Follow Us

BLT Rp 3 Juta Masuk Rekening, Simak Cara Daftar BPUM 2023 bagi UMKM

Rahma Imanina Hasfi - Minggu, 05 Februari 2023 | 07:03
Ilustrasi uang - Jangan kaget pelaku UMKM BLT sebesar Rp 3 Juta masuk rekening
pixabay

Ilustrasi uang - Jangan kaget pelaku UMKM BLT sebesar Rp 3 Juta masuk rekening

Suar.ID - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM. Jangan kaget BLT sebesar Rp 3 Juta masuk rekening tanpa terdaftar Banpres BPUM 2023 BRI dan BNI.

Pada tahun 2021 untuk cek penerima BPUM, pelaku usaha mikro bisa mengakses 2 link BLT UMKM yang disediakan BRI di eform.bri.co.id maupun BNI banpresbpum.id

Apabila nama masuk ke dalam daftar nama penerima BLT UMKM di situs BRI maupun BNI tersebut, pelaku usaha bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,2 juta.

Nominal BLT UMKM yang cair di tahun 2021 tersebut, lebih kecil dibanding Banpres BPUM yang cair di 2020, yaitu mencapai Rp 2,4 juta.

BPUM atau Banpres Produktif Usaha Mikro sendiri merupakan program BLT UMKM yang dijalankan Kemenkop UKM dengan tujuan membantu pelaku usaha mikro.

Pada 2022, mulanya sempat diumumkan jika Banpres BPUM bakal kembali dijalankan. Namun nyatanya hingga akhir tahun, BLT UMKM tak lagi jalan.

Link cek penerima BPUM BRI di eform.bri.co.id tak menampilkan data terbaru. Sedang link BLT UMKM BNI di banpresbpum.id tak bisa diakses.

Tentu hal itu sempat membuat bingung pelaku usaha. Sebab BPUM dikabarkan bakal dilanjutkan di 2022, akan tetapi BLT UMKM tak kunjung dicairkan.

Pada tahun 2022 lalu, beberapa program bansos yang sudah berjalan sebelumnya seperti Kartu Prakerja dan BSU sudah dijalankan.

Akan tetapi sejumlah daerah pada tahun lalu menjalankan program Banpres BPUM, tapi bukan dari Kemenkop UKM. Melainkan dari program BLT UMKM dari Pemda.

Untuk BPUM yang dijalankan Kemenkop UKM, sudah dipastikan tak ada di tahun 2023.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pada tahun 2023 pemerintah tidak akan lagi menggulirkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest