Follow Us

Maulid Nabi 2022 Telah Tiba, Inilah 3 Bacaan Doa Maulid Nabi yang Bisa Dipanjatkan Untuk Rasulullah SAW

Rizki Dewi Ayu - Selasa, 27 September 2022 | 17:30
Berikut adalah bacaan doa Maulid nabi
Pexels.com

Berikut adalah bacaan doa Maulid nabi

Suar.ID - Bulan Islam Rabiul Awal telah tiba. Di bulan ini biasanya umat Islam merayakan Maulid Nabi 2022. Lalu, bagaimanakah bacaan doa maulid nabi?

Nabi Muhammad SAW lahir tepatnya pada tanggal 12 Rabiul Awal. Memasuki bulan Rabiul Awal, umat Islam sudah mulai memanjatkan bacaan doa maulid nabi.

Selain itu umat Islam biasanya menyambut Maulid Nabi dengan memeperbanyak bacaan doa sholawat Nabi.

Membaca sholawat Nabi dipanjatkan sebagai doa maulid nabi sangat dianjurkan dalam Al Quran.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah 3 bacaan doa maulid nabi yang bisa dibaca untuk memperingati bulan kelahiran Rasulullah SAW.

Shalawat Al Fatih

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca ‘shiratikal mustaqim’). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala lihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan berkah kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

Sholawat Munjiyat

Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala aali sayyidina muhammadin sholaatan tunjiina bihaa min jamii'il ahwaali wal aafaat, wa taqdhiilana min jamii'il haajat, watuthohhiruna biha minjamii'is sayyiaat, watar fa'una bihaa 'indaka a'laa darojaat, watuballighuna bihaa aqshol ghooyaat min jamii'il khoirooti fil khayaati waba'dal mamaati.

Artinya: Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan Nabi Muhammad, semoga Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Shalawat Nariyah

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest