Begini Video Detik-detik Penyerbuan dan Kematian Pemimpin ISIS Al Baghdadi, Ternyata 2 Anaknya yang Dia Bawa Juga Ikut Tewas

Sabtu, 02 November 2019 | 15:00
Kolase Al-Furqan dan NBC News

Suar.ID -Amerika Serikat telah merilis video dan foto resmi terkait penyerbuan yang menyebabkan kematian pemimpin ISIS, Abu Bakar Al-Baghdadi.

Diberitakan oleh Fox News, Video dan foto tersebut dirilis oleh Jenderal Korps Marinir, Kenneth F. McKenzie Jr, komandan Komando Pusat AS pada konferensi pers, Rabu (30/10/2019) di Pentagon.

Ia menampilkan detik per detik operasi pasukan khusus menyerang satu tempat persembunyian ISIS di Utara Suriah, Sabtu (26/10/2019) lalu.

Serangan iniberakhir dengan Baghdadi meledakkan dirinya dengan rompi bom bunuh diri.

Baca Juga: Video Detik-detik Penyerangan AS terhadap ISIS Tersebar: Bola Api Besar dapat Terlihat Meledak di Langit!

Secara keseluruhan, pasukan AS menewaskan enam anggota ISIS, terdiri dari empat wanita dan satu pria lain, selain Baghdadi.

McKenzie juga mengonfirmasi bahwa Baghdadi juga tewas bersama dua anaknya yang dibawa bersamanya ke dalam terowongan ketika pasukan AS mengejarnya.

Beredar informasi tiga anak Baghdadi tewas saat itu.

"Dia merangkak ke dalam lubang dengan dua anaknya yang masih kecil dan meledakkan dirinya," kata McKenziepada Jumat (1/11/2019).

Baca Juga: Bagai Ketiban Durian Runtuh, Pengembala Ini Temukan Harta Karun ISIS Bernilai Rp361 Miliar yang Tersembunyi di Padang Pasir

Dalam pidatonya pada Minggu (27/10/2019), Presiden AS Donald Trump menggambarkan serangan malam hari di Provinsi Idlib, Suriah, oleh pasukan operasi khusus Amerika dilakukan bersama beberapa negara.

"Tidak ada tentara AS tewas dalam operasi," kata Trump.

Kematian Baghdadi merupakan sebuah tonggak sejarah dalam perang melawan ISIS.

"Identitas Baghdadi dikonfirmasi oleh tes DNA yang dilakukan di lokasi," jelas Trump.

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya