Follow Us

Kebakaran Hutan Makin Parah, Penguasa Hutan Kalimantan Ini pun Ditermukan dalam Keadaan Gosong

Aditya Eriza Fahmi - Minggu, 15 September 2019 | 15:00
Ilustrasi kebakaran hutan
Pixabay

Ilustrasi kebakaran hutan

Suar.ID - Kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan ini makin lama kian menjadi parah.

Mengutip Kompas.com, Kota Samarinda, Kalimantan Timur kini diselimuti oleh kabut asap yang makin pekat pada Sabtu (14/9).

Ini dikarenakan banyaknya ditemukan titik api di hampir semua Kabupaten dan juga Kota di Kalimantan Timur.

Hasil deteksi hotspot (titik api) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kaltim menunjukkan terdapat 57 titik panas yang berpotensi terbakar berkisar 81-100 persen.

Baca Juga: Dituding Aksi Sosialnya Hanya Pencitraan Oleh Astrid QQ Production, Begini Jawaban Bijak Baim Wong

Selain itu, ada 53 titik panas yang potensi kebakaran berkisar antara 71-80 persen di 10 kabupaten/kota hingga Senin (9/9/2019).

Kepala Seksi Pengendali Kerusakan dan Pengamanan Hutan Shahar Al Haqq mengakui titik api hampir tersebar merata di semua kabupaten dan kota.

"Lebih kurang 300 hektare lahan sudah terbakar di sana (Berau)," ungkap Shahar, Selasa (10/9/2019).

Hingga kini, tim masih pemadaman di lokasi dengan menerjunkan 60 orang dari Masyarakat Peduli Api (MPA) di setiap desa terdekat dan bantuan tim dari lokasi.

Baca Juga: Tak Mau Anaknya Disebut Gila, Elvy Sukaesih Ungkap Penyakit yang Diidap Putranya hingga Sebabkan Ngamuk dan Rusak Warung

Kepala Koordinator Teknisi (Kapoksi) Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Samarinda, Aliansyah mengatakan asap kiriman mulai mengepung Samarinda sejak Jumat (13/9/2019).

"Kemungkinan asap meningkat terus hingga beberapa hari ke depan. Kita kena imbas karena deteksi kami asap di Kaltim lebih banyak dapat kiriman dari Kalbar dan Kalsel lewat arah dari selatan," kata Aliansyah, Sabtu (14/9/2019).

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest