Follow Us

Misteri Bahu Laweyan, Wanita yang 'Memangsa' Pasangan Hidupnya Sendiri

None - Selasa, 25 Desember 2018 | 08:00
Ilustrasi wanita.
Ist

Ilustrasi wanita.

Intisari-Online.com - Pernah dengar seorang wanita yang setiap kali menikah selalu ditinggal mati pasangannya?

Benarkah ia ditakdirkan sial terus? Dalam kultur Jawa, manusia panas itu disebut bahu laweyan. Nah, bagaimana duduk persoalan misteri ini beberapa “pakar” mencoba mengungkapkannya.

---

Suasana seram terpotret di sebuah kompleks makam Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bukan kerumunan orang yang nampak memancing perhatian, namun justru kesendirian seorang wanita paruh baya yang dengan kekhusyukan tersendiri membedakannya dengan pengunjung lain.

Rona raut wajah, tarikan napas yang dalam, serta getar bibirnya yang berucap lirih menyiratkan kalau ia menyimpan kepedihan yang mendalam.

Hal ini yang mencolok, wanita rupawan ini tak cukup nyekar pada satu kubur, meski sesungguhnya ia pun bukanlah satu-satunya pengunjung makam yang berpindah dari satu makan ke makam lain.

Cukup lama waktu yang dihabiskan untuk tafakur pada tiap-tiap makam. Saat banyak pengunjung mulai meninggalkan penkuburan, ia masih betah berlama-lama merenung di sisi makam yang entah keberapa.

Baca Juga : Saat Aliyah yang Tinggal di Kontrakan Semipermanen Grogol Ditagih Pajak Mobil Porsche Rp28 Juta

“Kasihan, Bu Tinah itu orangnya baik tapi kok ya nasibnya buruk. Selain mkam bapak-ibunya, ketiga makan itu adalah kubur para suaminya,” cetus Pak Dipo, juru kunci kuburan, saat melihat wanita tersebut berjalan keluar kompleks kuburan.

Tangan kurus Pak Dipo yang penuh otot menunjuk ke makam-makam suami Bu Tinah yang letaknya di ketinggian dan saling berdekatan. “Di sana, nisan putih itu makam suami pertamanya, lalu yang kedua bernisan abu-abu, sedang yang ketiga masih berupa patok kayu.”

Source : Majalah Intisari

Editor : Yoyok Prima Maulana

Baca Lainnya

Latest