Follow Us

KKB Sebut TNI Gunakan Bom dalam Evakuasi, Kodam XVII/Cendrawasih Tuding Balik Kelompok Itu sebagai Pengecut

Suar.id - Senin, 10 Desember 2018 | 21:24
Kisah Perjuangan Pasukan TNI Taklukkan Puncak Kabo untuk Evakuasi Korban Keganasan KKB, Harus Lewati
John Roy Purba/ Istimewa

Kisah Perjuangan Pasukan TNI Taklukkan Puncak Kabo untuk Evakuasi Korban Keganasan KKB, Harus Lewati

Suar.ID - Melalui akun Facebook Tentara Pembasan Nasional Papua Barat (TPNPB), Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali mengeluarkan pernyataan.

Mereka menyebut TNI menggunakan bom dalam proses evakuasi. Benarkah?

KKB diduga berada di balik pembataiana para pekerja proyek Trans Papua pada Minggu (2/12) lalu.

Tak lama berselang, tim gabungan TNI dan Polri diterjunkan ke Papua untuk mengevakuasi korban dan memburu KKB yang menyerang pekerja BUMN PT Istaka Karya yang mengerjakan proyek jalan Trans Papua di Kabupaten Nduga, Papua.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhamad Aidi menjelaskan dari data yang diperoleh, ketika kejadian pembunuhan yang dilakukan kelompok KKB tersebut, terdapat 28 pegawai BUMN PT Istaka Karya berada di kamp.

Baca Juga : Penampilan Istri Pertama Daus Mini yang Baru Menikah untuk Ketiga Kalinya Berubah Drastis, Tambah Cantik

Para pelaku pembunuhan terhadap 19 pekerja proyek jembatan di Nduga, Papua, bersembunyi di hutan-hutan, dan masih terus dikejar dan dilacak, kata juru bicara Kodam Cendrawasih, Kolonel Muhammad Aidi.

Sebelumnya, dalam postingan akun Facebook, TPNPB menyatakan siap perang dengan militer Indonesia namun senjatanya harus sama dengan mereka, pakai senapan.

Tanpa gunakan bom dan helikopter.

“Berapa pun militer Indonesia kirim kesini, kami siap lawan hanya senjata lawan senjata kamai punya medan perang disini," ungkap Egianus Kogeya dalam unggahan tanggal 7 Desember 2018.

Kini, ketika tim gabungan TNI dan Polri melakukan evakuasi dan pencarian terhadap korban serangan KKB di Nduga, TPNPB kembali mengeluarkan sebuah pernyataan.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest