Sosok yang Hobi Kritik Pemerintah Ini Anggap Erick Thohir 'Cari Panggung' saat Copot Jabatan Dirut Garuda Ari Askhara: Mungkin Kurang Puas jadi Tukang Bakso

Jumat, 13 Desember 2019 | 16:15
Kolase Tribunnews dan Twitter

Suar.ID -Pengamat Politik, Rocky Gerung menyebut bahwa Menteri BUMN, Erick Thohir hanya melakukan pencitraan dalam menghadapi kasus skandal Harley di dalam Garuda.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan pencopotan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara karena terlibat dalam penyelundupan Harley Davidson yang dikemas secara terpisah menjadi 15 kotak dan juga sepeda Brompton.

Dalam konferensi yang dilakukan bersama dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan pihak terkait, Erick Thohir menyatakan pihaknya merasa sedih dengan kasus ini.

Baca Juga: Ada Dugaan Pejabat Garuda Germo Pramugari, Begini Respons Erick Thohir: Tidak Boleh Kaum Perempuan Itu Dijadikan Hal yang tidak Baik!

"Ini yang sungguh menyedihkan, ini proses secara menyeluruh di dalam sebuah BUMN, bukan individu, menyeluruh,"

"Ini yang tentu ibu (Menkeu) pasti sangat sedih dan saya sangat sedih, ketika kita ingin mengangkat citra BUMN, membangun kinerja BUMN, ketika oknum-oknumnya tidak siap, inilah yang terjadi,"ujar Erick Thohir, melansirdari tayangan Breaking News Kompas Tv, Kamis (5/12/2019).

Dikatakan menyeluruh karena dalam kasus ini ternyata melibatkan petinggi Garuda lain.

Ari Askhara disebut membeli Harley Davidson klasik tipe Shovelhead keluaran 1970 an ini, pada April 2019 lalu.

Baca Juga: Setelah Bongkar Borok Ari Askhara ke Publik, Pramugari Garuda Minta Erick Thohir Sapu Bersih Orang Dekat Sosok Ini

Proses transaksi dilakukan dengan menggunakan rekening pribadi dari Finance Manager Garuda Indonesia di Amsterdam, Belanda.

Erick Thohir kemudian mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut guna mengetahui keterlibatan sejumlah pihak lain.

"Tentu proses daripada ini, karena ini adalah perusahaan publik pasti ada prosedurnya lagi, tidak sampai di situ saja, kita akan terus melihat lagi oknum-oknum yang akan tersangkut di dalam kasus ini," ujar Erick Thohir.

Kasus ini pun akan ditangani oleh Kementerian Keuangan dan juga Dirjen Bea Cukai karena menyangkut dengan kerugian negara.

Baca Juga: Mengenakan Kostum Tukang Bakso, Erick Thohir Lontarkan Kalimat Menohok Soal Dirut yang Suka Nitip Barang, Sindir Ari Askhara?

Tanggapan Rocky Gerung Mengenai Tindakan Erick Thohir Mencopot Jabatan Dirut Garuda Ari Askhara

Twitter
Twitter

Pengamat Politik, Rocky Gerung menyebut bahwa Menteri BUMN, Erick Thohir hanya melakukan pencitraan dalam menghadapi kasus skandal Harley di dalam Garuda.

Sebagaimana diketahui, Erick Thohir sampai memecat sang Direktur Utama Ari Askhara.

Dari tayangan Facebook Mata Najwa pada Rabu (11/12/2019), Rocky Gerung mulanya justru membahas politisi bekas.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti dan Ignasius Jonan Bakal Mengisi Posisi Dirut Garuda Pasca Ari Askhara Dipecat, Begini tanggapan Erick Thohir

"Tapi saya bisa bayangin bahwa yang berharga sekarang itu barang bekas gitu?."

"Kalau politisi bekas enggak berharga karena enggak bisa diselundupkan gitu dab, enggak bisa dirakit ulang dan mungkin itu kelucuan hari ini soal," ungkap Rocky Gerung.

Lantas, Rocky Gerung menilai bahwa kasus Garuda sama sekali tidak lucu.

"Apa yang lucu di Kasus Garuda kemarin itu?," ungkapnya.

Tangkapan layar Youtube Najwa Shihab
Tangkapan layar Youtube Najwa Shihab

Baca Juga: Kasus Garuda Dinilai Hanyalah Kasus 'Kecil', Kini Erick Thohir Diminta Usut Skandal yang Memakan Uang Negara Sebesar Rp 16 Triliun di BUMN!

Menurutnya, kasus Garuda itu tidak mengagetkan.

"Iya hal yang enggak mengagetkan karena orang bisa prediksikan bahwa besok akan ada mungkin ada alat face lip karena ada yang mau operasi wajah dapat inspirasi dari situ," jelasnya.

Mendengar itu, Najwa Shihab sebagai presenter langsung bertanyasecara blak-blakan bagaimana komentar Rocky Gerung soal pemecatan Ari Askhara oleh Erick Thohir.

"Tapi tindakan BUMN langsung memecat?," tanya Najwa Shihab.

Baca Juga: Mantan Pegawai BUMN Ini Bocorkan Keburukan Lain dari Dirut Garuda yang Dipecat Erick Thohir: Sudah Masuk dalam Jalan Pintu Sesat!

Rocky Gerung menilai bahwa Erick Thohir hanya melakukan pencitraan dalam menghadapi kasus skandal Harley di dalam Garuda.

"Enggak itu cuma cari panggung saja," jawab Rocky Gerung.

Menurutnya, jaman sekarang banyak orang ingin dikenal.

"Ya kan ini jaman orang cari kamera sebetulnya," lanjutnya.

Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Baca Juga: Baru Saja Dicopot Erick Thohir Gara-gara Terlibat Selundupkan Harley Davidson, Sosok Ini Ternyata Punya Koleksi Mobil Mewah yang Bikin Ngiler

Tak hanya menyinggung Erick Thohir, Rocky Gerung juga turut menyentil soal peran sejumlah menteri dalam pentas Hari Anti Korupsi Sedunia, termasuk Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim.

"Jadi Nadiem dikasih kamera lagi pake OSIS terus Pak Erick sehari sebelumnya mungkin kurang puas jadi tukang bakso sekarang jadi tukang pecat," kata dia.

(Mariah Gipty/Tribun Wow)

Artikel ini telah tayang di Tribun Wow dengan judulRocky Gerung Nilai Erick Thohir Hanya Pencitraan Copot Ari Askhara: Kurang Puas Jadi Tukang Bakso

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : YouTube, Youtube Kompas TV, Youtube Sekretariat Presiden

Baca Lainnya