Follow Us

Sangar! Menteri Susi Pudjiastuti Masuk Daftar ‘Para Pemikir Dunia’ 2019 Versi Foreign Policy

Suar.id - Jumat, 25 Januari 2019 | 20:01
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ketika di Italia, 2018 lalu.
Kompas.com

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ketika di Italia, 2018 lalu.

Suar.ID - Kinerja Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia yang dikenal eksentrik, Susi Pudjiastuti, kembali diakui dunia.

Belum lama ini, perempuan bertato itu masuk ke dalam daftar bergengsi Global Thinkers 2019.

Susi masuk ke dalam kategori 10 besar tokoh yang dianggap punya pengaruh di bidang pertahanan dan keamanan menurut versi majalah ternama Foreign Policy.

Menteri kelahiran Pangandaran, Jawa Barat, tersebut bersanding dengan perempuan berpengaruh lain seperti Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen.

Baca Juga : Kelanjutan Kasus Video Mesum Siswa Madiun: Keluarga Pria Siap Menikahkan, Keluarga Perempuan Ajukan Syarat Lebih

Kemudian ada nama Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wazed dengan rekor jabatan terlama dalam sejarah negara sejak Januari 2009.

Dalam editorialnya, Foreign Policy memaparkan Susi berada dalam daftar karena komitmennya dalam mempertahankan kelestarian ikan serta biota laut.

Komitmen itu ditunjukkan dengan keberaniannya menelurkan kebijakan yang dianggap menakutkan, serta diperhatikan kawan maupun lawan.

Susi dikenal karena keputusannya menenggelamkan kapal nelayan yang kedapatan memancing secara ilegal di wilayah perairan Indonesia.

Ketika berkunjung ke Norwegia pada Juni 2018, Susi menjelaskan bahwa saat ini Indonesia telah menenggelamkan 363 kapal di teritorinya.

Dampak dari kebijakan tersebut, lanjutnya, adalah stok ikan meningkat dari sebelumnya 6,52 juta ton pada 2011 menjadi 12,5 juta ton pada 2017.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest