Follow Us

Fantastis! Segini Gaji Masinis Kereta Api dan KRL di Indonesia

Rahma Imanina Hasfi - Senin, 27 Februari 2023 | 12:03
Berapa besara gaji masinis KRL (Commuter Line)
Pexels

Berapa besara gaji masinis KRL (Commuter Line)

Suar.ID - Bagi Anda yang bercita-cita untuk menjadi seorang masinis kereta api maupun KRL, simak jumlah gajinya berikut ini.

Jika Anda sering naik kereta api, tentu saja sudah tidak asing dengan yang namanya masinis.

Tugas dari masinis adalah mengoperasikan kereta api dan langsiran serta sebagai pemimpin selama dalam perjalanan kereta api.

Bekerja menjadi seorang masinis menjadi salah satu impian bagi para pelamar terutama di PT Kereta Api Indonesia Persero atau PT KAI.

Sudah lebih dari ribuan pelamar yang mendaftar dalam sekali perekrukat pegawai.

Hal tersebut lantaran gaji seorang masinis yang terbilang cukup besar.

Lalu berapa gaji seorang masinis?

Gaji masinis KAI terbilang cukup fantastis lantaran mendapatkan tunjangan lain saat bekerja sekaligus menjadi seorang apartur sipil negara atau ASN.

Dikutip dari berbagai sumber, gaji yang akan diterima oleh seorang masinis pada PT Kereta Api Indonesia yaitu sekitar Rp 13 juta perbulan.

Gaji tersebut belum termasuk beberapa benefit lainnya seperti tunjangan kinerja, sampai benefit transportasi dan tunjangan anak dan istri.

Sementara itu untuk level manajemen senior, gajinya mencapai Rp 18 juta hingga 30 juta per bulan.

Sedangkan untuk gaji masinis KRL yaitu berada pada kisaran Rp 6 juta - Rp 9 juta perbulan, sudah termasuk dengan tunjangan kesehatan dan risiko.

Meskipun gaji masinis KRL lebih kecil daripada masinis PT KAI, sebenarnya hal ini cukup wajar, mengingat jumlah penumpang dari KRL lebih kecil dan juga mengambil jalur operasional yang lebih pendek dibandingkan dengan PT Kereta Api Indonesia.

Baca Juga: Jangan Panik Tak Bisa Naik KRL! Simak Cara Top Up Kartu KRL dan KMT

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest