Menkes Terawan Usulkan 'Mak Erot' jadi Destinasi Wisata Kesehatan, Tompi Berharap Itu Hanya Bercanda: 'Sering Dapat Korban Mak Erot'

Rabu, 27 November 2019 | 07:30
Kolase Tribunnews & Warta Kota

Menkes Terawan usulkan pengembangan wisata kesehatan di Indonesia dengan metode tradisional, salah satunya klinik kebugaran Mak Erot

Suar.ID - Terawan Agus Putranto beberapa saat lalu mengusulkan pengembangan wisata kesehatan di Indonesia, termasuk mengangkat sejumlah metode tradisional Indonesia sebagai wisata kesehatan, contohnya, klinik kebugaran Mak Erot.

Kerap dijadikan guyonan, nama Mak Erot memang menjadi terkenal di seantero Indonesia karena keahliannya spesialis pembesar alat vital pria.

Mak Erot terkenal dengan praktik pijatnya yang diklaim bisa membesarkan alat vital kaum laki-laki.

Mak Erot lahir di Cigadog, Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, konon lebih dari 130 tahun lalu.

Baca Juga: Ramai Dihujat, Lala Pengasuh Rafathar Pilih Tak Ikut RANS ke Korea, Langsung Tuai Komentar Miring Gara-gara Foto: 'Ga Malu Apa'

Keberadaan Mak Erot menjadi inspirasi bagi pihak lain, sehingga terciptalah beberapa buku yang mengaitkan namanya, antara lain buku yang ditulis Moammar Emka berjudul Ade Ape

Dengan Mak Erot. Ada juga novel berjudul Big Size yang ditulis oleh Akoer yang berisi tentang praktik pembesaran alat kelamin laki-laki.

Ada juga film yang terinspirasi keberadaan Mak Erot, yaitu film XL, Antara Aku, Kau dan Mak Erot dengan tokoh Mak Siat.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan idenya untuk mengembangkan wisata kesehatan.

Baca Juga: Sebelum Meninggal Miliki Gelagat yang Tak Biasa, Pasangan Suami Istri Tewas Diserang Amukan Serangga Mematikan Ini, Sang Kakak: 'Tumben...'

Pengobatan tradisional lokal yang selama ini tersohor di tanah air, seperti Mak Erot, Tongkat Ali dan Purwaceng akan naik kelas. Mengapa bisa?

Dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan asing yang berkunjung Indonesia, Kementerian Kesehatan mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan membuat peta jalan pengembangan wisata kesehatan.

Ada empat aspek yang akan menjadi daya pikat yakni wisata medis, wisata kebugaran dan jamu, wisata olahraga mendukung kesehatan dan wisata ilmiah kesehatan.

Menyebutkan pemilihan aspek-aspek tersebut karena Indonesia punya potensi besar pada aspek-aspek tersebut.

Tribunnews
Tribunnews

Poster klinik tradisional Mak Erot yang terkenal di Indonesia

Baca Juga: Poligami tapi Kedua Istrinya Tak Akur, Terungkap Istri Muda Pesulap Ini Diteror Istri Tua, Rumahnya Pernah Didatangi dan Diobrak-abrik

"Kita lihat peluang besar Industri wisata kesehatan yang belum tergarap di Indonesia dapat dilakukan dengan memperluas penetrasi usahanya dalam mengembangkan potensi wisata Kesehatan," kata Menkes Terawan saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Khusus untuk meninkatkan poin ketiga yakni wisata kebugaran dan jamu.

Terawan menyebut akan membuat acara kesehatan berkelas internasional dan kemudian mempronisikan yang paling unik dari jamu dan teknik kebugaran yang sudah ada di Indonesia.

"Rajin-rajinlah membuat kongres-kongres internasional, kemudian itu banyak contohnya itu mau Tongkat Ali, mau Purwaceng, mau Mak Erot pakai teknik-teknik yang lain, yang segar, yang gampang, yang memudahkan orang asing mau datang ke Indonesia," ucap Menkes Terawan.

Baca Juga: Gajinya jadi Kades Kecil Banget, Mantan Biduan Dangdut Ini Tetap Terima Job Nyanyi, Ternyata Honornya Bikin Geleng-geleng Kepala

Penyanyi sekaligus dokter ahli bedah plastik, Tompi tertarik bicara soal Mak Erot yang kabarnya akan dijadikan destinasi wisata oleh Menkes Terawan.

Tompi berharap apa yang direncanakan Menkes beberapa saat lalu itu hanya guyonan semata.

"Saya berharap itu bercanda. Karena kalau itu serius, berarti Beliau enggak tahu Mak Erot ngapain," kata Tompi seraya tertawa saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2019).

Ternyata bukan tanpa alasan Tompi mengkritisi niat Menkes Terawan. Ini karena dirinya dapat cerita langsung dari si pasien Mak Erot.

Tompi mengungkap, banyak korban Mak Erot datang padanya karena bermasalah pada organ vitalnya.

"Karena kita sebagai dokter bedah plastik sering mendapatkan korban Mak Erot. Meskipun saya enggak tahu itu Mak Erot yang dimaksud sama atau tidak," ujarnya.

Terkait praktek Mak Erot, Tompi mengatakan tak mungkin metodenya hanya dengan diurut saja.

Baca Juga: 5 Tahun Menjanda Setelah Skandal Video Syur-nya Bersama Ariel NOAH Terkuak ke Media, Cut Tari Dikabarkan Bakal Menikah Akhir Tahun 2019, Calon Suaminya Terungkap

Sebab beberapa pasien yang datang padanya kerap mengeluhkan karena pernah jalani pengobatanan di Mak Erot.

"Karena tidak mungkin diurut doang tiba-tiba penisnya gede. Ternyata ada sesuatu yang disuntikan secara tidak sadar mengurut, sambil dia nyuntik," kata Tompi.

Setelah dari Mak Erot yang diduga memakai metode suntik inilah kemudian membuat bentuk alat vital pria tak karuan.

"Kemudian bisa tumbuh jaringan baru dan bentuk penis enggak karuan. Dan sering orang datang ke dokter bedah minta jaringan itu dibersihkan, mudah-mudahan Mak Erot yang kita maksud beda ya," lanjutnya.

Menurut Tompi, gagasan mengenai pengembangan wisata kesehatan yang diusulkan Terawan belum saatnya diterapkan.

Pelantun lagi Tak Pernah Setengah Hati itu menilai masih banyak masalah lain yang seharusnya menjadi prioritas pemerintah. (Bayu Indra Permana)

Baca Juga: Butuh Uang, Job Malah Direbut Temannya Sendiri, Dede Sunandar Akui Sakit Hati kepada Anwar Sanjaya: ' Gue Benci Lu, War'

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judulPernah Dengar Cerita Pasiennya Jadi Korban Mak Erot, Tompi Berharap Menkes Terawan Hanya Bercanda

Editor : Rina Wahyuhidayati

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya