DPR RI Kemungkinan Besar akan Punya Anggota Artis Baru, Yuk Kepoin Siapa Saja Sih?

Kamis, 02 Mei 2019 | 18:53
instagram/@mulsnjameela1, @krisdayantilemos, @ollaramlanaufar

Kolase: Mulan Jameela, Krisdayanti, dan Olla Ramlan

SUAR.ID -Pada pemilu 2019 kali ini akan ada wajah-wajah selebritas baru yang diprediksi lolos menjadi anggota DPR RI di Senayan.

Siapa saja mereka?

Pencalonan dari kalangan artis kali ini meningkat daripada periode lalu yang hanya 46 orang.

Banyak di antara mereka yang lolos menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

Sejumlah nama yang dikabarkan lolos tersebut di antaranya Ahmad Dhani, Krisdayanti, Olla Ramlanhingga Mulan Jameela.

Siapa mereka? Apa kiprahnya di dunia hiburan? Tribunnews.com mencoba merangkumnya.

Baca Juga : 4 Fakta Bos BUMN Tewas di Hotel Setelah Berhubungan Intim dengan Wanita Seksi

Krisdayanti

(Tribunnews/MUHAMMAD FADHLULLAH)
(Tribunnews/MUHAMMAD FADHLULLAH)

Penampilan Krisdayanti di Konser Musik Spesial di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Kamis (21/2/2019). Krisdayanti tampi di Konser Musik Spesial dengan tema Cerita Tentang Cinta.

Krisdayanti, Diva Pop Indonesia yang menjadi Caleg DPR RI dari PDIP untuk Daerah Pemilihan Jatim V wilayah Malang Raya (Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu) benar-benar mendapat dukungan yang luar biasa dalam Pemilu 2019.

Ini terlihat berdasar hasilPileg2019 di Kota Batu Jawa Timur.

Di kota kelahirannya tersebut, Krisdayanti berhasil mendapatkan suara terbesar dibandingkan caleg lainnya.

Di Kota Batu, Krisdayanti memperoleh sebanyak 15.473 suara. Hasil itu setelah penghitungan suara tingkat Kota Batu dilakukan.

Setelah itu, baru diurutan kedua disusul Ahmad Basarah yang juga Caleg DPR RI dari PDIP yang memperoleh 7383 suara. Ahmad Basarah merupakan Wasekjen PDIP.

Baca Juga : Seorang Suami Kaget ketika Istrinya Pulang Kerja dari TKW 7 Tahun Bawa Dua Anak dan Melayangkan Gugatan Cerai

KD demikian Krisdayanti biasa disapa, satu yang nasibnya beruntung dibanding sesama artis yang juga berangkat dari parpol yang sama.

Tapi dari sederet nama-nama populer itu, menurut Kepala Badan Saksi Pemenangan Nasional (BNSP) PDI Perjuangan, Arif Wibowo, diperkirakan hanya tiga yang akan melenggang ke parlemen yakni Krisdayanti, Rieke Diah Pitaloka,dan Junico Siahaan.

KD pun mengatakan kunci kesuksesannya dalam Pileg 2019 ini tidak lepas dari peran relawan. KD maju menjadi calon anggota DPR RI melalui PDIP dengan Dapil Malang Raya.

(Istimewa/ Dokumen Pribadi)
(Istimewa/ Dokumen Pribadi)

Diva pop Indonesia, Krisdayanti, nyekar ke makam Bung Karno, Presiden pertama RI dan Proklamator Bangsa ini, di Blitar, Jawa Timur, Selasa (16/4/2019) sore.

"Alhamdulillah ini semua berkat kombinasi dari figure, konsep yang tepat dan pelaksanaan yang disiplin juga loyalitas relawan yang hebat," ucap dia.

Baca Juga : Gadis 12 Tahun Diperkosa dan Dibunuh Secara Keji ketika Mengunjungi Kuil di India

Lantas, siapa seorang KD? Bagaimana rekam jejaknya selama ini?Istri Raul Lemos ini sebelumnya dikenal sebagai Diva pop Indonesia.Perempuan kelahiran Batu Malang Jawa Timur 24 Maret 1975 ini dibesarkan di kota kelahirannya sebelum pindah ke Jakarta pada tahun 1984.

Ia merekam lagu tema film anak-anak Megaloman saat usianya masih sembilan tahun.

Saat berusia 12 tahun, Krisdayanti merilis album pertamanya, Biasa Saja, namun gagal di pasaran.

KD kemudian merintis kariernya dengan mengikuti berbagai kompetisi bernyanyi.

Baca Juga : Mantan Bintang Film Dewasa Jepang Sara Aoi Live Streaming Lahiran Bayi Kembarnya, yang Nonton Lebih dari 200 Ribu

Berawal dari kemenangannya pada festival Asia Bagus di Jepang pada tahun 1992, nama Krisdayanti melambung di industri musik.

Selanjutnya KD bergabung dengan Warner Music Indonesia dan merilis album profesional perdananya bertajuk Terserah (1995).

Krisdayanti terus meretas sukses kritikal dan komersial di Indonesia melalui serangkaian album yang rilis mulai dari pertengahan era 1990-an.

Sejak sukses singel hit "Menghitung Hari" di Malaysia pada tahun 1998, nama Krisdayanti turut melejit di Asia Tenggara.

Puncak kariernya ditandai dengan keberhasilan konser tunggal perdananya bertajuk Konser KD pada tahun 2001 yang mengantarkannya pada gelar Diva Pop Indonesia.

Lagu-lagunya yang banyak menjadi hit dan seringnya mengadakan konser menjadikannya penyanyi termahal selama dasawarsa 2000-an, bahkan, majalah bisnis Swa menulis penghasilan Krisdayanti dalam setahun lebih besar dari Presiden Indonesia.

Baca Juga : Viral Paskibraka Tetap Melanjutkan Upacara Hardiknas Meski Hujan Deras Mengguyur: 'Jangan Kasih Kendor Anak Muda!'

Krisdayanti menikah muda dengan musisi Anang Hermansyah pada tahun 1996.

Dikutip dari Wikipedia, album duet pertama Krisdayanti bersama Anang, Cinta (1996), dibuat untuk membiayai pernikahan mereka pada saat itu.

Album tersebut ternyata sukses besar di pasaran dan menjadikan mereka pasangan duet terlaris di Indonesia.

Setelah menjalani rumah tangga selama 13 tahun dan berduet dalam delapan album, Krisdayanti bercerai dengan Anang pada tahun 2009. Ia kemudian menikah dengan Raul Lemos, seorang pengusaha asal Timor Leste, pada tahun 2011.

Sebagai salah satu ikon penyanyi wanita paling berhasil di industri musik Indonesia, Krisdayanti telah dianugerahi berbagai penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri.Krisdayanti dinobatkan sebagai salah satu dari "10 Artis Asia Terbesar" oleh Channel V pada tahun 2005.

Baca Juga : Parah, Pedagang 'Nakal' Menyuntikkan Gel ke Udang Agar Lebih Berat dan Bisa Mendapat Untung Banyak!

Pada pergelaran Anugerah Planet Muzik 2007 di Singapura, ia menjadi wanita Indonesia pertama yang menerima "Anugerah Khas" atas pencapaiaan kariernya dalam industri musik.Krisdayanti juga merupakan salah satu dari "99 Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia" versi majalah Globe Asia edisi Oktober 2007 dan "50 Penyanyi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa" versi majalah Rolling Stone edisi Desember 2010.

Olla Ramlan

(WARTA KOTA/ARIE PUJI WALUYO)
(WARTA KOTA/ARIE PUJI WALUYO)

Olla Ramlan

Sementara itu, dari Partai NasDem, dari sederet caleg yang maju dari kalangan artis, ada nama Olla Ramlanyang lolos melenggang ke rumah rakyat di Senayan.

Peruntungan Olla Ramlandi kancah politik yang baru saja dijajakinya sepertinya moncer.Olla Ramlan termasuk artis dari Partai NasDem yang berhasil dalam pencalegan ini selain Venna Melinda.

Maju di Daerah Pemilihan Jawa Barat IV, Olla Ramlanbisa meraup suara yang memposisikannya sama dengan Ratnasari dari Partai Amanat Nasional yang sudah merasakan duduk di kursi rakyat.

Padahal, Jawa Barat bisa dikatakan bukanlah daerah yang akrab dengan historis seorang Olla Ramlan.

Baca Juga : Pria Ini Telan AirPods saat Tidur, dari Dalam Tubuhnya Keluar Suara yang Membuatnya Kaget!

Siapa Olla Ramlan?Bernama asli Lidya Febiola, Olla Ramlanmengawali kariernya di dunia hiburan tanah air sebagai finalis ajang pemilihan Cover Girl Mode tahun 1997.

Terjun ke di dunia hiburan dimulai berkat dukungan kakaknya, Lolitha Ramlan yang mengirimkan formulir untuk ajang pemilihan tersebut.

Setelah Olla Ramlansukses menjadi juara favorit. Tawaran bermain sinetron dan bintang iklan lalu berdatangan.

Olla Ramlan yang memulai karier dengan menjadi model, kemudian melanjutkan dengan merambah dunia seni peran dengan bermain dalam beberapa judul sinetron.

Olla Ramlan tampil apik dalam sinetron Shakila, serta membintangi sebuah iklan Nescafé yang dialognya hingga kini masih diingat pemirsa dengan "Pagi Donna".

Pada November 2010, Olla resmi ditunjuk sebagai duta merek Yahoo OMG (sekarang menjadi Yahoo Celebrity).

Baca Juga : Berhasil Retas Situs KPU, Putra Aji Adhari Sebut Ada Celah yang Bisa Disalahgunakan

Olla Ramlan juga pernah mengerjakan projek duet bersama dengan Dewi Sandra untuk lagu STOP. Video klip dari lagu STOP sendiri melibatkan Dewi Sandra dan Olla Ramlanyang tampil fashionable.

Saat kariernya mulai menanjak, dengan berani kakak kandung Cynthia Ramlan ini menerima pinangan kekasihnya, Alex Tian. Padahal saat itu Olla baru berusia 23 tahun.

Alex adalah pria asal Belanda berdarah Tionghoa dan Spanyol yang menjadi model video klip Matamu yang dibawakan Titi DJ.

Mereka menikah pada tanggal 17 Mei 2003. Mereka dikarunia seorang putra yang diberi nama Sean Michael Alexander.

Setelah kembali ke dunia hiburan, rumah tangga Olla pun mulai dikabarkan retak sejak awal Oktober 2010.

Kesibukan Olla Ramlandi dunia entertainment pun dikabarkan menjadi salah satu penyebab masalah rumah tangganya dengan Alex Tian.

Baca Juga : Ketua RT Ditusuk saat Melerai Peseturuan Klaim Sumbangan Caleg untuk Warga

Nama Pasha, vokalis Ungu, pun sempat dikaitkan dengan perpisahan Olla dan suaminya.

Sebelum kabar beredar lebih luas, suami Olla Ramlanpun mengirim sebuah press release kepada beberapa media di Indonesia, yang menyatakan bahwa pernikahan mereka telah berakhir sejak dirinya menjatuhkan talak pada 7 Juli 2010.[5]

Talak di depan beberapa saksi ini pun disahkan keduanya di depan notaris pada 16 Juli 2010.

Walau sudah ada pernyataan resmi dari suami Olla, namun masalah masih belum selesai, terkait peresmian pernikahan keduanya yang dilakukan di Belanda.

Olla kemudian menikah lagi. 20 Desember 2012, Olla dia resmi menjadi istri Aufar Hutapea.

Pernikahan keduanya ini dikaruniai dua orang putri yaitu, Aleena Naira Hana Hutapea (16 Januari 2015)[7] dan Adreena Naira Hana Hutapea (3 November 2017).[8]

Baca Juga : Seorang Wanita Berniat Melakukan Bunuh Diri karena Merasa Berdosa setelah Dipaksa Suami Lakukan Praktik Tukar Istri

Ahmad Dhani

(SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)
(SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Musisi Ahmad Dhani saat menjalani sidang kasus pencemaran nama baik di PN Surabaya dengan agenda keterangan saksi, Selasa (5/3/2019). SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ

Dari Partai Gerindra dikabarkan ada nama Ahmad Dhani, Mulan Jameeladan Rachel Maryam lolos ke DPR

Berbeda dengan PDI Perjuangan, Partai Gerindra hanya mengajukan enam calon anggota legislatif dari kalangan artis, di antaranya Ahmad DhaniPrasetyo dari Dapil Jawa Timur I, Mulan Jameeladari Dapil Jawa Barat XI, Fauzi Baadilla dari Dapil Jawa Barat VI, dan Jamal Mirdad dari Dapil Jawa Tengah I.

Dari nama-nama itu, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade, mengatakan Mulan Jameela, Ahmad Dhani, dan Rachel Maryam yang diprediksi memenangi pertarungan.

"Kalau Mulan Jameelasaya tahu (lolos). Ahmad Dhanimasih kejar-kejaran (suara) dengan Bambang Haryo Soekartono. Rachel juga lolos," ujar Andre Rosiade kepada BBC News Indonesia, Minggu (28/4/2019).

Dia juga menjamin, seniman dari Gerindra yang akan duduk di DPR memiliki kemampuan mumpuni.

Baca Juga : Seorang Pria Hidup Tanpa Listrik Selama 3 Tahun, Meninggalkan Dunia Modern dan Hidup dengan Damai

Tentang profil Ahmad Dhani, bisa dipastikan pesohor ini sudah sangat populer, apalagi belakangan ia terjerat kasus hukum karena cuitannya.

Dikenal sebagai pendiri dan pemimpin grup musik Dewa 19 yang merupakan salah satu band paling sukses sepanjang dekade 1990-an dan 2000-an.

Tangan dingin Ahmad Dhaniytelah mencetak beragam karya yang berhasil mengorbitkan banyak penyanyi dan grup musik melalui Republik Cinta Management.

Dhani dikenal sebagai tokoh yang kontroversial dan sering memancing pro dan kontra. Ia juga dikenal sebagai musisi dengan eksperimentasi musik dan lirik puitis yang mengutip kata-kata mutiara dari pujangga terkenal.

Majalah MTV Trax edisi perdana tahun 2002 menobatkan Dhani sebagai salah satu "25 Musisi/Grup Paling Berpengaruh dalam Musik Indonesia."

Majalah Rolling Stone juga menempatkannya ke dalam daftar "The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa."

Baca Juga : Aneh bin Ajaib, Bulu Mata Wanita Ini Tumbuh Panjang dan Lentik karena Efek Samping Pengobatan Kanker

Kehidupan pribadi Ahmad DhaniPrasetyo pun kerap dikulik dan bikin publik penasaran.

Ahmad Dhani menikah denganMaia Estiantypada tahun 17 November 1996, setelah sekian lama menjalin cinta sejak Dhani masih di SMA Negeri 2 Surabaya.

Dari pernikahan mereka, keduanya memiliki 3 anak. Dhani menamai anak-anaknya sesuai tokoh sufi yang dikaguminya, yakni Ahmad Al Ghazali, Ahmad El Jallaludin Rumi, dan Ahmad Abdul Qodir Jaelani.

Sejak akhir 2006, Dhani dan istrinya terlibat skandal 'tuduh menuduh' yang berujung pada gugatan cerai yang diajukan oleh Maia Estianty. Rumah tangga mereka resmi berakhir pada 23 September 2008 melalui keputusan hakim di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Pada Agustus 2013, Dhani mengatakan bahwa Saafeya adalah putrinya dengan Mulan Jameela, penyanyi keturunan Garut yang besar di Bandung.

Baca Juga : Gambar Menyayat Hati, Suami Tak Melepas Pelukannya dari Jasad sang Istri yang Tewas Kecelakaan

(SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ) (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)
(SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ) (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

SIDANG TUNTUTAN - Terdakwa kasus video vlog ?idiot? Ahmad Dhani saat datang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (23/4) untuk menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntuan oleh JPU. Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejati Jatim Rahmat Hary Basuki menuntut dengan pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan.

Baca Juga : Ini Bukan Adegan dalam Film, Ada 'Spiderman' Selamatkan Korban Kecelakan di Malaysia

Mulan Jameela

(Warta Kota/Nur Ichsan) (Wartakota/Nur Ichsan)
(Warta Kota/Nur Ichsan) (Wartakota/Nur Ichsan)

NYOBLOS - Mulan Jameela memberikan hak suaranya di TPS 049, Rw 08 Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta selatan, Rabu (17/4/2019).

Selain Ahmad Dhani, sang istri Mulan Jameelapun dikabarkan melenggang ke Senayan.

Namanya menjadi sorotan karena pernikahannya dengan Ahmad Dhani. Mulan Jameelapun kerap dibuly dan dicap sebagai perebut laki orang alias pelakor karena kehadirannya dianggap sebagai perusak rumahtangga Dhani danMaia Estianty.

Tentang lolosnya ke Senayan, Mulan Jameelamengaku belum mengetahui jika dirinya menang dalam pemilu legislatif 2019 mewakili Partai Gerindra di Dapil Jawa Barat I.

"Enggak tahu, aku enggak pernah ngecek," kata Mulan kepada Antara. Dia mengatakan tak mau ambil pusing perihal menang atau kalah.

"Aku saja enggak pernah mikirin. Yang penting buat aku sih 02 menang," ujarnya.

Baca Juga : Akhiri Kiprah 10 Tahun Jadi Buron di Lautan, Andrey Dolgov Tunduk di Tangan TNI AL

Siapa Mulan Jameela?Bernama asli Raden Terry Tantri Wulansari.

(kolase/surya)
(kolase/surya)

Eksoresi berbeda Mulan Jameela saat menghadiri sidang Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Surabaya.

Awal popularitasnya dimulai pada tahun 1999 saat menggunakan nama panggung Wulan Ardina, kemudian menjadi vokalis utama Ratu, yang merupakan grup musik wanita tersukses di Indonesia dalam dekade 2000-an.

Saat bersama Ratu, ia menggunakan nama panggung Mulan Kwok.

Saat menjadi Wulan Ardina, ia sempat merekam album solo, namun tidak berhasil di pasaran. Setelah mundur dari Ratu pada tahun 2007, Mulan merilis album bertajuk Mulan Jameelapada tahun 2008, yang memantapkan posisinya sebagai salah satu penyanyi paling populer di Indonesia.

Baca Juga : Putus Asa Turunkan Berat Badan Pria Ini Akhirnya Pilih Berpuasa Selama 382 Hari, Hasilnya Sungguh Mengagumkan

Mulan Jameela dikenal karena suaranya yang khas serta penampilannya di atas panggung.

Baca Juga : Eks Kiper Real Madrid Iker Casillas Kena Serangan Jantung: Ini 6 Tanda pada Tubuh Sebulan Sebelum Serangan Jantung

(Anita K Wardhani)

Artikel ini pernah tayang di Tribunseleb dengan judul "Wajah Baru Selebritis di DPR RI, Olla Ramlan Hingga Mulan Jameela, Kepoin Profilnya Yuk".

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya