Baru Saja Jokowi Keluar dari Gedung DPR, Unjuk Rasa Mahasiswa Kembali Bermunculan

Rabu, 02 Oktober 2019 | 09:00
Tribun Jakarta

Massa mahasiswa terpantau membawa spanduk dan bendera di sekitaran gedung DPR-MPR RI, pada pukul 11.30 WIB, Selasa (1/9/2019).

Suar.ID -Presiden Joko Widodo meninggalkan gedung DPR RI sekitar pukul 11.00 WIB.

Presiden berada di gedung DPR RI Jakartaguna menghadiri pelantikan anggota DPR/DPD/MPR RI periode 2019-2024.

Namun baru saja Presiden meninggalkan gedung DPR, massa mahasiswaterlihat membawa spanduk dan bendera di sekitaran Gedung DPR MPR RI, pada pukul 11.30 WIB.

Dilansir dari Tribun Jakarta, spanduktersebutbertuliskan 'Nyalakan Tanda Bahaya'.

Baca Juga: Ubah Ember Oranye Jadi Helm, Deretan Foto Viral Aksi Jurnalis Kompas TV Saat Meliput Kericuhan Demo di Depan Gedung DPRD Sumut

Massa mahasiswa tersebut mengenakan almamater hijau, yang berasal dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Meski di bawah teriknya matahari, massa mahasiswa ini masih terlihat semangat.

Merekaterdengar menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum menunaikan ibadah salat zuhur.

Baca Juga: Meski Sempat 'Dikambinghitamkan' di Era 1960-an, Genjer Kini Jadi Menu Makanan Favorit hingga Hadir di Restoran Mewah

Puluhan Pelajar Diamankan

Sementara itu, puluhan pelajar kembali ditangkap saat hendak demo menuju Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), di Mapolresta Metro Jakarta Utara, Selasa (1/10/2019).

Dilansir dariWarta Kota, pukul 10.00 WIB,sekitar20 pelajardiamankan aparat kepolisian Jakarta Utara dari Stasiun Tanjung Priok dan Terminal Tanjung Priok.

Pelajar tingkat SMP, SMA, dan SMK tampak dimintai keterangannya oleh pihak kepolisian.

Baca Juga: Mulan Jameela Resmi Jadi Anggota DPR RI Setelah Rebut Kursi dari Temannya Sendiri, Ini Pesan Ahmad Dhani dari dalam Penjara, Tak Main-main

Rata-rata mayoritas pelajar tersebutberasal dari sekolah luar daerah Ibukota yang transit sementara di wilayah Jakarta Utara.

Mereka mengaku jauh-jauh dari berbagai wilayah seperti; Cirebon, Tasikmalaya hingga Karawang, yang berdemo dengan diiming-imingi uang sebesar Rp.20.000.

Tak hanya itu selain pelajar, terdapat seorang buruh pabrik, serta preman jalanan yang ditangkap dengan menyamar menggunakan seragam sekolah.

Namun, ketika Warta Kota menanyakan tujuan mereka sebagian besar tak tahu dan hanya ikut-ikutan saja dari ajakan teman-temannya dari grup Whatsapp.

Baca Juga: Akhirnya Dilantik Jadi Anggota DPR RI, Mulan Jameela Sangat Berhasrat Gabung ke Komisi Ini, Ini Alasannya

Seorang pelajar SMP bernama IS (16), mengatakan dirinya mendapatkan uang 20 ribu dari temennya untuk berdemo di DPR.

“Iya, teman kasih uang kemarin untuk demo, tapi malah jadi begini. Saya gak tau apa-apa,” ujar pelajar asal Karawang itu kepada Wartakota.(Muhammad Rizki Hidayat/Tribun Jakarta)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judulBawa Spanduk 'Nyalakan Tanda Bahaya', Massa Mahasiswa Mulai Mendekat Gedung DPR MPR RI

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : Warta Kota, Tribun Jakarta

Baca Lainnya