Diminta Berubah oleh Wanita Ini, Begini Detik-detik Adian Napitupulu Kolaps saat Terkena Serangan Jantung di Pesawat

Sabtu, 21 Desember 2019 | 20:00
Twitter Budiman Djatmiko

Suar.ID -Staf Adian Napitupulu, Musyafaur Rahman, menceritakan detik-detikketika sang atasan mengalami kolaps akibat serangan jantung dalam penerbangan dari Jakarta menuju ke Palangkaraya, Kamis (20/12/2019) lalu.

Rahman menuturkan, Adian awalnya terlihat baik-baik saja.

Ia adalah bagian dari rombongan anggota DPR RI yang hendak menuju ke Palangkaraya dalam rangka tugas wakil rakyat.

Namun sekitar 45 menit setelah pesawat lepas landas, Adian mengaku, sesak napas.

Baca Juga: Baru Saja Kolaps di Penerbangan, Baru Terungkap Ternyata Politikus PDI Perjuangan Ini Sudah Pakai 5 Ring di Jantungnya

Adian pun meminta salah seorang rekannya di PDI Perjuangan, Rudianto Tjen, untuk meminta pertolongan kepada kru pesawat.

"Pertolongan pertama yang dilakukan oleh kru pesawat adalah mengumumkan ada atau tidak dokter dalam pesawat," kata Rahman saat dihubungi oleh Kompas.com, Jumat (20/12/2019).

Rupanya, ada salah satu penumpang berprofesi sebagai dokter.

Sang dokter yang memiliki spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) itu kemudian memberi pertolongan pertama kepada Adian yang mengaku semakin sesak napas.

Baca Juga: Viral Kisah Seorang Pria Dilarikan ke UGD Saat Mendadak Detak Jantungnya jadi Tak Lazim, Ternyata Karena Hal yang Biasa yang Lagi Tren Ini

"Beliau (Dokter THT) lah yang memberikan pertolongan pertama kepada Bang Adian dengan memberikan oksigen, berikutnya memberikan infus. Sehingga kondisi selama di pesawat tetap sadar dan stabil," ujar Rahman.

Meskipun kolaps, saat itu Adian tidak kehilangan kesadaran.

Ia disebut masih bisa melakukan komunikasi meskipun sangat terbatas.

Rahman mengatakan, Adian sangat berterima kasih kepada dokter THT yang memberikannya pertolongan pertama.

Baca Juga: Berita Terpopuler: Paskibraka Cantik Meninggal Misterius dengan Jantung dan Paru-paru Remuk Redam | Biduan Dangdut Ini Menyesal Kawin dengan Brondong

Aksi penyelamatan sang dokter diceritakan Adian kepada siapapun yang menjenguknya usai peristiwa tersebut.

"Sehingga di Jakarta dia ingatkan saya, dia ingatkan istrinya, bahwa ada dokter THT yang nolongin dia dalam pesawat Garuda tersebut," ucap Rahman.

Setelah sampai di Palangkaraya, Adian langsung dilarikan ke Rumah Sakit Muhammadiyah yang letaknya tidak jauh dari bandara.

Saat itulah, pihak keluarga baru diberitahu kondisi kesehatan Adian.

Baca Juga: Sebelum Meninggal Masih Sempat Bercanda dan Bilang Perawat Rumah Sakit Tampan-tampan, Ternyata Jantung dan Paru-paru Anggota Paskibraka Cantik Ini Remuk Redam, Lambungnya Juga Bocor

Setelah mendapatkan pertolongan di RS Muhammadiyah, Adian direkomendasikan dirawat di Rumah Sakit Doris Silvanus Palangkaraya.

"Jadi didiagnosa di RS. Muhammadiyah Palangkaraya mengalami serangan jantung berulang," ujar Rahman.

"Tetapi diagnosa di RS. Doris Silvanus agak sedikit berbeda. Disebutkan bahwa ada penurunan tekanan darah yang akut," lanjut dia.

Baca Juga: Pria 77 Tahun Ini Cegukan Selama 2 Minggu Lalu Meninggal dengan Diagnosis Serangan Jantung, Ternyata Cegukan Bisa Merupakan Tanda Penyakit-penyakit Berbahaya Ini!

Ketika kondisi Adian mulai membaik, para sahabat kemudian mengurus penerbangan agar anggota Komisi I DPR RI itu bisa dirawat di Jakarta.

Dokter spesialis jantung dari RS. Doris Silvanus turut mendampingi Adian dalam penerbangan dari Palangkaraya menuju Jakarta.

"Sekitar jam 16.50 WIB, Bang Adian sudah tiba di (Bandara) Halim, dijemput oleh istri dan kemudian didampingi istri sampai hari ini di RS Siloam," lanjut Rahman.

Baca Juga: Selalu di Kamar untuk Bermain HP Seharian, Pria dengan Bobot 90 Kilogram Ini Alami Kisah Menakutkan ketika Jantungnya Tiba-tiba Berhenti Berdetak

Adian Napitupulu Diminta Gaya Hidup oleh Wanita Ini

Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulumasih tergolek di RSUD Doris Sylvanus,Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Anggota Komisi I DPR RI itu tiba-tiba kolaps dalam penerbangan Jakarta-Palangkaraya, Kamis (19/12/2019) kemarin.

Melansir dari Tribunnews,Eva Kusuma Sundari, rekan sekaligus sesama politikus PDI-P ingin Adian mengubah gaya hidupnya.

Kolase Tribunnews
Kolase Tribunnews

Baca Juga: Masih Ingat Wanita yang Melahirkan di Usia 74 Tahun? Begini Kabar Terbaru Suaminya yang Disebut Alami Serangan Jantung Tak Lama Setelah Jadi Ayah

Bagi Eva, Adian adalah role model sekaligus aset partai.

"Semoga Adian segera pulih dan segera berganti gaya hidup yang sehat," kata Eva kepada wartawan, Jumat (20/12).

"Harusnya Adian paham, kalau dia dibutuhkan partai karena dia dimodelkan oleh milenial dan gaya komunikasinya menyegarkan‎. Karena di internal partai disebut sebagai aset partai‎."

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Kompas.com, Tribunnews

Baca Lainnya