Follow Us

Lumayan Dapat BLT Rp 150 Ribu, Bansos Subsidi BBM Kapan Cair Lagi?

Adrie Saputra - Senin, 06 Februari 2023 | 16:35
Ilustrasi BLT Rp 150 Ribu, Bansos Subsidi BBM Kapan Cair Lagi?
Kompas.com

Ilustrasi BLT Rp 150 Ribu, Bansos Subsidi BBM Kapan Cair Lagi?

Suar.ID – Banyak masyarakat hingga saat ini masih menantikan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah.

Mengutip dari kompas.com, hal ini karena pemerintah telah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar, serta BBM nonsubsidi jenis Pertamax tahun lalu.

Beberapa lapisan masyarakat berharap jika pemerintah membantu kebutuhan BBM yang harganya naik tersebut.

Kenaikan harga ini sudah berlangsung sejak tanggal 3 September 2022 pukul 14.30.

Naiknya harga BBM ini diumumkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif di Istana Merdeka, Jakarta.

Menyusul kabar kenaikkan BBM, pemerintah juga mengumumkan atentang tiga bansos tambahan pengalihan subsidi BBM yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Salah satunya adalah Bantuan Langsung Tunai Pengalihan Subsidi Bahan Bakar Minyak (BLT BBM).

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata, belum lama ini menyampaikan laporan penyaluran bantuan sosial kebijakan BLT BBM.

Mengutip dari kemenkeu.go.id, bansos yang bertujuan meringankan beban ekonomi dan menjaga daya beli rumah tangga miskin/rentan sebagai dampak naiknya harga BBM ini, telah terealisasi Rp 6,2 triliun atau 50% dari jumlah anggarannya Rp12,39 triliun."Jadi saat ini yang sudah tersalurkan itu Rp 6,2 triliun," ujar Isa yang dikutip dari kemenkeu.go.id.Kebijakan BLT BBM ini diperuntukkan bagi 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masing-masing menerima Rp 150 ribu/bulan.

Tahap I pada Bulan September 2022 telah tersalurkan untuk dua bulan yaitu September dan Oktober, sehingga masing-masing KPM secara tunai menerima Rp 300 ribu yang penyalurannya melalui PT Pos Indonesia. Sementara itu untuk penyaluran tahap kedua dilakukan pada Bulan November.

Penyaluran tahap II ini merupakan penyampaian BLT BBM untuk Bulan November dan Desember."September-Oktober ini sudah disalurkan sebanyak Rp 300 ribu per keluarga."

Source : kemenkeu.go.id

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest