Follow Us

Inilah Mesin ATM Tertinggi di Dunia! Berada di Ketinggian 4.693 Meter di Atas Permukaan Laut

Adrie Saputra - Selasa, 11 Oktober 2022 | 20:08
Mesin ATM tertinggi di dunia.
Oddity Central

Mesin ATM tertinggi di dunia.

Suar.ID - Mungkin banyak orang bertanya-tanya, apakah ada mesin ATM yang berada di ketinggian?

Ternyata ada, mesin ATM dengan posisi tertinggi di dunia terletak di perbatasan Khunjerab Pass antara China dan Pakistan.

ATM tersebut berada pada ketinggian 4.693 meter.Di era sekarang ini, ATM telah menjadi salah satu teknologi paling umum di dunia.

Bahkan Anda mungkin membeli sesuatu yang mahal tanpa harus repot-repot melakukan penarikan tunai.

Cukup pergi ke ATM dan melakukan trasnfer ke rekening penerima, bahkan saat ini juga sudah lebih dimudahkan dengan smartphone untuk bertransaksi secara online.

Namun mungkin Anda pada suatu ketika membutuhkan uang tunai dan saat itu sedang melakukan perjalanan jauh.

Apakah mungkin ada ATM di tempat yang terpencil?

Ternyata Anda bisa melihatnya saat berjalan melalui pegunungan yang tertutup salju di Pakistan.

Celah perbatasan Khunjerab Pass di provinsi Gilgit-Baltistan utara Pakistan adalah rumah bagi ATM yang berfungsi penuh tertinggi di dunia.

Mesin ATM tertinggi di dunia.
Oddity Central

Mesin ATM tertinggi di dunia.

Dipasang oleh National Bank of Pakistan (NBP) pada tahun 2016, mesin ATM bertenaga surya dan angin adalah pemandangan yang benar-benar tidak biasa untuk dilihat di tempat terpencil seperti Khunjerab Pass, penyeberangan perbatasan beraspal tertinggi di dunia.Memasang ATM tertinggi di dunia – sebuah gelar yang disertifikasi oleh Guinness World Records – merupakan upaya yang cukup rumit yang membutuhkan waktu sekitar empat bulan bagi Bank Nasional Pakistan untuk menyelesaikannya.

Menyediakan perawatan dan mengisi ulang mesin dengan uang tunai secara teratur juga merupakan urusan yang agak melelahkan, karena bank terdekat berjarak 82 kilometer.Zahid Hussain, manajer cabang cabang Sost NBP, yang terdekat dengan ATM tertinggi di dunia, secara teratur berkendara ke mesin, menghadapi angin kencang, badai, tanah longsor yang sering terjadi, dan melewati gunung yang berbahaya untuk memastikan mesin berfungsi dengan baik.Seperti yang bisa Anda bayangkan, berada di ketinggian 4.693 meter di atas permukaan laut di antah berantah membuat ATM tertinggi di dunia ini bukanlah mesin yang sibuk.

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest