Follow Us

Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan Bagi Umat Muslim, Memiliki Manfaat Agar Memperoleh Syafaat Nabi Muhammad SAW Di Hari Kiamat

Rizki Dewi Ayu - Jumat, 19 Agustus 2022 | 17:04
Bacaan doa setelah mendengar adzan bagi umat muslim.
tribunjambi

Bacaan doa setelah mendengar adzan bagi umat muslim.

Suar.ID - Umat muslim yang mendengar adzan dianjurkan untuk membaca bacaan doa setelah adzan.

Sebab terdapat keistimewaan dan manfaat untuk orang yang membaca bacaan doa setelah adzan bagi yang mendengarnya.

Dengan demikian umat muslim harus tahu bacaan doa setelah adzan yang benar.

Perlu diketahui membaca bacaan doa setelah adzan merupakan sunnah yang dibaca sesaat setelah mendengar adzan.

Selain itu dalam hadits yang diceritakan Jabir bin Abdillah, mereka yang berdoa setelah mendengar adzan akan memperoleh syafaat Nabi SAW di hari kiamat.

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ

مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ: اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ، حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ.

Artinya: Barangsiapa yang berdoa setelah mendengar adzan,"Ya Allah, Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini dan Pemilik shalat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah janjikan." Maka ia berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat. (HR Bukhari).

Berikut doa setelah adzan dalam Arab dan latin serta terjemahannya.

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ اِنَكَ لاَ تُخْلِفُ اْلمِيْعَاد

Allahumma rabba haadzihid da'watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab'atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa'adtahu innaka la tukhliful mi'ad.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki salat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan."

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest