Follow Us

Aman dan Cocok untuk Pemula! Ini 5 Investasi Jangka Pendek yang Bisa Dicoba

Rahma Imanina Hasfi - Selasa, 25 Oktober 2022 | 10:30
Ilustrasi investasi saham
rawpixel.com / audi

Ilustrasi investasi saham

Suar.ID - Kondisi ekonomi yang sempat terganggu akibat adanya pandemi selama dua tahun ke belakang ternyata berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kondisi finansial yang stabil.

Kini, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengetahui tentang investasi yang bisa digunakan untuk mempersiapkan kondisi finansial stabil di masa depan.

Investasi sendiri merupakan kegiatan tanam modal yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek.

Bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan tersebut sebagai pemula, Anda bisa melakukan investasi jangka pendek yang dikenal memiliki risiko lebih minim.

Tidak perlu bingung, berikut ulasan lengkap terkait 5 jenis investasi jangka pendek yang aman dan cocok untuk para pemula:

1. Deposito

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan deposito yang kerap ditawarkan oleh para pihak bank kepada Anda saat melakukan transaksi.

Sistem deposito ini persis seperti menabung, hanya saja Anda tidak dapat mengambil uangnya sampai batas waktu yang ditentukan.

Biasanya, jangka waktu deposito ini sudah ditentukan oleh pihak bank, tetapi Anda sendiri tetap bisa memilihnya, yaitu dalam jangka 1 bulan sampai 3 tahun.

Melalui jenis investasi ini, Anda bisa mendapatkan bunga sampai sebesar 5-6% ketika jangka deposito sedang berlangsung.

2. Peer to Peer Lending (P2P Lending)

P2P Lending adalah aktivitas pinjam meminjam uang secara langsung antara debitur dan kreditur yang berbasis teknologi informasi.

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest