sudah mendapat izin berobat.

Menurutnya, sah saja Setya Novanto makan di kawasan RSPAD Gatot Subroto.

"Ini bukan yang kedua kali. Persoalan yang di RSPAD itu, menurut saya, nggak ada yang dilanggar. Apa yang dilanggar?" tutur Liberti.

Menurutnya, boleh saja Setya Novanto makan di sebuah restoran di kompleks RSPAD Gatot Soebroto.

"Pada saat itu ia memang berobat di RSPAD, lantas kalau makan di seputaran RSPAD masak ada kesalahan?" ujarnya.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun di Lapas, Saipul Jamil Berikan Potongan Kue Pertamanya Untuk Petugas, Dewi Perssik: Kok Bapak-Bapak Sih?

Jawaban Kemenkumham

Kolase Tribunnewsmaker
Kolase Tribunnewsmaker

Terpidana kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto

Dihubungi terpisah, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Sekretariat Jenderal Kemenkumham Bambang Wiyono mengatakan bahwa narasi Setnov hilang dari lapas Sukamiskin adalah hoaks.

Kepastian tersebut disampaikan Bambang setelah pihaknya menghubungi Kalapas Sukamiskin Abdul Karim.

Ia mengatakan, saat ini Setnov masih dalam masa hukuman di Lapas Sukamiskin.

Baca Juga: Dulu Bintang Film Panas, Inneke Koesherawati Mengaku Risih saat Ditanya Perihal Hubungan Intim di Dalam Lapas

"Itu kabar tidak benar, Setnov masih ada di dalam lapas Sukamiskin," ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/12/2019).

Saat ini imbuhnya, Setnov memang tidak ada di kamar tahanannya dikarenakan kamar tahanan di Lapas Sukamiskin sedang dalam perbaikan dan akan selesai pada 31 Desember 2019.

Untuk itu, warga binaan termasuk Setnov dipindah ke ruangan lain seperti aula dan masjid.

"Setnov sekarang di ruangan rame-rame. Tidak dikamar sendiri. Nama ruangannya ruangan pesantren," jelas dia.

Baca Juga: Buntut Viralnya Video Napi Diseret Petugas, Kalapas Narkotika Nusakambangan Dicopot

Bambang mengatakan, apabila memasuki hari-hari khusus, di ruangan tersebut juga diadakan pengajian, dan kegiatan-kegiatan lain.

Hal itu guna menghindari kejenuhan dari warga binaan yang menghuni lapas Sukamiskin.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak kembali membuat isu-isu yang negatif seperti ini.

"Kita selalu mencoba untuk memberikan pembinaan bagi warga binaan, agar kembali ke masyarakat menjadi warga negara yang baik," terang dia.

(Dandy Bayu Bramasta/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulSetya Novanto Dikabarkan Hilang dari Lapas Sukamiskin, Ini Penjelasan Kemenkumham

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya