Ini yang Menyebabkan Ezra Walian Sudah Tak Bisa Lagi Bela Timnas Indonesia U-23 Menurut FIFA

Jumat, 22 Maret 2019 | 09:19
Instagram/Ezra Walian

Ezra Walian tak bisa bela Timnas U-23 Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2020.

Suar.ID – Ezra Walian dipastikan tidak dapat membela Timnas U-23 Indonesia dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Vietnam pada 22-26 Maret 2019 ini.

Padahal, mengutip Kompas.com, Ezra saat ini telah berada di Vietnam bersama skuad Timnas U-23 untuk melakoni laga perdana kualifikasi Piala Asia U-23.

Sedianya, Ezra diharapkan dapat membela Timnas U-23 mulai laga perdana Jumat (22/3/2019) sore melawan Thailand.

Namun, harapan untuk dapat bergabungnya Ezra membela Garuda Muda harus pupus karena menurut FIFA, Ezra tidak dapat membela Timnas Indonesia.

Baca Juga : Asyik Tidur Gadis 18 Tahun Ini Rasakan Sesuatu yang Lembut di Lehernya, Rupanya Ular Piton 3 Meter

Baca Juga : Syahrini Polisikan Lia Ladysta karena Tidak Terima dengan Pernyataannya

Ya, duduk perkaranya adalah karena Ezra yang seorang pemain keturunan Manado - Belanda ini pernah meperkuat Timnas Belanda di level junior pada kompetisi resmi UEFA.

Mengutip Kompas.com, aturan pada pasal 5 Ayat 2 Statuta FIFA, menyebutkan di mana seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi, tidak berhak untuk untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Statuta FIFA itu juga menyebut status pemain yang berganti asosiasi, menyatakan pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan.

Sehingga ia diperbolehkan membela negara lain dalam pertandingan internasional, tapi ini pun ada syaratnya.

Syaratnya adalah pemain yang berganti asosiasi tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya, termasuk hanya sebagai pengganti.

Apabila dia pernah bermain untuk negara lain, dia tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya.

Sementara dalam kasus Ezra, AFC mengetahui bahwa ia adalah pemain naturalisasi.

Untuk itu, AFC meminta dokumen pendukung berupa sumpah kewarganegaraan, dekret presiden, atau surat ketetapan lain.

PSSI pun sudah memgirim dokumen yang diminta AFC tepat waktu. AFC kemudian meminta PSSI untuk mengirimkan surat dari KNVB yang mengklarifikasi bahwa Ezra belum pernah bermain di Timnas Belanda.

Baca Juga : Diiming-imingi Mahar Tinggi, 7 Gadis Pontianak Rela Dinikahi Pria Asing dan Diboyong ke Luar Negeri, Tapi Tak Pernah Kembali

Baca Juga : Syahrini Polisikan Lia Ladysta karena Tidak Terima dengan Pernyataannya

KNVB merespons yang di dalamnya ternyata mencantumkan bahwa Ezra pernah bermain di Timnas U-17 Belanda pada ajang kualifikasi Piala Eropa tahun 2013 lalu.

Ezra Walian tercatat pernah dua kali membela Timnas U-17 Belanda pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa U-17 2014.

Pertandingan pertama Ezra memperkuat Timnas U-17 Belanda melawan San Marino, 19 Oktober 2013, Ezra tampil selama 40 menit. Dia mencetak 5 gol saat Belanda menang 12-0.

Pertandigan kedua Ezra bermain selama 54 menit saat Timnas U-17 Belanda melawan Georgia.

Atas dasar tersebut, diketahui bahwa Ezra sebelumnya pernah bermain di timnas pada kompetisi resmi sebelum ia mengajukan naturalisasi.

AFC kemudian meminta PSSI untuk mendapat persetujuan dari FIFA. PSSI pun telah mengirimkan dokumen yang dibutuhkan oleh FIFA (sumpah, decree, pernyataan dari Ezra, paspor Belanda, paspor indonesia, versi Inggris dan bahasa).

Setelah di-review FIFA, tetap pada peraturannya bahwa Ezra tidak dapat berpindah asosiasi karena pernah bermain di kompetisi resmi sebelum naturalisasi.

Surat FIFA tertanggal 21 Maret 2019 yang ditandatangani oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players' Status, Erika Montemor Ferreira, juga telah dikirim kepada Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

PSSI melalui Direktur Hubungan Media PSSI, Gatot Widakdo juga menghormati keputusan FIFA soal status Ezra Walian di Timnas U-23 Indonesia.

Dengan demikian, dipastikan Ezra Walian tidak dapat memperkuat Timnas U-23 Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Baca Juga : Seorang Gadis Mengklaim telah Diperkosa oleh 6 Teman Prianya saat 'Tidur'

Baca Juga : Budiman Sudjatmiko: Kalau Jokowi Tak Jadi Presiden Lagi, Tinggal Ngemong Cucu dan Lanjutkan Bisnis Meubel

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Sumber : kompas

Baca Lainnya