Cerita Miris dari Balik Tebalnya Kabut Asap, Bayi di Palembang Meninggal, Dokter Temukan Bakteri di Paru-parunya

Senin, 16 September 2019 | 12:10
(KOMPAS.com/ANDI MUHAMMAD HASWAR) dan (KOMPAS.COM/IDON)

Kabut Asap di Kalimantan Selatan dan Pekanbaru, Riau

Suar.ID -Elsa Fitaloka, bayi asal Palembang meninggal dunia akibat terpapar kabut asap.

Awalnya Elsa diduga terkena ISPA, namun dokter menemukan bakteri di dalam paru-paru bayi itu.

Elsa meninggal dunia pada Senin (16/9/2019) dini hari, setelah menjalani perawatan intensif di RSMH.

Gejala ISPA sudah dirasakan oleh kedua orang tua korban, sebelum harus menerima kenyataan bahwa bayi mereka Elsa Fitaloka meninggal.

Baca Juga: Kebakaran Hutan Makin Parah, Penguasa Hutan Kalimantan Ini pun Ditermukan dalam Keadaan Gosong

Sebelum Terpapar Kabut Asap dan Elsa Fitaloka meninggal pada Senin (16/9/2019) dini hari, Elsa sudah terlihat tanda-tanda menderita ISP dengan sertai filek dan batuk sebagai ciri-ciri ISPA pada umumnya.

Tanda-tanda ISPA yang dialami bayi yang baru berumur 4 bulan itu, sudah terlihat satu hari sebelum Elsa Fitaloka meninggal.

"Sebelumnya, batuk, pilek dan perutnya sering kembung. Puncaknya semalam, seperti tidak bisa bernafas. Tetapi masih sadar dan mau minum ASI," ujar Ngadirun saat ditemui di rumah duka yang berada di Desa Yang Buluh RT 08 Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, Senin (16/9/2019).

Terpapar Kabut Asap tebal

Seperti diketahui, Terpapar Kabup Asap, karena kabut asap sejauh ini makin tebal dan menyelimuti kota Palembang, Elsa Fitaloka meninggal karena diduga Anak kedua pasangan Ita Septiana (27) dan Ngadirun (34) ini, sempat menjalani perawatan.

Elsa Fitaloka meninggal setelah sempat dirawat di RS Ar Rasyid Palembang, Minggu (15/9/2019) pukul 18.35, bayi berumur 4 bulan ini, memang mengalami gejala-gejala ISPA sebelum meninggal.

Elsa Fitaloka meninggal setelah sebelumnya mengalami batuk-batuk dan juga disertai pilek.

Elsa Fitaloka Meninggal diduga karena Terpapar Kabut Asap. Karena Paginya, kondisi Elsa kian tidak bagus.

TRIBUN SUMSEL/ARDIANSYAH
TRIBUN SUMSEL/ARDIANSYAH

Terpapar Kabut Asap Elsa Fitaloka meninggal

Sehingga kedua orangtuanya memilih untuk membawa anaknya ke bidan desa untuk diperiksa. Sampai di tempat bidan desa, sang bidan menyarankan agar Elsa segera dibawa ke rumah sakit agar bisa mendapatkan pengamanan lebih intensif.

Baca Juga: Viral Video Detik-detik Dua Orang Pria Terbakar Saat Keluarkan Isi Tabung LPG, Merasa Ditipu Karena Isinya Air

Pihak keluarga akhirnya memutuskan untuk membawa ke RS Sukajadi KM 14 Banyuasin. Di sana, setelah sempat mendapatkan perawatan pihak rumah sakit menyarankan untuk dibawa ke rumah sakit yang lebih lengkap peralatan medisnya.

Dari itulah, pihak keluarga memutuskan membawa Elsa ke rumah sakit yang ada di Palembang. Elsa, dibawa ke rumah sakit Ar Rasyid KM 7 Palembang. Setelah sempat mendapatkan pemeriksaan, disarankan untuk dibawa ke RSMH Palembang untuk penanganan lebih serius.

"Dari pihak RS Ar Rasyid menelepon ke RSMH, tetapi disana katanya belum ada kamar. Jadi belum bisa dibawa ke sana, makanya jadi menunggu lagi. Di Ar Rasyid, terus dilakukan perawatan sambil menunggu ada kamar di RSMH. Beberapa kali ditelepon, tetapi dari RSMH katanya tetap tidak ada kamar," ujar Ngadirun yang didampingi keluarganya Agus Darwanto yang juga Wakil Ketua Badan Pemusyawarayan Desa.

Lantaran belum ada kamar, sehingga diputuskan Elsa untuk dirawat ke kamar kelas 3 yang ada di RS Ar Rasyid. Penanganan sempat dilakukan, sampai dokter spesialis anak datang dan setelah diperiksa dokter memang menyarankan agar Elsa segera dibawa ke RSMH Palembang.

Baca Juga: Baru 5 Hari Suami Meninggal, Janda Kedapatan Berhubungan Intim dengan Seorang Pria Usai Gelar Tahlilan

Menurut Ngadirun, dokter memerintahkan agar Elsa segera dipindahkan ke RSMH Palembang untuk cepat penanganan lebih serius. Karena, kondisinya sudah sangat lemah dan nafasnya juga harus dipacu dengan alat. Sedangkan, di RS Ar Rasyid alat yang dibutuhkan belum memadai.

"Kata dokter harus dibawa ke RSMH, untuk masalah kamar abaikan dulu. Bila sudah di RSMH, alatnya ada dan bila terjadi sesuatu bisa cepat dilakukan tindakan. Jadi saya mau, dan mengurus administrasinya agar bisa keluar dari RS Ar Rasyid," ungkapnya.

Ditemukan adanya Bakteri

Namun, takdir berkata lain. Ketika akan dibawa ke RSMH Palembang nyawa Elsa tidak dapat tertolong lagi. Elsa menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 18.35.

Baca Juga: Ditodong Begal Saat Hendak Berangkat Kerja, Gadis Cantik Ini Nekat Melawan hingga Buat Mereka Kabur

Pihak keluarga yang sudah berusaha, akhirnya hanya bisa pasrah dan memutuskan membawa jenazah Elsa ke rumah duka untuk disemayamkan.

Menurut Ngadirun, dari penjelasan dokter jaga di IGD ketika masuk kemungkinan awal karena ISPA. Namun, dari keterangan dokter spesialis anak yang memeriksa Elsa, bila ada masalah di paru Elsa atau ada bakteri. Meski sudah diberikan infus dan oksigen, tetap saja nyawa Elsa tidak dapat di tolong lagi.

Rencananya, jenazah Elsa Fitaloka akan dimakamkan di TPU Desa Talang Buluh Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin hari ini.

(TRIBUN SUMSEL / M ARDIANSYAH)

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Diduga Awal Terkena ISPA Dokter Juga Temukan Bakteri di Paru-Paru Esla Fitaloka

Editor : Rina Wahyuhidayati

Sumber : Sripoku

Baca Lainnya