Follow Us

Memiliki Dua Versi, Inilah Bacaan Doa Setelah Takbiratul Ihram atau Doa Iftitah Lengkap Dengan Terjemahan dan Huruf Latin

Rizki Dewi Ayu - Rabu, 31 Agustus 2022 | 17:00
Bacaan doa setelah takbiratul ihram atau doa iftitah menurut dua versi.
tribunnews

Bacaan doa setelah takbiratul ihram atau doa iftitah menurut dua versi.

Suar.ID - Memiki keutamaan dapat membuka pintu langit, inilah bacaan doa setelah takbiratul ihram atau doa iftitah lengkap.

Bacaan doa setelah takbiratul ihram ini dikenal juga dengan bacaan doa iftitah.

Doa Iftitah ini merupakan bacaan doa setelah takbiratul ihram dan bacaan doa sebelum membaca surat Al Fatihah.

Bacaan doa iftitah dibaca ketika melaksanakan sholat wajib lima waktu ataupun sholat sunnah.

Biasanya, doa iftitah dibaca setelah takbiratul ihram pada rakaat pertama.

Doa iftitah memiliki keutamaan yang sangat luar biasa yaitu dapat membuka pintu langit. Hal itu diriwayatkan dalam sebuah hadist melansir dari nu.or.id.

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA, beliau berkata:"Ketika kami sholat bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba seseorang mengucapkan 'Allahuakbar kabira walhamdu lillahi katsira wasubhanalla hibukratawwa ashiilan'. Selesai sholat, Rasulullah SAW bertanya, 'Siapakah yang mengucapkan kalimat tadi?' Seorang sahabat menjawab, 'Saya, wahai Rasulullah.' Beliau lalu bersabda, 'Sungguh aku sangat kagum dengan ucapan tadi sebab pintu-pintu langit dibuka karena kalimat itu' Kata Ibnu Umar, 'Maka aku tak perna lagi meninggalkannya semenjak aku mendengar Rasulullah SAW mengucapkan hal itu.'" (HR. Muslim).

Bacaan doa setelah takbiratul ihram ternyata memiliki dua versi. Berikut adalah bacaan doanya:

1. Bacaan doa iftitah versi pertama

اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَايَاىَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ . اللَّهُمَّ نَقِّنِى مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ . اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَاىَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِAllahumma baa'id bainii wa baina khathaayaaya kamaa baa'adta bainal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii minal khathaayaa kamaa yunaqqatsawbul abyadlu minaddanasi. Allahummaghsil khathaayaaya bil maai watstsalji walbaradi.Artinya: Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana engkau menjauhkan timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air yang dingin." (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Bacaan doa iftitah versi kedua

اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا. اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْاَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ. لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَAllaahu akbar kabiraa walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan wa'ashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wa maa anaa minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil 'aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.Artinya: Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim.

Baca Juga: Muslimah Wajib Tahu! Sering Dilupakan, Inilah Bacaan Doa Setelah Shalat Wajib Agar Suami Semakin Cinta dan Lembut, Diamalkan Sambil Menatap Wajah Suami

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest